x

Alberto Rodriguez Buat Persaingan Bek Persib Sengit, Jupe Tak Takut

Selasa, 13 Juni 2023 16:11 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto bersama rekan-rekannya merayakan golnya ke gawang PSM.

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, memberikan tanggapan mengenai komposisi timnya yang memiliki banyak pemain belakang untuk mengarungi Liga 1 musim 2023-2024.

Sebagai informasi, selain Jupe sapaan akrabnya, di posisi bek tengah saat ini ada lima pemain lainnya yang disiapkan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, mereka adalah Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Rachmat Irianto, Kakang Rudianto.

Kemudian, Alberto Rodriguez Martin pemain asing asal Spanyol yang baru saja diperkenalkan oleh manajemen sebagai rekrutan anyar untuk menambah kekuatan di lini pertahanan skuad Maung Bandung.

Menurut Jupe, banyaknya pemain di posisi bek tengah, bukan masalah baginya dan tidak merasa tersaingi, justru dia menilai hal itu bisa menjadi keuntungan bagi skuad Maung Bandung, saat mengarungi kompetisi.

Pasalnya, tim pelatih memiliki banyak opsi untuk menurunkan pemain saat menghadapi pertandingan. Selain itu, pemain yang berada di posisi tersebut akan bersaing menunjukkan kualitasnya untuk mendapatkan tempat di tim inti.

Baca Juga

Sehingga, pemain yang mendapat kesempatan bermain pasti bakal berusaha menampilkan permainan terbaiknya, untuk menjawab kepercayaan yang telah diberikan oleh pelatih.

"Ya gak masalah, semakin kompetitif di satu posisi ya semakin bagus untuk tim itu sendiri, karena pemain-pemain kan pasti akan memberikan usaha yang maksimal, bagus untuk individu dan tim," kata Jupe.

Baca Juga

Pada musim 2022-2023, Jupe juga harus bersaing dengan pemain lainnya seperti Victor Igbonefo, Rachmat Irianto, Nick Kuipers dan Kakang Rudianto untuk mendapatkan tempat utama di tim kebanggaan Bobotoh.

Jupe sendiri pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, tampil pada 24 pertandingan dengan mengumpulkan 1.602 menit bermain serta menyumbangkan satu gol bagi Persib.

Gol tunggal pemain yang menggunakan nomor punggung 16 ini pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, dicetak saat pertandingan pekan ke-24 menghadapi PSM Makassar.

Baca Juga

1. Perkuat Pertahanan Persib

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla.

Sementara itu, Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, membeberkan alasan merekrut Alberto Rodriguez Martin, untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Menurut mantan pelatih Timnas Indonesia ini, pemain asal Spanyol tersebut sengaja direkrut olehnya untuk menambah kekuatan di lini pertahanan tim kebanggaan Bobotoh.

Pasalnya, pada kompetisi Liga 1 2022-2023, lini pertahanan skuad Maung Bandung menjadi perhatiannya. Saat itu, meski finish di peringkat ketiga klasemen akhir, namun jumlah kemasukkan gol Persib di musim itu cukup banyak, jika dibandingkan dengan musim sebelumnya.

Pada kompetisi Liga 1 2022-2023, Persib kemasukkan sebanyak 50 gol dari 34 pertandingan atau 1,47 gol per pertandingan. Jumlah tersebut cukup banyak jika dibandingkan dengan musim sebelumnya. 

Lantaran, pada kompetisi Liga 1 2021-2022 Persib memiliki jumlah kemasukkan gol yang paling sedikit. Dari 34 pertandingan, skuad Maung Bandung hanya kebobolan 22 gol atau hanya kemasukan 0,65 gol per laga di Liga 1 2021-2022.

Baca Juga

Melihat jumlah gol yang bersarang pada kompetisi Liga 1 2022-2023, lini pertahanan menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus dibenahi oleh Luis Milla, sebelumnya mengarungi musim 2023-2024.

Sehingga, Rodriguez menjadi salah pemain tambahan untuk memperkuat lini belakang tim kebanggaan Bobotoh di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

"Karena bagi kami, tujuan kami adalah membuat lini pertahanan lebih aman lagi dan lebih compact. Kami butuh dan ingin membenahi posisi tersebut," kata Luis Milla.

Rodriguez sendiri merupakan pemain kelahiran Las Palmas, 31 Desember 1992. Sebelum bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh, dia bermain di CD Lugo, yang merupakan salah satu klub divisi segunda (LaLiga 2), Spanyol.

Pada musim lalu, Rodriguez merupakan pemain andalan di klub CD Lugo, penampilan apiknya bersama klub tersebut membuat Luis Milla tertarik, hingga akhirnya merekomendasikan kepada manajemen untuk direkrut.

Persib langsung mengumumkan Alberto Rodriguez Martin sebagai pemain anyarnya, melalui akun media sosial klub salah satunya di akun Instagram @persib, Minggu (11/06/23).

"Alberto sebelumnya bermain di kompetisi kasta kedua Spanyol dan dia bermain dengan profesional sepenuhnya," ucapnya.

"Dia bermain sebanyak 33 kali dan mencetak tiga gol, itu jumlah yang sangat bagus. Dia juga seorang bek tengah dan tinggi, cepat," ujarnya.

Baca Juga
Persib BandungAchmad JufriyantoLiga IndonesiaLiga 1Alberto Rodriguez Martin

Berita Terkini