x

Ganti Posisi Sejak Hengkang ke Liverpool, Mac Allister Jajal Peran Baru Lawan Timnas Indonesia?

Sabtu, 17 Juni 2023 17:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pemain baru Liverpool, Alexis Mac Allister, mendapat posisi baru di Timnas Argentina. Akankah ini berlaku saatberjumpa Timnas Indonesia? (Foto: liverpoolfc.com)

INDOSPORT.COM - Pemain baru Liverpool, Alexis Mac Allister, diketahui mendapat posisi baru di Argentina. Akankah posisi tersebut juga akan diembannya saat berjumpa Timnas Indonesia?

Alexis Mac Allister baru saja diresmikan sebagai pemain baru Liverpool pada bursa transfer musim panas 2023.

Pada Kamis (08/06/23), Liverpool mengumumkan kedatangan Alexis Mac Allister lengkap dengan nomor punggung yang akan dipakai pemain yang satu ini.

Alexis Mac Allister akan mengenakan nomor punggung 10 yang sebelumnya dikenakan oleh Sadio Mane.

Sadio Mane merupakan pemain sayap andalan Liverpool yang baru saja hengkang ke Bayern Munchen pada bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Baca Juga

The Reds diketahui merampungkan transfer Mac Allister setelah membayar mahar senilai 35 juta pounds kepada klub asal sang pemain, Brighton and Hove Albion.

Namun sebelum bergabung dengan rekan setim barunya di Merseyside untuk tur pramusim, Alexis Mac Allister terlebih dulu menjalani tugas internasional bersama Argentina.

Baca Juga

Mac Allister tampil bersama jawara Piala Dunia 2022 tersebut yang dijadwalkan menjalani tur Asia dengan melakoni dua persabatan kontra Australia dan Timnas Indonesia.

Tampil 59 menit kontra Australia di Beijing, China, Jumat (15/06/23) Allister membantu Argentina memetik kemenangan 2-0 yang salah satu golnya dicetak oleh Lionel Messi.

Namun, ada yang aneh dengan posisi bermain Mac Allister  yang biasanya dimainkan sebagai gelandang serang, gelandang bertahan ataupun pernah sebagai gelandang sayap.

Baca Juga

1. Posisi Baru Mac Allister, Jadi Second Striker?

Pemain baru Liverpool, Alexis Mac Allister. (Foto: liverpoolfc.com)

Dibongkar oleh Ole, Mac Allister bermain di posisi berbeda dari biasanya. Dia bermain lebih maju ke depan hampir menyerupai false nine, meski dia juga bakal mundur dalam fase bertahan.

False Nine merupakan istilah pemain yang diposisikan striker kedua atau second striker. Pemain ini harus bisa memberikan umpan yang bagus kepada sang Number 9 asli.

Intinya second striker bertugas untuk menciptakan peluang, mencetak gol, dan juga bertanggung jawab untuk terciptanya link-up play atau koneksi, kerja sama antarpemain di lini depan.

Ole pun memberikan rating tinggi untuk posisi baru mantan bintang Brighton tersebut, yakni 7/10 berkat kontribusinya di lini depan La Albiceleste.

Dan dia terlihat begitu mudah beradaptasi dengan posisi barunya, dia tidak hanya mengombinasikan dengan sempurna saat dia berbagi band kapten dengan Nico González, lolos dua kali dari kawalan dan dapat umpan untuk menembak layaknya striker,” tulis Ole.

Baca Juga

Dia memiliki tembakan yang jelas setelah satu umpan dari Messi, tapi itu sayangnya tendangannya berakhir di atas mistar gawang,” tambah Ole.

Sayang sekali, permainan Mac Allister tidak terlalu berkembang di pertandingan Argentina vs Australia karena cuaca panas yang menghantam China saat itu.

Media Argentina lainnya, El Litoral, menyebutkan bahwa pemain baru Liverpool tersebut mungkin bakal lebih sering diandalkan Lionel Scaloni di area berbahaya di lapangan saat Argentina berusaha mencetak gol.

Baca Juga

Dengan gaya permainan menekan Argentina, para gelandang termasuk Mac Allister mungkin bakal dituntut masuk lebih ke dalam jantung pertahanan lawan.

Ini akan jadi pemandanga menarik saat Mac Allister kembali dimainkan di skuad Argentina melawan Timnas Indonesia pada Senin (19/06/23) besok.

Dengan posisi barunya, kita akan melihat bagaimana Elkan Baggott, Jordi Amat, hingga Asnawi Mangkualam berjuang keras mengawalnya, alih-alih Lionel Messi yang absen di laga tersebut.

Baca Juga
LiverpoolArgentinaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaAlexis Mac Allister

Berita Terkini