x

Daftar Lengkap Stadion untuk Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Main di Mana?

Senin, 19 Juni 2023 11:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Drawing Piala Asia Cup 2023. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Daftar stadion Piala Asia 2023 Qatar bisa kalian simak di artikel ini. Di fase grup, Timnas Indonesia menggunakan dua tempat melawan Irak, Vietnam dan Jepang.

Sebagaimana diketahui, Piala Asia 2023 siap digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Timnas Indonesia menjadi salah satu dari empat negara ASEAN yang berhasil lolos ke Qatar.

Saat drawing bulan Mei 2023 lalu, Timnas Indonesia harus tergabung ke dalam grup neraka. Mereka berada di Grup D bersama Jepang, Irak dan musuh bebuyutan, Vietnam.

Ketiga lawan Skuat Garuda bukanlah musuh sembarangan. Irak berstatus sebagau juara Piala Asia 2007 silam saat digelar di Tanah Air.

Kemudian Jepang sudah empat kali meraih juara Piala Asia. Sementara itu, Vietnam selalu menjadi musuh terberat Garuda di Piala AFF atau SEA Games.

Baca Juga

Shin Tae-yong sendiri sempat menjelaskan kalau Grup D dihuni oleh lawan-lawan cukup berat. Ia bahkan memprediksi kalau peluang Jordi Amat dkk lolos hanya 50 persen saja.

"Grup kami tentu bukan grup yang mudah. Saya bisa mengatakan peluang tim untuk lolos (ke fase gugur) adalah 50 persen, tetapi saya mempunyai keyakinan dengan tim kami," kata Shin Tae-yong dilansir dari kanal Youtube AFC Asian Cup.

Sebelum lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berstatus runner-up Grup A di babak kualifikasi menyingkirkan Kuwait dan Nepal. Sementara posisi juara grup di duduki oleh Yordania.

Baca Juga

Selain Timnas Indonesia dan Vietnam, dua negara ASEAN yang lolos ke Piala Asia 2023 yaitu Thailand serta Malaysia.

Negeri Jiran masuk ke dalam Grup E dan akan menghadapi Korea Selatan, Yordania dan Bahrain. Sedangkan Thailand masuk Grup F bersama Arab Saudi, Krygistan dan Oman.

Untuk melihat daftar lengkap stadion yang digunakan untuk Piala Asia 2023 Qatar, kalian bisa klik slide kedua berita ini.

Baca Juga

1. 1. Al Bayt Stadium

Profil Stadion Al-Bayt Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@imperialcentraltourism)

Al Bayt Stadium terletak di Kota Al Khor, Qatar. Stadion ini memiliki kapasitas 68.895 penonton dan menjadi yang terbesar kedua setelah Stadion Lusail.

Nantinya Al Bayt Stadium akan digunakan sebagai venue pembukaan Piala Asia 2023. Stadion ini juga menjadi kandang Timnas Qatar saat bersua Lebanon di laga perdana Grup A.

2. Khalifa International Stadium

Stadion ini berdiri pada 1976 silam dan direnovasi lagi jelang Piala Dunia 2022 lalu, tepatnya pada 2017. Khalifa International Stadium memiliki kapsitas 45.857 penonton.

Saat Piala Dunia 2022 lalu, Khalifa International Stadium sukses dalam menggelar delapan laga meliputi 16 besar hingga perebutan peringkat ketiga.

3. Education City Stadium

Education City Stadium berada di Kota Pendidikan Yayasan Qatar di Al Rayyan. Stadion ini terkenal sebagai yang paling ramah lingkungan di dunia.

Baca Juga

Sama seperti Khalifa International Stadium, Education City Stadium juga sukses menggelar delapan laga Piala Dunia 2022 lalu. Stadion ini memiliki kapasitas 44.667 penonton.

4. Al Thumama Stadium

Al Thumama Stadium cukup unik karena bentuknya dari atas menyerupai  'gahfiya' - topi kepala tradisional yang dikenakan oleh pria dan anak laki-laki di Arab.

Stadion Al Thumama berada di Doha, Qatar dan memiliki kapasitas 44.400 penonton. Stadion ini juga menjadi venue delapan pertandingan Piala Dunia 2022 lalu.

Baca Juga

5. Al Janoub Stadium

Arsitektur stadion terinspirasi oleh layar perahu Dhow tradisional, yang digunakan oleh penyelam mutiara dari wilayah Al Wakrah. Stadion ini berkapasitas 44.325 tempat duduk.

Bila memasuki Al Janoub Stadium, para penonton akan diberikan perasaan berada di atas kapal. Pasalnya, balok melengkung penahan atap, menyerupai lambung kapal.

Baca Juga

2. 6. Jassim bin Hamad Stadium

Stadion Internasional Khalifa, Qatar, untuk Piala Dunia 2022.

Jassim bin Hamad Stadium menjadi satu dari dua tempat yang tidak digunakan sebagai venue laga Piala Dunia 2022 lalu.

Meski begitu, stadion berkapasitas 15.000 penonton ini sempat digunakan oleh Timnas Prancis sebagai tempat latihan selama ajang Piala Dunia 2022 berlangsung.

7. Ahmad bin Ali Stadium

Ahmad bin Ali Stadium akan digunakan oleh Timnas Indonesia untuk memainkan pertandingan perdana Grup D melawan Irak pada 15 Januari 2024 mendatang.

Ahmad bin Ali Stadium
merupakan markas klub raksasa Qatar bernama Al-Rayyan SC. Stadion ini memiliki kapasitas 45.032 penonton.

8. Abdullah bin Khalifa Stadium

Terakhir ada Abdullah bin Khalifa Stadium yang bakal digunakan oleh Timnas Indonesia untuk melawan Vietnam di laga kedua Grup D.

Stadion Abdullah bin Khalifa hanya memiliki kapasitas 9.000 penonton saja. Meski begitu, rumput stadion ini cukup bagus dan sudah berstandar Internasional.

JepangVietnamIrakTimnas IndonesiaPiala Asia 2023

Berita Terkini