x

Andrew Omobamidele, Bek Irlandia Ini Bisa Cetak Sejarah jika Datang ke AC Milan

Jumat, 16 Juni 2023 19:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Nama Andrew Omobamidele mencuat dalam daftar buruan AC Milan di bursa transfer. Foto: AMA/Corbis via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Kabar anyar muncul dari klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, yakni ketertarikan mereka terhadap pemain Irlandia, Andrew Omobamidele.

Pemain yang satu ini untuk saat ini masih tercatat sebagai bagian skuad Norwich City yang bermain di kompetisi kasta kedua Liga Inggris.

Salah satunya seperti diwartakan TeamTALK, AC Milan ternyata tidak sendirian dalam perburuan Andrew Omobamidele di bursa transfer.

Sang pemain kabarnya juga diminati sejumlah klub seperti Burnley, Sheffield United, dan Nottingham Forest.

Namun dari nama-nama klub yang disebut di atas, AC Milan tentu saja menjadi destinasi yang paling menggiurkan untuk disinggahi.

Baca Juga

Hanya saja, masih dalam laporan yang sama, raksasa Liga Italia itu belum mengambil langkah lebih lanjut untuk mendatangkan Andrew Omobamidele.

Mereka baru akan memulai pembicaraan dengan Norwich City terkait potensi merapatnya bek muda berusia 20 tahun tersebut ke skuad Stefano Pioli.

Baca Juga

Nilai yang melekat pada dirinya pun diklaim setidaknya lebih dari 15 juta poundsterling, karena pihak Norwich City masih mengikatnya dengan kontrak hingga 2026.

Namun penampilannya di Divisi Championship pada 2022/23 pun dikabarkan suah telanjur menarik hati Geoffrey Moncada.

Ya, Geoffrey Moncada belakangan memang ramai disebut-sebut akan berkecimpung di bursa transfer AC Milan selepas kepergian Paolo Maldini dan Ricky Massara. 

Baca Juga

1. Bawa Nama Irlandia sebagai Calon Pencetak Sejarah

Nama Andrew Omobamidele mencuat dalam daftar buruan AC Milan di bursa transfer. Foto: AMA/Corbis via Getty Images.

Nah, terlepas dari rumor transfer yang belakangan mengaitkan Andrew Omobamidele dengan AC Milan, mari mengenal lebih dekat sosok pemain yang satu ini.

Seperti telah disebutkan di atas, Andrew Omobamidele merupakan bek yang saat ini bermain untuk Norwich City. Ia juga anggota Timnas Irlandia.

Jika bergabung dengan skuad Stefano Pioli, ia bakal menciptakan sejarah hebat baik bagi dirinya sendiri maupun sepak bola Irlandia.

Pasalnya, ia akan menjadi pemain kedua asal Irlandia yang memperkuat tim utama AC Milan setelah Paddy Sloan pada era 1990-an.

Untuk diingat kembali, Paddy Sloan pernah menjadi bagian AC Milan sekitar tahun 1948-1949. Sama seperti Andrew Omobamidele, ia juga sempat bermain di Norwich City.

Baca Juga

Jika benar terjadi, nama Andrew Omobamidele diprediksi akan melambung di negaranya. Selain itu, ia pun bakal menjadi entitas unik tersendiri di AC Milan.

Sejauh ini, AC Milan hanya memiliki satu pemain asal Irlandia dalam diri Cathal Heffernan, yang baru saja merapat pada 2022 lalu.

Namun, Cathal Heffernan belum sempat mencicipi debut di tim utama setelah didatangkan dari Cork City.

Baca Juga

Tidak ayal, ini adalah kesempatan besar bagi Andrew Omobamidele untuk menjadi fenomena unik di skuad AC Milan.

Kedatangannya ke AC Milan di sisi lain juga bakal menambah semarak parade pemain asal Irlandia di Serie A Liga Italia.

Sejauh ini, Serie A Liga Italia telah memiliki pemain asal Irlandia yakni James Abankwah dan Festy Ebosele, yang bermain untuk Udinese. 

Baca Juga

2. Profil Singkat Andrew Omobamidele

Nama Andrew Omobamidele mencuat dalam daftar buruan AC Milan di bursa transfer. Foto: AMA/Corbis via Getty Images.

Andrew Omobamidele lahir di Leixlip, County Kildare, Irlandia, pada 23 Juni 2002. Ia memiliki darah Nigeria dari sang ayah.

Ibunya sendiri berasal dari Irlandia, sehingga ia pun memilih membela timnas negara ini di level senior usai mentas dari tim U-17, U-19, dan U-21.

Bek bernama lengkap Andrew Abiola Omobamidele ini belum memiliki pengalaman bermain di luar Irlandia dan Inggris.

Sepanjang karier yang sudah ia bina, praktis ia hanya pernah bermain untuk klub lokal, Leixlip United, sebelum bergabung dengan Norwich City pada 2019.

Sekilas tentang Andrew Omobamidele

Laman The Athletic pernah mendeskripsikan Andrew Omobamidele sebagai bek dengan skill defensif dan gaya permainan yang sudah dewasa.

Selain mampu melakukan blok efektif, ia juga punya kepercayaan diri yang tinggi untuk bermain maju sambil membawa bola jika lawan memberi ruang.

Ia layak menjadi salah satu bek pilihan Norwich City saat masih ditangani Dean Smith di level Premier League beberapa waktu lalu.

Sayangnya, Norwich City termasuk salah satu tim yoyo yang sering terjebak di zona Premier League dan Divisi Championship.

Ketidakstabilan ini pun bisa menjadi alasan kuat bagi Andrew Omobamidele untuk angkat kaki dari skuad The Canaries demi masa depan yang lebih baik.

Akankah AC Milan jadi pelabuhannya selanjutnya?

Bursa TransferAC MilanNorwich CityAndrew Omobamidele

Berita Terkini