x

Leandro Barreiro, Bahan Prospek Liverpool dari Mantan Klub Jurgen Klopp

Selasa, 13 Juni 2023 17:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Mainz 05, Leandro Barreiro (kiri). Foto: REUTERS/Leon Kuegeler.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, diprediksi masih akan menambah beberapa rekrutan baru, dan bisa jadi salah satunya Leandro Barreiro (Mainz 05).

Ya, meski sudah memboyong pemain yang diidam-idamkan banyak peminat di bursa transfer, Jurgen Klopp nampaknya belum puas.

Terlebih lagi, sang raksasa Merseyside juga sedang getol berburu amunisi baru demi menyongsong musim depan yang lebih baik.

Bicara soal pemain baru, Alexis Mac Allister jelas bukan satu-satunya yang berada di daftar buruan. Ada nama-nama seperti Manu Kone dan Mason Mount.

Lalu tidak ketinggalan Federico Chiesa, yang digadang-gadang bisa menjadi penerus Mohamed Salah pada kemudian hari.

Baca Juga

Namun bursa transfer adalah tempat yang sangat luas, bahkan bagi klub sebesar Liverpool. Jurgen Klopp bisa menemukan seabrek talenta potensial yang bisa saja tidak terlalu dikenal orang.

Contohnya Leandro Barreiro, gelandang muda Timnas Luxembourg yang direkomendasikan laman liverpool.com belum lama ini.

Baca Juga

Dalam laporan media tersebut, Leandro Barreiro dinilai sebagai calon buruan yang sangat menarik. Ia kini bermain untuk klub yang dulu pernah ditangani Jurgen Klopp, Mainz 05.

Pemain yang satu ini lahir di Erpeldange, Luxembourg, pada 3 Januari 2000. Usianya kini 23 tahun dan bermain sebagai gelandang.

Seorang abdi yang setia, Leandro Barriero sampai detik ini belum pernah satu kali pun berpindah klub selama melakoni karier profesionalnya.

Baca Juga

1. Siapa Leandro Barreiro?

Pemain Mainz 05, Leandro Barreiro (kiri). Foto: REUTERS/Leon Kuegeler.

Menurut laporan liverpool.com, Leandro Barreiro bisa jadi solusi ideal Jurgen Klopp berkat mindset-nya sebagai pemain berorientasi defensif.

Ia juga berada di peringkat 15 besar dari 25 gelandang U-25 di lima liga top Eropa, untuk kategori defensive actions yang sukses per 90 menit pada musim 2022/2023.

Ia mencatatkan rata-rata 10,32 per Wyscout, sebagaimana dilaporkan laman berita asal Liverpool tersebut.

Kemudian, untuk gelandang U-25 yang rata-rata mencatatkan setidaknya enam duel bertahan per 90 menit, Leandro Barreiro juga menempati peringkat lima besar.

Peringkat tersebut ia raih berkat rataan duel bertahannya yang sukses di angka 66,14 persen.

Baca Juga

Selain itu, ia juga dideskripsikan sebagai gelandang yang suka bermain ke dalam dan melindungi lini pertahanan tim.

Namun di sisi lain, jebolan klub sepak bola Erpeldange, Luxembourg, ini juga memiliki banyak energi dan mampu mengeksplorasi area lapangan yang luas.

Baca Juga

Dengan kecenderungan ini, Leandro Barreiro bisa membantu Trent Alexander-Arnold bergerak lebih bebas dengan perannya sebagai full-back.

Jebolan akademi Liverpool tersebut bisa difungsikan untuk membuka pertahanan lawan, sedangkan Leandro Barreiro bertugas menjaga kemungkinan serangan balik.

Bukan hanya itu. Leandro Barreiro juga dinilai sebagai pemain yang cukup berpengaruh di sepertiga lapangan akhir lewat aksi-aksinya mencetak gol dan assist.

Baca Juga

2. Sepak Terjang dan Kecocokan ke Liverpool

Pemain Mainz 05, Leandro Barreiro (kiri). Foto: REUTERS/Leon Kuegeler.

Leandro Barreiro yang lahir di Erpeldange, Luxembourg, mengawali karier sepak bolanya dari akademi setempat, jauh sebelum merapat ke mantan klub Jurgen Klopp, Mainz 05.

Bahkan saat menimba ilmu di Racing FC Union Luxembourg, ia kabarnya sempat diprospek oleh klub raksasa Liga Prancis, Paris Saint-Germain.

Meski begitu, pada akhirnya Mainz 05-lah yang memenangkan tanda tangan Leandro Barreiro pada tahun 2016, dan menempatkannya di tim junior mereka.

Ia mendapat kontrak profesional pada November 2018 dan melakoni debut pada Februari 2019 dalam pertandingan kontra Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman.

Bersama tim utama Mainz 05, ia telah mencatatkan 118 penampilan dan mengumpulkan 7.689 menit bermain.

Di Timnas Luxembourg pun catatan penampilannya tidak terlalu buruk. Di usia yang masih 23 tahun, ia sudah mendekati 50 caps di level senior.

Debut Leandro Barreiro bersama Timnas Luxembourg terjadi di pertandingan persahabatan melawan Malta pada Maret 2018 lalu.

Kontraknya di Mainz 05 hanya tinggal satu tahun lagi. Nampaknya saat ini adalah waktu yang tepat bagi Liverpool untuk membujuknya merapat ke Inggris.

Bicara soal investasi di sektor gelandang, tidak cuma pemain-pemain besar macam Alexis Mac Allister saja yang dibutuhkan oleh Jurgen Klopp.

Pelatih asal Jerman itu juga butuh pemain yang bisa membawa perubahan saat turun dari bangku cadangan.

Tidak ketinggalan pula sosok yang mampu menutup gap yang baru saja ditinggalkan James Milner dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Bursa TransferLiverpoolJurgen KloppMainz 05Indepth

Berita Terkini