x

Gara-gara Jordi Amat, Skuat Timnas Indonesia Pancing Rasa Penasaran Media Argentina

Minggu, 18 Juni 2023 12:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Jordi Amat memancing rasa penasaran sebuah media Argentina jelang pertandingan FIFA Matchday kontra La Albiceleste pada 19 Juni 2023 di SUGBK.

INDOSPORT.COM - Keberadaan Jordi Amat memancing rasa penasaran sebuah media Argentina jelang pertandingan FIFA Matchday kontra La Albiceleste pada 19 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Timnas Argentina diketahui menjalani tur persahabatan di Asia menjelang kualifikasi zona Amerika Selatan untuk Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Meksiko, Kanada, dan Amerika Serika.

Setelah mengalahkan Australia di Beijing, China dengan skor 2-0 pada 15 Juni 2023, La Albiceleste selanjutnya akan menantang Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Dalam artikel hari Minggu (18/06/23), Ole mengupas fakta-fakta terkait Timnas Indonesia dengan judul, “Curiosidades del fútbol de Indonesia, el próximo rival de la Selección Argentina.’

Bila diartikan judul berita Ole tersebut adalah “Hal-hal yang ingin diketahui soal sepak bola Indonesia, rival Timnas Argentina berikutnya.”

Baca Juga

Salah satu poin yang dibahas oleh Ole yakni sosok Jordi Amat yang merupakan bek naturalisasi Timnas Indonesia yang memiliki darah keturunan Spanyol.

Ole mengulik profil singkat Jordi Amat yang pernah melalang buana bersama klub-klub Liga Spanyol, seperti Espanyol, Rayo Vallecano dan Real Betis.

Baca Juga

“Jordi Amat, pesepak bola yang pernah berjersey Espanyol, Rayo Vallecano dan Real Betis, adalah Putra Mahkota Siau, sebuah pulau di Indonesia,” tulis Ole.

Media tersebut juga terkesan dengan keputusan Jordi Amat lebih memilih membela Timnas Indonesia meskipun dia pernah bermain untuk Timnas Spanyol untuk kelompok usia muda.

Diketahui, pemain kelahiran Catalan Canet de Mar pada 1992 tersebut pernah menjadi andalan Timnas Spanyol U-21, selain juga bermain di U-20, U-19 dan U-17 untuk negara latin tersebut.

Baca Juga

1. Jordi Amat Bakal Dimainkan di Timnas Indonesia vs Argentina?

Selebrasi Jordi Amat usai cetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Burundi

Lebih lanjut, Ole sampai mengulik wawancara lama Jordi Amat kepada media Spanyol, Marca, soal alasannya memilih Timnas Indonesia.

“Saya sudah membela timnas Spanyol di semua kategori kelompok usia, tapi saya selalu tahu tentang kemungkinan menjadi warga negara Indonesia melalui nenek saya. Tahun lalu, ketika saya berada di Eupen, saya mengambil pilihan itu dan kami memulai negosiasi,” ujar Jordi kepada Marca.

Mungkin Ole juga akan penasaran bagaimana performa Jordi Amat saat bertugas menjaga benteng pertahanan Timnas Indonesia melawan Argentina besok.

Pasalnya, Jordi Amat juga belum dimainkan oleh Shin Tae-yong saat Timnas Garuda bermain imbang 0-0 melawan Palestina di FIFA Matchday pertama pada Juni 2023 kemarin.

Jordi Amat memang kurang begitu fit dalam laga melawan Timnas Palestina. Namun kini bek yang bermain untuk Johor DT (Malaysia) itu sudah pulih 100 persen.

Baca Juga

Kehadiran Jordi Amat tentu akan menambah opsi di lini belakang Skuat Garuda. Apalagi ada juga nama Fachruddin Aryanto dan Shayne Pattynama di sana.

Ditambah Jordi Amat, Shin Tae-yong mungkin bisa memainkan formasi lima bek melawan Argentina.

Baca Juga

Trio bek tengah Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Fachruddin Aryanto, ditambah Asnawi Mangkualam dan Shayne Pattynama yang bisa mengisi kedua posisi sayap.

Selain Jordi Amat, Ole juga menyoroti momen satu-satunya dalam sejarah Timnas Indonesia tampil di panggung Piala Dunia pada 1938 silam, tepatnya saat masih dijajah koloni Belanda.

Selain itu, Ole juga menyoroti raihan tiga medali emas Timnas Indonesia di ajang SEA Games. Emas pertama diraih pada 1987, kedua pada 1991 dan yang terakhir pada 2023.

Baca Juga
ArgentinaTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaJordi Amat

Berita Terkini