x

Masih Kesulitan Adaptasi Cuaca, Shayne Pattynama Janji Habis-habisan Lawan Argentina

Jumat, 16 Juni 2023 14:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama mengaku berusaha beradaptasi dengan cuaca di Tanah Air. Dia baru tiba tiga hari lalu di Surabaya, Jawa Timur dan pindah ke Jakarta, kemarin.

Shayne Pattynama adalah satu dari 26 pemain yang dipanggil untuk FIFA match day lawan Palestina pada 14 Juni dan Argentina pada 19 Juni mendatang. Di laga pertama, dia masuk line up, tapi tidak dimainkan.

Dia terlambat bergabung karena masih harus jalani pertandingan bersama klubnya, Viking FK di Liga Norwegia. Karenanya, pemain 24 tahun itu berusaha keras menyesuaikan diri dengan cuaca panas di Tanah Air.

"Saya baru tiba jadi masih berusaha adaptasi dengan cuaca. Tapi senang bisa berjumpa dengan pemain lain dan latihan bersama dan tentu saja senang di sini," ujarnya.

Baca Juga

Pemain keturunan Belanda itu tak sabar jalani debut bersama Timnas Indonesia. Peluang itu terbuka lebar saat lawan Argentina karena Shayne dalam kondisi oke atau tanpa keluhan cedera.

Shayne resmi jadi WNI setelah menjalani sumpah pada 24 Januari 2023. Proses naturalisasinya dimulai sejak tahun lalu, berdasarkan rekomendasi pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Lawan Argentina akan jadi laga yang gila dengan adanya penggemar. Ini benar-benar bagus dan saya menantikannya untuk melihat 80-an ribu fans di stadion, dimana saya tak sabar untuk bermain bagi negara saya, jadi ini akan jadi momen indah," tuturnya.

Baca Juga

1. Shayne Pattynama Sempat Alami Cedera

Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia.

Sebelum bergabung ke Timnas Indonesia, Shayne Pattynama sempat dilaporkan alami cedera. Tapi, pada laga terakhir Viking FK, ia tetap diturunkan sebagai starter.

Untuk lawan Argentina, tiga hari mendatang, Shayne menyatakan akan berikan kemampuan terbaik. Bek kiri itu bangga bisa mewakili Indonesia, yang merupakan tanah kelahiran leluhurnya.

Shayne Pattynama sangat bahagia lantaran bisa memenuhi keinginan almarhum ayahnya, yang berharap dia bisa membela skuad Garuda. Jadi, dia akan mati-matian memantu Timnas supaya bisa meraih hasil maksimal.

Baca Juga

"Saya akan berikan semua kemampuan saya dari hati buat negara ini, karena saya bangga jadi orang Indonesia," ujarnya.

"Akhirnya saya bisa bermain, jadi saya akan berikan yang terbaik buat kalian, keluarga dan khusus ayah saya yang sudah almarhum, buat dia bangga tapi saya tau dia akan bangga melihat saya dari atas sana dan saya berharap semuanya berjalan baik," tuntas Shayne.

Baca Juga

Ketika resmi disumpah jadi WNI, Shayne bertekad membawa skuad Garuda lolos ke Piala Dunia dan menjadi salah satu tim terbaik di Asia. Asa tersebut harus mulai dibuktikan saat lawan Argentina.

Selain Shayne Pattynama, ada enam pemain naturalisasi yang juga dipanggil untuk FIFA match day bulan ini. Ada Marc Klok, Rafael Struick, Ivar Jenner, Stefano Lilipaly, Jordi Amat dan Sandy Walsh. 

Baca Juga
ArgentinaTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShayne Pattynama

Berita Terkini