x

Bakal Dilepas AC Milan, 4 Pemain Baru Ini Layak Gantikan Alexis Saelemaekers di Sayap Kanan

Selasa, 13 Juni 2023 19:46 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain AC Milan Theo Hernandez merayakan gol kedua mereka bersama Alexis Saelemaekers pada Serie A Italia, Sabtu (06/05/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Alexis Saelemaekers dirumorkan bakal segera meninggalkan klub Liga Italia, AC Milan pada bursa transfer musim panas ini. Sejumlah nama pun disebut-sebut sedang mereka incar, salah satunya Samuel Chukwueze.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Eropa untuk musim 2022-2023 telah berakhir. Artinya para klub dihadapkan dengan beberapa agenda salah satunya adalah evaluasi tim selain bergerak di bursa transfer musim panas.

AC Milan misalnya, mereka bakal melakukan perombakan cukup besar pada jeda kompetisi kali ini, dengan beberapa nama bakal didepak karena kontribusinya kurang maksimal.

Tim besutan Stefano Pioli itu musim lalu tampil mengesankan, meski gagal menghadirkan satupun gelar dari sejumlah kompetisi yang mereka ikuti.

Di Liga Italia, AC Milan mengakhiri musim di peringkat ke-4 dengan raihan 70 poin dari 38 pertandingan dan akan kembali bermain di Eropa.

Baca Juga

Sementara di ajang Liga Champions, AC Milan sejatinya mempunyai peforma yang memuaskan karena mereka bisa melaju hingga partai semifinal, sebelum dijegal langkahhya ke final oleh Inter Milan.

Kendati demikian, tak adanya trofi tetap saja mereka dicap gagal musim lalu. Oleh karena itu, AC Milan bakal segera berbenah. 

Baca Juga

Selain mendatangkan pemain baru, AC Milan juga bakal melego pemain-pemain lama yang minim kontribusi. Salah satu yang dirumorkan bakal didepak adalah Alexis Saelemaekers.

Alexis Saelemaekers didatangkan oleh AC Milan dari klub Belgia, RSC Anderlecht, pada musim panas 2020 lalu. Tiga musim berada di San Siro, performa winger berusia 23 tahun itu justru perlahan menurun.

Sempat jadi andalan di dua musim awal, tetapi musim ketiganya kali ini ia harus rela berganti jam terbang dengan pemain lain. Musim kemarin, ia tampil dalam 39 pertandingan dan membuat 4 gol serta 3 assist.

Alhasil, Alexis Saelemaekers dan pemain lainnya, Junio Messias rumornya masuk dalam daftar jual Rossoneri di bursa transfer musim panas kali ini. Lantas, siapa pemain yang bisa menggantikan Alexis Saelemaekers? berikut daftarnya:

Baca Juga

1. Christian Pulisic

Christian Pulisic, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Andrew Boyers

Kehilangan Alexis Saelemaekers tampaknya tak akan disesali oleh AC Milan, jika mereka bisa mendapatkan winger baru berkualitas dalam diri Christian Pulisic.

Pulisic sendiri dikabarkan akan dilepas Chelsea usai dikabarkan tak masuk dalam rencana sang pelatih baru, Mauricio Pochettino.

AC Milan tertarik merekrutnya untuk menambah kekuatan sekaligus opsi di lini depan sektor sayap kanan. Hal ini diperlukan AC Milan, mengingat mereka kerap kali mendapatkan masalah di posisi tersebut.

Peluang AC Milan mendatangkan pemain asal Amerika Serikat itu terbuka lebar, menyusul Chelsea juga kecewa dengan performa Pulisic yang kurang memuaskan dalam beberapa musim terakhir.

Selain itu, selepas kepelatihan Thomas Tuchel, Chelsea juga jarang memasang Christian Pulisic dan kemudian sang pemain dikabarkan terus menjadi cadangan.

Baca Juga

Padahal Pulisic punya kualitas cukup bagus sebagai seorang winger. Ia memiliki gaya bermain yang sederhana, dan tenang dalam mencari cara melewati lawan.

Pergerakan tanpa bola, dan bisa membuka ruang, adalah kelebihan Pulisic. Dia juga punya keterampilan merusak lini permainan lawan dan menyerang. Itu adalah nilai plus besar di sepak bola modern.

Baca Juga

Chelsea kabarnya membanderol sang pemain sebesar 25 juta euro atau setara Rp 399 miliar. Jika ingin bergabung ke AC Milan, bagaimanapun Pulisic gajinya harus dipotong.

Saat ini ia menerima 5 juta euro atau setara Rp 79 miliar di Chelsea. AC Milan dengan kondisi finansial yang tidak mewah, akan sulit memenuhi tuntutan gaji tinggi itu, sehingga Pulisic harus memangkas gajinya.

Reiss Nelson

Menurut apa yang dilaporkan oleh Sky Sport di laman mereka, Reiss Nelson adalah 'nama baru' yang menjadi target AC Milan untuk mengisi pos winger kanan.

Dilaporkan oleh Calciomercato, pemain berusia 23 tahun itu belum menemui titik terang perihal masa depannya bersama Arsenal.

Sebagai informasi, saat ini kontrak jebolan akademi Arsenal itu hanya tersisa hitungan bulan saja, yakni akan habis pada Juni 2023 mendatang.

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda bahwa Reiss Nelson dan Arsenal menemui kata sepakat soal kontrak baru yang akan habis tersebut.

Di sisi lain, ada kemungkinan Reiss Nelson menolak perpanjangan kontrak dari Arsenal, yang membuat AC Milan pun siap menampungnya.

Hal ini tak lepas dari kebijakan Mikel Arteta selaku pelatih tim berjuluk The Gunners itu yang kerap menyampingkan peran Reiss Nelson. Padahal sang pemain adalah salah satu talenta muda bagus di sepak bola Inggris.

Sayang memang kurang mendapat kepercayaan untuk jadi pemain reguler. Musim lalu, Reiss Nelson tampil dalan 18 pertandingan dan membuat 3 gol serta 3 assist.

Baca Juga

2. Samuel Chukwueze

Pemain Villarreal, Samuel Chukwueze.

Selanjutnya adalah Samuel Chukwueze. Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, dirumorkan akan menjadikan Samuel Chukwueze dari Villarreal sebagai rekrutan pertamanya di bursa transfer musim panas 2023.

Rumor ini berkembang seiring laporan dari juru transfer kenamaan Italia, Gianluca Di Marzio, yang menyebutkan tim berjuluk Rossoneri ini telah mengadakan pembicaraan dengan klub Spanyol itu.

Dalam laporan Di Marzio, AC Milan menyadari bahwa Villarreal mematok harga tinggi bagi pemain berusia 24 tahun tersebut.

Tapi AC Milan akan mencoba melakukan negosiasi dengan Villarreal. Apalagi Chukwueze hanya menyisakan satu tahun kontrak atau habis pada Juni 2024 mendatang.

Dengan kontrak yang hanya tersisa setahun itu, AC Milan percaya diri bisa mendapat harga murah untuk mendatangkannya.

Samuel Chukwueze bakal menyempurnakan sektor sayap kanan AC Milan musim depan. Di musim lalu, Samuel Chukwueze benar-benar menunjukkan kualitas sebagai winger haus gol dengan mencetak 13 gol buat Villarreal.

Sama seperti Rafael Leao, permainan Samuel Chukwueze juga mengandalkan kecepatan terutama saat melakukan cutting inside. 

Ismaila Sarr

Seperti yang telah dilaporkan oleh La Gazzetta dello Sport, Rossoneri tetap membuka banyak jalur yang berbeda dalam hal jendela transfer musim panas, untuk sektor penyerang khususnya di sayap kanan atau winger kanan.

Pemain sayap asal Senegal tersebut sebenarnya bukan target baru bagi AC Milan, dimana Rossoneri sudah cukup lama menginginkannya, namun kepindahannya tidak pernah mendekati penyelesaian.

Andai merekrut Samuel Chukwueze dan Ismaila Sarr, perbedaan kekuatan paling mencolok dari AC Milan nanti di lini depan.

Pemain asal Senegal ini lebih banyak dimainkan sebagai winger oleh Watford, akan tetapi kualitas umpan serta akurasi tembakanya membuat Sarr bisa ditempatkan di posisi gelandang serang.

Berbekal kecepatan serta kemampuan finishingnya, Ismaila Sarr sangat cocok ditanamkan sebagai striker bayangan di belakang ujung tombak.
 
 

AC MilanStefano PioliLiga ItaliaTRIVIABerita Liga ItaliaIndepth

Berita Terkini