x

Dikalahkan Persib, Jan Olde Riekerink Akui Penampilan Dewa United Belum Maksimal

Jumat, 16 Juni 2023 18:52 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink usai laga uji coba antara Persib Bandung vs Dewa United.

INDOSPORT.COM - Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink, mengakui penampilan anak asuhnya belum maksimal, saat dikalahkan Persib Bandung dalam uji coba di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis malam (15/06/23).

Menurutnya pada pertandingan tersebut, anak asuhnya masih sering melakukan kesalahan. Meski begitu, belum maksimalnya penampilan pemainnya merupakan hal yang wajar, lantaran Dewa United masih persiapan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Selain itu, pada persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2023-2024, Dewa United memiliki beberapa pemain anyar, sehingga mereka masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan tim.

"Saya lebih fokus pada tim saya sendiri. Kami mempunyai lima pemain baru dan sejarah tim ini baru tiga tahun," ucap Jan Olde Riekerink setelah pertandingan di Stadion GBLA.

"Jadi kami harus membangun tim dan mungkin saya masih melakukan beberapa kesalahan mendasar, tapi ini merupakan bagian dari persiapan," kata pelatih berusia 60 tahun ini menambahkan.

Baca Juga

Pelatih asal Belanda ini membeberkan beberapa kesalahan yang dilakukan anak asuhnya, pada pertandingan menghadapi Persib, di antaranya jarak pemain terutama di lini pertahanan.

Kesalahan yang ada pada pertandingan menghadapi Persib tersebut menurut Jan Olde Riekerink, menjadi bahan evaluasi baginya agar Dewa United bisa tampil maksimal saat mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

"Terutama dari jarak dan ruang antar pemain belakang dan saya selalu menekankan untuk memainkan bola di belakang. Jadi kami masih punya banyak perbaikan untuk dilakukan," ujarnya.

"Tapi saya senang dengan tim dan kami juga bisa bermain sepak bola Meski untuk melakukan itu tentu saja dibutuhkan kehati-hatian karena khawatir pemain nantinya melakukan kesalahan," jelasnya.

Baca Juga

1. Ambil Banyak Pelajaran

Starting eleven Dewa United saat uji coba dengan Persib.

Pada uji coba tersebut, Dewa United harus mengakui keunggulan Persib dengan skor 2-1, dua gol skuad Maung Bandung dicetak oleh Ezra Walian dan Ferdiansyah. Sedangkan, gol tunggal Dewa United melalui Nasir.

Hasil pertandingan tersebut menurut Jan Olde Riekerink, memang tidak memuaskan, tetapi banyak pelajaran yang didapat dari uji coba ini agar saat Liga 1 2023-2024 bergulir pasukannya bisa tampil maksimal.

"Karena itu kami harus melakukan persiapan. Mungkin hasilnya tidak memuaskan, tapi selama dua pekan sebelum kompetisi kami harus memperbaikinya," tegasnya.

Setelah uji tanding dengan Persib, Jan Olde Riekerink, membeberkan rencana Dewa United selanjutnya sebelum mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang akan bergulir pada 1 Juli mendatang.

Menurut Jan Olde Riekerink, dalam waktu dekat Dewa United bakal berangkat ke Bali, untuk mematangkan persiapan sekaligus uji coba menghadapi Bali United.

Baca Juga

Selain Dewa United, Jan Olde Riekerink mempersiapkan lawan uji coba lainnya yang juga berasal dari Liga 1, yakni Arema FC. Laga menghadapi Singo Edan tersebut, rencananya menjadi uji tanding terakhir bagi timnya sebelum tampil di kompetisi.

"Mungkin juga kami akan bertolak ke Bali tanggal 21 sebelum bertanding melawan Bali tanggal 24. Lalu di pekan terakhir kami fokus melakukan persiapan untuk melawan Arema," ujarnya.

Baca Juga

Sementara itu, mengenai target yang diusung pada Liga 1 musim 2023-2024, Jan Olde Riekerink, menegaskan akan berusaha membawa Dewa United tampil maksimal dan bisa menembus empat besar klasemen.

Menurutnya, untuk meraih target tersebut, dia bersama anak asuhnya harus bekerja keras dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

"Mungkin kami akan mematok target yang tinggi dan mungkin kalian bisa menyalahkan saya. Saya ingin membawa tim ini ke empat besar," ujar pelatih Dewa United di Liga 1 itu.

Baca Juga
Persib BandungLiga IndonesiaJan Olde RiekerinkLiga 1Berita Liga 1Dewa United FC

Berita Terkini