x

Matchday! Termasuk Pattynama, Menilai Kans Debut 4 Bintang Baru Timnas Indonesia Kontra Palestina

Rabu, 14 Juni 2023 14:35 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Laga FIFA Matchday antara timnas Indonesia vs Palestina akhinya akan digelar juga pada hari ini, Rabu (14/06/23), malam WIB. Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Laga FIFA Matchday antara timnas Indonesia vs Palestina akhinya akan digelar juga pada hari ini, Rabu (14/06/23), malam WIB.

Bagi fans Garuda, ini adalah pertandingan pelepas rindu mereka pada tim kesayangan mereka yang skuad seniornya sudah tidak berkumpul sejak Maret 2023 lalu.

Kala itu timnas Indonesia melakoni dua uji coba resmi melawan Burundi yang hasilnya sangat bisa dibilang memuaskan.

Melawan negara Afrika tersebut, anak-anak asuh Shin Tae-yong bisa mengeruk satu kemenangan dan satu kali imbang yang mana menunjukkan progres positif mereka di bawah komando sang pelatih Korea Selatan.

Tidak heran jika di FIFA Matchday kali ini antusiasme yang cukup besar juga terasa. Terutama dengan kaliber tinggi dua lawan yang akan dihadapi yakni Palestina dan Argentina.

Baca Juga

Animo fans timnas Indonesia semakin membumbung mengingat ada banyak pemain menarik yang kemungkinan bisa menjalani debut pada pertandingan hari ini.

Mereka adalah Reza Arya, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Total ada empat pemain yang berpeluang mencatatkan caps pertamanya bagi Merah-Putih malam ini.

Baca Juga

Mengingat Palestina secara peringkat FIFA jauh lebih tinggi ketimbang timnas Indonesia, kemungkinan besar kemenangan bukan target yang diberikan oleh PSSI maupun Shin Tae-yong.

Mencoba bermain sebaik mungkin dan tidak melakukan error berlebihan sudah jadi nilai plus bagi para pemain dan staf kepelatihan.

Itulah kenapa diyakini Shin Tae-yong akan lebih ramah dalam melakukan rotasi sehingga peluang semua pemain untuk mendapatkan kesempatan bermain cukup besar. Termasuk para calon debutan. Seberapa besarkah kans mereka untuk memenangkan caps pertama? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 1. Shayne Pattynama - 90%

Shayne Pattynama

Dalam salah satu konferensi pers-nya jelang laga timnas Indonesia vs Palestina, Shin Tae-yong mengeluhkan jika saat ini kondisi fisik para pemainnya sangat buruk.

Sebagian besar para pemain memang sudah menjalani libur kompetisi beberapa waktu sehingga wajar jika kebugaran mereka jeblok. Ini adalah kesempatan besar bagi pemain dari liga Eropa seperti Shayne Pattynama untuk langsung mencuri spotlight.

Level kebugaran mereka yang bermain di luar negeri memang cenderung lebih bagus. Terutama karena sampai pada 7 Juni 2023 lalu Pattynama masih bermain di pertandingan kompetitif bersama klubnya, Viking FK.

Shin Tae-yong sendiri pastinya sudah tidak sabar untuk menjajal amunisi naturalisasi terbarunya yang berulangkali sempat berhalangan dipanggil karena masalah administrasi untuk FIFA Matchday sebelumnya.

Pattynama dapat bermain sebagai gelandang tengah namun akan lebih efektif jika beroperasi di sisi kiri agar kaki kidalnya bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sebuah nilai plus lain bagi bintang 24 tahun tersebut.

Baca Juga

2. Reza Arya Pratama - 30%

Mengantarkan PSM Makassar di musim penuh pertamanya menjadi juara Liga 1 2022/2023 adalah prestasi luar biasa bagi seorang penjaga gawang seperti Reza Arya Pratama.

Itulah kenapa ia pantas mendapatkan panggilan perdananya ke timnas Indonesia di usianya yang baru 23 tahun.

Baca Juga

Dengan postur paling tinggi (188 cm) ketimbang dua opsi lain di pos kiper yakni Ernando Ari (177 cm) dan Syahrul Trisna (180), sebenarnyakans Reza untuk melakoni debut atau bahkan menjadi starter cukuplah besar.

Saat ini Shin Tae-yong sendiri sedang mencari sosok 'nomor 1' baru timnas Indonesia setelah dikecewakan dengan performa pilihan utamanya dahulu yakni Nadeo Argawinata.

Namun mengingat penjaga gawang adalah posisi yang sangat menuntut pengalaman, kami merasa jika Ernando dan Syahrul yang masing-masing sudah punya dua dan enam caps senior mungkin lebih layak dimainkan penuh.

Baca Juga

2. 3. Ivar Jenner - 40%

Dua pemain naturalisasi timnas Indonesia, Ivar Jenner dan Rafael William Struick

Kembali pada topik dimana Shin Tae-yong merasa tidak puas dengan level kebugaran para pemainnya yang tampil di Liga 1, Ivar Jenner jelas tidak masuk dalam kategori tersebut.

Sebagai pemain naturalisasi dari Belanda, saat ini mungkin gelandang tengah berusia 18 tahun itu masih dalam kondisi fit.

Sangat mungkin untuk mendapatkan debutnya pada malam nanti namun jika sampai menjadi starter, rasanya masih terlalu dini.

Bagaimanapun Jenner baru bergabung dengan timnas Indonesia dan sebelumnya belum pernah memainkan taktik yang diracik oleh Shin Tae-yong.

Melawan Palestina yang jelas memiliki keunggulan dari segi badan tegap, sepertinya kombinasi andalan Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Rikciy Kambuaya layak dipercaya sejak menit pertama.

4. Rafael Struick - 40%

Tidak dipanggilnya Egy Maulana Vikri dan Ramadhan Sananta ke timnas Indonesia kali ini semakin membuka jalan bagi Rafael Struick segera mendapatkan debutnya.

Terlebih ia pemain yang cukup versatile yang bisa bermain sebagai penyerang tengah juga sayap.

Layaknnya Jener, Struick juga dipanggil dari Eropa dan sang wonderkid 20 tahun terdaftar sebagai penggawa akademi ADO Den Haag.

Hanya saja masalah adaptasi serta keterbatasan bahasa mungkin masih akan menghalanginya menjalani full-debut alias menjadi starter.

Di laga timnas Indonesia vs Palestina, Struick sudah sangat bagus apabila bisa menjadi cameo dari bangku cadangan.

PalestinaTimnas IndonesiaIvar JennerShayne PattynamaRafael William Struick

Berita Terkini