x

Bola Itu Bundar! Strategi Arab Saudi yang Bisa Ditiru Timnas Indonesia untuk Tumbangkan Argentina

Minggu, 18 Juni 2023 18:35 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia bisa meniru strategi Arab Saudi tumbangkan Argentina kala Piala Dunia 2022 di FIFA Matchday mendatang. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia bisa meniru strategi Arab Saudi tumbangkan Argentina kala Piala Dunia 2022 di FIFA Matchday mendatang.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba melawan juara Piala Dunia 2022, Argentina, pada 19 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Karno.

Argentina di bawah komando Lionel Scaloni itu memboyong beberapa pemain yang sudah menginjakkan kaki di Indonesia seperti Alejandro Garnacho hingga Julian Alvarez.

Tentu, FIFA Matchday kali ini bakal menjadi ujian berat bagi timnas Indonesia yang secara kualitas dan kauntitas jauh di bawah Argentina.

Namun, bukan hal yang mustahil bagi tim asuhan Shin Tae-yong memberikan perlawanan kepada tim berjuluk La Albiceleste di Stadion Gelora Bung Karno mendatang.

Baca Juga

Pasalnya, Argentina sendiri pernah dikalahkan dengan tim kuda hitam di Piala Dunia 2022 yakni Arab Saudi di fase grup dengan skor 1-2.

Elkan Baggott dkk bisa mencontoh pola permainan yang digunakan Arab Saudi ketika mempermalukan Argentina yang saat itu diperkuat pemain terbaik seperti Lionel Messi hingga Angel Di Maria.

Baca Juga

Kala itu, Arab Saudi menggunakan taktik dengan memasang pertahanan yang tinggi dengan tujuan menjebak pemain Argentina di posisi off-side.

Terbukti, taktik tersebut berhasil membuat membuat penyerang Argentina terjebak offside 10 kali dalam pertandingan tersebut. Lautaro Martinez bahkan sempat mencetak dua gol tetapi dianulir wasit.

Apalagi di FIFA Matchday kali ini, Lionel Scaloni dikabarkan tidak menurunkan pemain bintangnya seperti Emiliano Martinez. Namun di lini depan, Alejandro Garnacho dan Julian Alvarez diprediksi bakal diturunkan.

Baca Juga

1. Timnas Indonesia Tak Gentar Hadapi Argentina

Latihan Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Argentina di Lapangan A Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Perbedaan secara mencolok dapat dilihat dari segi ranking FIFA. Argentina kokoh di posisi 1 jauh dengan timnas Indonesia yang berada di posisi ke-149.

Tentu, bakal menjadi ujian berat bagi anak asuh Shin Tae-yong. Namun, manajer timnas Indonesia, Sumardji, menyatakan kesiapannya untuk paling tidak mengamankan poin di FIFA Matchday kali ini.

Sumardji sendiri menyebutkan, Skuat Garuda merasa bangga dapat menjajal kemampuan juara Piala Dunia 2022 itu dan optimis paling tidak dapat mengimbangi permainan Argentina.

“Jadi untuk menghadapi Argentina hari Senin besok, yang pasti tim, Timnas Indonesia, anak-anak sudah semuanya siap," buka Sumardji selaku manajer timnas Indonesia.

“Mereka juga bangga bisa bertanding atau bisa melawan tim juara dunia dengan demikian motivasi dan semangat yang luar biasa ini sebagai modal awal anak-anak timnas untuk bisa paling tidak mendapatkan poin. Paling tidak mendapatkan poin, seperti itu," sambungnya.

Baca Juga

Sementara itu, Timnas Indonesia juga dibebani untuk dapat mengimbangi Argentina dan mengamankan poin agar ranking FIFA tak melorot keluar dari 150 besar.

“Kembali lagi ya, ini kembali lagi saya memberikan motivasi yang sangat kuat kepada anak-anak. Motivasinya satu, kita harus bisa mendapatkan poin ya, kembali lagi ini ya kita harus bisa mendapatkan poin," tegas Sumardji.

Baca Juga

“Jadi motivasi itu yang saya berikan kepada anak anak. Saya suntik person to person sampai dengan dalam ikatan tim karena motivasi itu penting dan harus diingat bahwa jangan melihat Argentinanya,”

“Jadi mindset anak-anak sudah saya ingatkan jangan takut duluan, kalau sudah mindset-nya kita takut duluan pasti kalah." pungkas Sumardji.

Sementara itu, Timnas Indonesia sendiri bakal diperkuat pemain naturalisasi seperti Shayne Pattynama, Elkan Baggott hingga Rafael Struick.

Baca Juga
ArgentinaArab SaudiTimnas Indonesia

Berita Terkini