x

Tes Medis Tak Memuaskan, Arema FC Batal Rekrut Eks LA Galaxy Andre Zanga

Kamis, 15 Juni 2023 14:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bidikan Arema FC, Andre Zanga (kanan).

INDOSPORT.COM - Arema FC dipastikan kembali merubah komposisi pemain asingnya setelah memutuskan untuk batal memberikan kontrak kepada Andre Ulrich Zanga.

Keputusan ini menyusul hasil rekomendasi yang cenderung negatif dari tim medis Arema FC, usai sang pemain menjalani medical check-up.

Eks gelandang klub ternama sepak bola Amerika Serikat, LA Galaxy II, itu mendapatkan hasil yang tak memuaskan dalam tes medis Senin (12/6/23).

"Iya, Andre Zanga tidak jadi kami berikan kontrak. Karena dia gagal saat tes medis," ucap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas, Selasa (13/6/23).

Sebagaimana diketahui, medical check-up merupakan tahapan yang mesti dijalani oleh setiap pemain asing di klub Indonesia, termasuk Arema FC.

Baca Juga

Dalam tahap verifikasi ini, seorang pemain akan mendapat analisa dari aspek kesehatan, perihal kondisi terkini dan melihat riwayat cederanya.

Tahap inilah yang juga dilakoni tiga pemain asing Arema FC sebelumnya. Mereka adalah Gustavo Almeida (Brasil), Charles Lokoli Ngoy (Australia), dan Ichaka Diarra (Mali).

Baca Juga

Ada indikasi, gelandang kebangsaan Kamerun itu batal bergabung Arema FC karena punya riwayat cedera yang berisiko tinggi.

"Soal tes ini, kami percayakan semua kepada tim medis klub. Intinya ada masalah," beber Wiebie yang juga owner klub Liga 3 Jatim, NZR Sumbersari FC, tersebut.

"Hasil penilaian, Andre Zanga tidak memungkinkan bermain normal selama satu musim kompetisi. Kondisinya cukup rawan," tambah dia.

Baca Juga

1. Rugi Cukup Besar

Bidikan Arema FC, Andre Zanga (kanan).

Tak pelak, pembatalan dalam pemberian kontrak kepada Andre Zanga membuat Arema FC menanggung konsekuensi secara materi.

Setidaknya, klub berlogo kepala singa mesti menanggung kerugian cukup besar. Bahkan, puluhan juta rupiah sudah melayang dengan percuma.

Hitungan ini merupakan estimasi dari biaya Arema FC untuk membeli tiket penerbangan Andre Zanga dari Kamerun ke Indonesia.

"Kalau dibilang rugi, ya pastinya rugi. Jumlahnya bisa dibilang cukup besar," bilang Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas, Selasa (13/6/23).

"Berapa banyak biaya yang telah dikeluarkan. Mulai pengurusan administrasi, tiket penerbangan dan lainnya," tambah dia.

Baca Juga

Kendati demikian, pihaknya tak terlalu bermasalah dengan kerugian yang mesti ditanggung, karena sudah menjadi risiko bagi klub.

Pasalnya, Andre Zanga didatangkan klub setelah menjadi pilihan tim pelatih dari sejumlah penilaian, baik dari karakter permainan hingga kualitas yang dimilikinya.

Baca Juga

"Tapi yang lebih penting, keputusan ini untuk kebaikan semua pihak. Jadi perlu juga untuk dikomunikasikan," tandas figur pengusaha di Malang tersebut.

Sebelumnya, Andre Zanga menjadi salah satu proyeksi Arema FC untuk melengkapi komposisi pemain asing di kompetisi musim 2023/2024 nanti.

Gelandang berusia 26 tahun itu sejatinya akan melengkapi Gustavo Almeida (Brasil), Charles Lokoli Ngoy (Australia), dan Ichaka Diarra (Mali).

Baca Juga
LA GalaxyLiga IndonesiaArema FC

Berita Terkini