x

Jelang Kick-off Liga 1 2023/24, PSSI dan JFA Mulai Seleksi 350 Wasit

Kamis, 15 Juni 2023 16:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ketum PSSI, Erick Thohir, sampaikan info tentang pelatihan wasit jelang musim baru Liga 1 2023/24. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan saat ini ada dua instruktur wasit dari Jepang yang sedang melakukan seleksi dan pelatihan untuk wasit Indonesia yang akan dipakai di Liga 1 2023/24.

Pelatihannya sendiri dilakukan 15-20 Juni 2023.

Dua wasit Jepang itu dikirim oleh federasi sepak bola Jepang (JFA) sebagai bagian dari kerja sama dengan PSSI untuk meningkatkan kualitas sepak bola nasional.

Nantinya, pihak JFA juga akan datang memantau langsung.

"Saya juga mendorong, hari ini sudah mulai latihan perwasitan. Tak mungkin liga berkembang kalau sudah tahu skornya," buka Erick Thohir.

Baca Juga

"Sekarang ada dua wasit Jepang yang sedang training untuk wasit kita. Mulai 15 sampai 20 Juni kalau tak salah," imbuhnya.

Adapun dua instruktur wasit dari Jepang itu adalah Yoshimi Ogawa yang merupakan Director of Referees AFC dan Vice Chairman JFA Referee Committee. Lalu Toshiyuki Nagi yang merupakan JFA Referee Instructor.

Keduanya diberi tugas khusus oleh PSSI dan JFA sebagai coordinating instructor untuk menyeleksi dan workshop wasit dan asisten wasit di Liga 1 dan Liga 2.

Baca Juga

"Dukungan PSSI ke liga adalah itu kerja sama dengan Jepang buat tingkatkan kualitas wasit buat liga dan di daerah," jelas Erick Thohir.

"Yoshimi Ogawa yang cukup terkenal di AFC dan punya pangkat tinggi, dia langsung ke Indonesia dan nanti presiden JFA juga akan datang lihat apa yang dilakukan," jelas Erick Thohir.

"Nanti juga Jepang mengirim Toshiyuki Nagi, ini instruktur JFA untuk workshop wasit Liga 1 dan 2," imbuhnya.

Baca Juga

1. Wasit dari Jepang Bukan Sosok Baru

Ketum PSSI, Erick Thohir. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sebenarnya, dua nama ini bukan sosok baru di kancah sepak bola Indonesia.

PSSI pernah menunjuk Toshiyuki Nagi sebagai direktur teknik wasit dengan durasi kontrak selama setahun pada 2018 lalu.

Kala itu, Nai dibantu oleh dua nama lainnya, yakni Toru Kamikawa dan Yoshimi Ogawa. Mereka menggelar workshop wasit pada 12-15 Januari 2018.

Untuk mengawasi kinerja wasit di Liga 1, PSSI juga menunjuk satu sosok independen untuk mengevaluasi setiap pertandingan.

Lalu juga nanti ada sosok lain yang meninjau ke daerah untuk membantu meningkatkan kinerja para pengadil lapangan.

Baca Juga

"Ada satu wasit yang fokus me-review wasit di liga secara independen dan profesional. Juga ada satu wasit yang mentoring ke daerah agar standarnya sama," tutur Erick Thohir.

Sementara itu, direktur utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, mengonfirmasi ada 350 wasit yang sedang diseleksi.

Baca Juga

Semua standarnya dinaikan supaya kualitas pertandingan makin bagus.

"PSSI sudah kerja sama dengan Jepang buat peningkatan wasit. Hari ini mulai seleksi 350 wasit di Indonesia karena standar kualitasnya dinaikkan, sesuai standar Jepang," tuntasnya. 

Baca Juga
PSSIErick ThohirLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini