x

Segera Diumumkan, Menakar Peluang Sir Jim Ratcliffe vs Sheikh Jassim Jadi Owner Baru Man United

Selasa, 13 Juni 2023 14:50 WIB
Editor: Juni Adi
Marcel Sabitzer dari Manchester United merayakan gol pertama mereka dengan Bruno Fernandes Reuters-Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Dua konglomerat Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim masih bersaing ketat untuk menjadi pemilik baru klub Liga Inggris, Manchester United. Siapa peluang yang paling besar?

Teka-teki pemilik baru Manchester United hingga saat ini masih menjadi rahasia. Sudah hampir memasuki 6 bulan, sejak dinyatakan akan dilepas sampai saat ini masih belum juga ada kejelasan.

Kekacauan performa Manchester United khususnya di musim 2021-2022, menjadi puncak dari kekesalan para penggemar ingin keluarga Glazer selaku pemilik untuk hengkang.

Tidak sedikit dari mereka yang bahkan melancarkan demonstrasi sejak akhir tahun 2022. Tak lama kemudian, demonstrasi itu mendapat perhatian dari keluarga Glazer yang mulai melunak hingga bersedia melepas Manchester United.

Saat ini ada dua pihak konglomerat yang disebut-sebut jadi kandidat pemilik baru Manchester United. Mereka adalah pengusaha Sir Jim Ratcliffe dan bankir asal Qatar, Sheikh Jassim Al-Thani.

Harga jual yang ditetapkan memang belum diumumkan, tetapi salah satu sumber 90min menyakini lebih dari 8 miliar poundsterling atau sekitar Rp151 triliun.

Baca Juga

Tetapi sampai saat ini proses penjualan tak kunjung selesai. Masalah ini tentu menjadi kendala bagi jajaran manajemen khususnya Direktur Olahraga, Direktur Teknik serta pelatih Erik ten Hag untuk bergerak mencari pemain baru.

Seperti diketahui, saat ini akan segera dibuka bursa transfer musim panas pada 14 Juni 2023 nanti. Tetapi Manchester United belum juga bergerak, mereka kalah start dari rivalnya, Liverpool. 

Baca Juga

The Reds malah sudah meresmikan satu pemain yaitu Alexis Mac Allister dan terus berburu pemain baru. Sementara Setan Merah hingga saat ini masih berkutat dengan rumor.

Padahal Erik ten Hag membutuhkan tambahan amunisi baru untuk menambah kedalaman skuad musim depan, yang akan berlaga di Liga Champions nanti.

Tetapi penantian panjang dan penuh drama dalam proses akuisisi Manchester United ini bakal segera berakhir karena pengumuman secepatnya dilakukan. Lantas, siapa yang bakal menjadi pemilik baru? berikut ulasan peluangnya.

Baca Juga

1. Tawaran Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim

Sir Jim Ratcliffe saat menghadiri laga OGC Nice vs FC Basel (21/04/23). (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

Sejak dinyatakan bakal dilepas, banyak konglomerat dari beberapa negara bernafsu untuk mengakuisisi Manchester United, tetapi akhirnya hanya ada sosok yang bertahan dan terus mengikuti proses penawaran yaitu Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim. 

Sir Jim Ratcliffe adalah salah satu orang terkaya di Inggris. Dia merupakan pemilik dari INEOS, perusahaan petrokimia bernilai miliaran pound dengan sejarah memiliki dan mengelola tim olahraga. 

Perusahaan saat ini memiliki klub Prancis Nice dan klub Swiss Lausanne, serta saham ketiga di tim Formula Satu Mercedes.

Pengalaman dalam bisnis olahraga dan rekam jejak kesuksesan yang terbukti dapat memberinya keuntungan dalam upayanya untuk mengambil alih Man United.

Dia memiliki kekayaan 15 miliar pound atau sekitar Rp 280 triliun dan telah pindah ke Monaco untuk menghindari pajak. Sejauh ini, Sir Jim sudah mengikuti tiga putaran penawaran.

Penawaran pertama bernilai 4 miliar poundsterling atau sekitar Rp74 triliun dilayangkan pada Februari lalu dilansir dari Sky Sports.

Tetapi kemudian ia melayangkan tawaran kedua senilai 4,5 miliar pound senilai. Masih jauh dari patokan harga yang ditetapkan Glazer senilai 6 miliar pound.

Kemudian pada putaran penawaran ketiga, pria berusia 70 tahun itu melayangkan 5 miliar pound pada awal Mei lalu. Hingga saat ini, belum ada pergerakan lagi dari Sir Jim Ratcliffe.

Tawaran itu juga kabarnya tidak akan mengakuisisi seluruh saham Manchester United, pihaknya hanya ingin membeli 69 persen saham mayoritas, dan membiarkan keluarga Glazer memiliki saham minoritas sisanya.

Sambil memberikan waktu tertentu agar Glazer hengkang sepenuhnya. Tetapi cara itu mendapat kecaman dari para penggamar, yang berjuang untuk membuat Glazer pergi sejak 2005 lalu.

Hingga saat ini, nasib penawaran Sir Jim Ratcliffe belum ada tanda-tanda akan disetujui. 


2. Sheikh Jassim Berpeluang Besar

Pertandingan Semifinal Piala FA antara Brighton & Hove Albion vs Manchester United. Reuters/Andrew Couldridge

Sementara pesaingnya, Sheikh Jassim juga bergerak tidak jauh berbeda. Di putaran pertama penawaran, pihak investor asal Qatar ini melayangkan tawaran senilai 4 miliar pound, lalu diputaran kedua naik menjadi 4,5 miliar pound. 

Sempat berhenti di penawaran kedua, pihak Sheikh Jassim tersentak ketika Sir Jim menaikan jadi 5 miliar pound. Mereka pun ikut menawar dengan nominal sama yakni 5 miliar pound.

Laporan Sky Sports mengklaim bahwa Sheikh Jassim tidak akan menarik tawarannya untuk Manchester United. Tawaran senilai 5 miliar pounds itu akan tetap berlaku meski deadline yang ditetapkan sudah lewat.

Namun Sheikh Jassim disebut tidak akan menaikkan nilai tawarannya lagi, sehingga tawaran itu sudah mentok. 

Saking ngebetnya, Sheikh Jassim bahkan sampai meminta bantuan bos Paris Saint-Germain (PSG), Nasser Al-Khelaifi untuk jadi jembatan negosiasi kepada pihak keluarga Glazer.

Sebaliknya, keluarga Glazer juga memanfaatkan Nasser Al-Khelaifi untuk merayu Sheikh Jassim agar mengajukan tawaran kelima.

Tampaknya keinginan itu disetujui oleh pihak Sheikh Jassim. Pekan lalu ia  telah menyodorkan penawaran kelima dengan harga 6 miliar paun untuk membeli the Red Devils 100 persen menrutu laporan The Sun.

Beserta tawaran tersebut, yang kabarnya menjadi penawaran final ke keluarga Glazer, Sheikh Jassim juga akan melunasi utang Manchester United sebesar 1 miliar paun.

Mengembangkan pusat latihan Carrington, mengguyur klub dengan dana belanja pemain bintang, dan membuat Old Trafford lebih megah.

Tawaran final dari Sheikh Jassim kabarnya juga sudah diterima, dan pihak keluarga Glazer sedang mempertimbangkannya. 

Meski belum final, tetapi tawaran tersebut rumor sudah disetujui oleh keluarga Glazer. Kabar ini diketahui dari surat kabar Al-Watan, yang menurut The Sun dimiliki oleh ayah dari Sheikh Jassim.

Disebutkan bahwa tawaran paling anyar untuk membeli Man United sudah disetujui. Penawaran yang lebih dipilih keluarga Glazer akan segera diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

INEOS dalam pembicaraan tingkat lanjut disaat sinyal pemilik baru bakal jatuh ke tangan Sheikh Jassim. Artinya memang pihak sultan Qatar itu berpotensi besar jadi owner baru Manchester United.

Manchester UnitedLiga InggrisSir Jim RatcliffeSheikh JassimIndepth

Berita Terkini