x

Persiraja Ingin Promosi Lagi, Ismed Sofyan Debut Melatih di Liga 2?

Jumat, 16 Juni 2023 08:08 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Mantan kapten Persija Jakata, Ismed Sofyan (tengah).

INDOSPORT.COM - Legenda hidup Persija Jakarta, Ismed Sofyan, berpotensi melakoni debut sebagai pelatih di Liga 2 pada musim 2023-2024. Persiraja Aceh yang kembali dipegang Nazaruddin Dek Gam menyatakan ketertarikan kepada Ismed.

Ismed Sofyan merupakan salah satu pesepakbola asal Aceh yang meraih kesuksesan besar. Ismed merasakan gelar Liga 1 2018 bersama Persija Jakarta.

Ismed juga kerap kali dipercaya menghuni sektor kanan atau kiri pertahanan Timnas Indonesia. Tercatat Ismed pernah 54 kali berseragam Timnas Indonesia, termasuk pada Piala Asia 2007.

Setelah resmi berpisah dengan Persija Jakarta pada tahun 2022 lalu, Ismed tak mencari klub baru. Ismed lebih disibukkan dengan aktivitas mencari lisensi kepelatihan.

Kini, Ismed telah mengantongi lisensi A AFC atau A Diploma. Lisensi itu sudah cukup untuk membuat pemain berusia 43 tahun itu menjadi pelatih kepala di tim Liga 2.

Baca Juga

Ada kemungkinan Persiraja akan menjadi klub Liga 2 pertama yang ditanganinya. Setelah pengusaha Aceh, Nazaruddin Dek Gam, kembali menjadi presiden klub Persiraja, kontestan Liga 1 2021-2022 itu bergeliat lebih awal menatap Liga 2 2023-2024.

Salah satu rencana awal Persiraja adalah mengikat pelatih kepala. Ternyata, Ismed Sofyan sudah menjalin komunikasi dengan Persiraja.

Baca Juga

Sebelum menjadi legenda hidup tim Persija, Ismed pernah memperkuat Persiraja. Ia membela tim Laskar Rencong pada tahun 1998-2000.

"Kita sudah berkomunikasi dengan beberapa nama calon pelatih Persiraja musim ini, termasuk Ismed Sofyan," kata Dek Gam, Kamis (15/06/23).

Ismed Sofyan dengan pengalaman panjangnya sebagai pemain nasional diharapkan bisa membawa Persiraja berprestasi. Dem Gam ingin Persiraja kembali meramaikan kompetisi Liga 1 lagi.

Baca Juga

1. Liga 2 Butuh Pemain Asing

Presiden Persiraja Banda Aceh, Nazaruddin Dek Gam.

Liga 1 2021-2022 terasa kurang berkesan karena tak ada satupun pertandingan yang digelar di Aceh. Saat itu, kompetisi diputar tanpa penonton dengan sistem bubble di DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah dan Bali.

"Semoga kompetisi berjalan dengan lancar dan Persiraja bisa kembali promosi ke Liga 1," tutur Dek Gam.

Pada kompetisi musim ini, Persiraja punya rencana memaksimalkan kuota pemain asing. Makanya, manajemen Persiraja sudah mulai berkomunikasi dengan para agen pemain asing.

Baca Juga

Namun begitu, Dek Gam tetap menunggu regulasi resmi dari PSSI sebelum mengikat pemain asing. Dek Gam menilai pemain asing dibutuhkan untuk mengangkat level Liga 2.

"Kehadiran pemain asing tentu bagus untuk Liga 2, dan kita akan mendatangkan pemain asing berkualitas. Namun saat ini kita masih menunggu regulasi Liga 2 musim ini dari PSSI, termasuk tentang kuota pemain asing," paparnya.

Baca Juga

Total ada 28 tim yang akan berebut tiga tiket promosi ke Liga 1 2024-2025. Kompetisi Liga 2 2023-2024 rencananya akan diputar mulai September 2023.

Sebelum kompetisi dijalankan, klub-klub Liga 2 akan bertarung dalam turnamen pramusim. Namun begitu, PSSI belum mengumumkan secara resmi kapan turnamen klub Liga 2 akan dijalankan.

Baca Juga
Ismed SofyanLiga IndonesiaPersiraja Banda AcehLiga 2

Berita Terkini