x

Erick Thohir Ikut Kecewa Lionel Messi Absen, Harapkan Ini di Laga Timnas Indonesia vs Argentina

Sabtu, 17 Juni 2023 16:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Erick Thohir, menekankan tujuan utama Timnas Indonesia menghadapi Argentina pada 19 Juni di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, bukan hanya soal Messi.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menekankan tujuan utama Timnas Indonesia menghadapi Argentina pada 19 Juni di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, bukan hanya soal Lionel Messi.

Lionel Messi dipastikan tidak ikut Timnas Argentina saat away ke Indonesia. Eks striker Barcelona itu ingin berlibur usai laga Argentina vs Australia, semalam di China.

Selain Messi, La Albiceleste yang dikawal Lionel Scaloni juga tidak diperkuat dua bintang veteran mereka yakni Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi.

Ketidakhadiran Messi ini menimbulkan kekecewaan besar khususnya bagi para pencinta sepak bola di Tanah Air yang sudah menghabiskan banyak yang untuk membeli tiket.

Erick Thohir rupanya juga ikut kecewa lantaran megabintang yang baru bergabung dengan klub MLS, Inter Miami, tersebut tidak akan memainkan laga melawan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Meski demikian, Erick Thohir menegaskan bahwa ada tidaknya Messi bukan masalah besar. Sebab, para penggawa Garuda bisa menghadapi pemain Argentina lain yang tak kalah bagus kualitasnya.

“Ya, ketika Messi tidak memilih (datang ke Indonesia) tentu saya sangat sedih. Apalagi saya dukung Messi,” ujar Erick Thohir.

Baca Juga

“Ya, tapi kalau kita tidak diapresiasi ya tidak apa-apa. Banyak bintang lain kok. Banyak bintang (Argentina) lain yang lagi berkembang,” tambahnya.

Pemain Manchester City, Julian Alvarez, merupakan salah satu pemain Timnas Argentina yang diantisipasi oleh Erick Thohir.

“Jadi yang saya bilang ketika tim Argentina datang banyak pemain luar biasa, Julian Alvarez dan macam-macam saya rasa ini hal yang tentu positif untuk Indonesia,” sambung Erick Thohir.

Baca Juga

1. Tujuan Timnas Indonesia Lawan Argentina

Ketum PSSI Erick Thohir, Mengadakan Kunjungan ke Garuda Store di Kawasan GBK, Jakarta, Sabtu (17/06/23).

Bukan tanpa sebab. Julian Alvarez di usianya yang masih 23 tahun baru saja sukses membantu Manchester City meraih treble winners pada musim 2022-2023.

Diketahui, skuat besutan Pep Guardiola tersebut berhasil memenangkan tiga gelar juara, yakni Piala FA, Liga Inggris dan Liga Champions.

Bukan hanya itu saja, Erick Thohir juga menjelaskan bahwa ada tujuan utama Marc Klok dan kawan-kawan menantang tim yang meraih gelar Piala Dunia 2022 kemarin itu.

Para pemain Timnas Indonesia diharapkan bisa mengambil pengalaman dari Argentina, yakni dalam aspek moral bertanding, mental dan keberanian tim.

Selain itu, Erick Thohir juga ingin dunia internasional tidak meremehkan industri sepak bola di Indonesia yang tengah dalam proses pembangunan ke arah yang lebih baik ini.

Baca Juga

“Begini, itu yang saya bilang bahwa kita membawa tim nasional Argentina di FIFA Matchday. FIFA Matchday ini adalah ajang kita menaikkan poin secara tim nasional,” ungkap Erick Thohir.

“Tentu yang namanya FIFA Matchday ini kita ingin mengambil poin, tetapi ada juga yang (untuk) meningkatkan moral bertanding kita, mental kita, nyali kita, dan dunia internasional tidak meremehkan industri sepak bola nasional kita. Itu yang kita tuju,” tambahnya.

Baca Juga

“Ini yang saya ingin ketuk hati kita, bahwa kita harus diapresiasi sebagai bangsa. Jangan hanya follow-follow media sosial terus mereka hanya jualan. Terus kontribusi baliknya untuk Indonesia tidak ada,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Sekadar informasi PSSI harus mengeluarkan 5 juta dolar (sekitar Rp74 miliar) untuk mengundang Argentina. Belum lagi biaya akomodasi, transportasi, dan penyelenggaraan pertandingan ini.  

Nilai ini memang terbilang sangat fantastis bagi PSSI yang kini tengah fokus memperbaiki kualitas sepak bola dan tim nasional, agar bisa berprestasi di kancah internasional.

Baca Juga
ArgentinaLionel MessiErick ThohirTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini