x

Gerak Cepat, Arsenal Capai Kesepakatan dengan Chelsea Soal Kai Havertz

Senin, 19 Juni 2023 13:43 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
Pemain Chelsea, Kai Havertz, selangkah lagi gabung Arsenal.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, dikabarkan sudah sangat dekat untuk merekrut pemain terbuang Chelsea, Kai Havertz, di bursa transfer 2023.

Kai Havertz telah memperkuat Chelsea sejak 2020, setelah ia meninggalkan Bayer Leverkusen. Ia pun ikut andil dalam perolehan beberapa trofi The Blues seperti Liga Champions 2020/21, UEFA Super Cup 2021, dan Piala Dunia Klub 2021.

Namun sayangnya, beberapa waktu terakhir ia mulai tersisih dari skuat utama Chelsea. Sehingga, Havertz pun diyakini bakal menerima pinangan dari klub lain di bursa transfer.

Selama ini, ada dua klub besar yang santer dikaitkan dengan Havertz. Mereka adalah Bayern Munchen dan Arsenal. Namun ternyata, Munchen sendiri diyakini mundur.

Sebab, raksasa Bundesliga Jerman itu sama sekali belum melakukan upaya untuk mendekati Havertz. Sehingga, kandidat terkuat saat ini hanyalah Arsenal.

Baca Juga

Melansir dari Tribal Football, sang gelandang sudah bersedia untuk merumput di Emirates. Bahkan, Arsenal sendiri dikabarkan siap untuk memenuhi permintaan Chelsea.

Sebelumnya, The Blues mematok Havertz dengan harga yang cukup tinggi, yakni 75 juta poundsterling atau sekitar Rp1,4 triliun.

Baca Juga

Kini, The Gunners dikabarkan siap untuk menemui pihak Chelsea dan menyatakan kesediaan mereka untuk membayar dengan nominal sesuai tuntutan The Blues.

Lebih lanjut, pertemuan antara dua klub London itu dijadwalkan minggu depan. Namun, detail waktunya belum diketahui saat ini.

Arsenal dikabarkan sudah mencapai kesepakatan gaji dengan sang pemain, yakni 200 ribu poundsterling per minggu.

Baca Juga

1. Kai Havertz, Monster Lini Depan dengan 1 Kelemahan Fatal

Kai Havertz bisa sangat tepat dimainkan oleh Mikel Arteta bersama Arsenal.

Kai Havertz sebenarnya sangat mengerikan jika pihak Chelsea atau Arsenal (jika mendapatkannya) bisa menempatkannya dalam posisi yang tepat.

Berdasarkan WhoScored, Havertz memiliki empat kelebihan yang bisa membuatnya mematikan. Empat kelebihan itu adalah duel udara, umpan, penguasaan bola (tidak gampang direbut), dan kontribusi untuk pertahanan.

Selain itu, ia memiliki kaki kanan dan kaki kiri yang sama lihainya. Hal ini membuatnya menjadi pemain yang fleksibel, artinya bisa ditempatkan di sisi kiri, tengah, atau kanan lapangan.

Permasalahannya adalah, Havertz memiliki kelemahan fatal, yakni dalam hal offside. Rasio offsidenya tidak terlalu sering, tapi tetap saja ini bisa mengganggu pola serangan tim.

Kai Havertz menyukai umpan-umpan pendek. Ia juga tak segan-segan untuk melakukan tackle pada lawan. Namun, hobinya ini membuatnya sering mendapat peringatan wasit.

Baca Juga

Masih dari WhoScored, posisi terbaik bagi Havertz adalah sebagai striker tengah. Dia akan sangat tepat untuk dimainkan dalam formasi 4-2-3-1, 4-5-1, atau 4-3-3 dimana ia berada di tengah.

Ia sebenarnya juga mampu untuk ditempatkan sebagai striker sayap dan gelandang serang, tapi ratingnya tidak setinggi ketika ia menjadi striker tengah.

Baca Juga

Beruntung, pelatih The Gunners yang bernama Mikel Arteta selama ini memang menyukai skema 4-2-3-1 sebagai andalannya.

Dengan formasi tersebut, Arteta bisa menempatkannya di empat posisi depan, meskipun lebih baik tetap menjadi striker jika sang pelatih ingin memaksimalkan kemampuan Havertz.

Dengan semua kemampuan yang ia miliki, tidak heran bila Kai Havertz pernah disamakan dengan Thomas Muller dan Mesut Ozil.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaArsenalKai Havertz

Berita Terkini