x

Indonesia Korban PHP Paling Kejam, Tengok Rekor Kunjungan 'Bodong' Lionel Messi ke ASEAN

Senin, 19 Juni 2023 14:24 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Meskipun tanpa Lionel Messi yang harusnya jadi magnet animo utama, laga uji coba timnas Indonesia vs Argentina tetap digelar pada Senin (19/06/23) malam WIB. REUTERS-Kai Pfaffenbach

INDOSPORT.COM - Meskipun tanpa Lionel Messi yang harusnya jadi magnet animo utama, laga uji coba timnas Indonesia vs Argentina tetap digelar pada Senin (19/06/23) malam WIB.

Tidak hanya sang kapten saja yang akan absen, La Albiceleste pun mengizinkan sejumlah pemain senior lainnya seperti Nicolas Otamendi dan Angel Di maria untuk memulai liburan musim panas mereka lebih cepat.

Menurut pelatih Argentina, Lionel Scaloni, Messi diberi keleluasaan untuk mundur lebih dulu dari pemusatan skuad agar bisa beristirahat.

Lagipula penyerang 35 tahun itu juga butuh waktu untuk mengurus kepindahannya dari Paris Saint-Germain ke Inter Miami.

Scaloni memastikan jika Argentina sama sekali tidak punya niatan untuk meremehkan timnas Indonesia.

Baca Juga

Ketiadaan Lionel Messi justru bisa memberinya kesempatan untuk menjajal hal-hal baru yang tentunya terdengar menjanjikan.

"Pergantian pemain Argentina di laga ini bukan karena Indonesia lemah, tetapi saya ingin mencoba sesuatu yang baru dan bereksperimen," ujar Lionel Scaloni dalam konferensi pers.

Baca Juga

"Messi, Di Maria, dan lainnya perlu beristirahat. Siapapun yang akan turun nantinya silahkan dinikmati saja," tambah juru taktik muda berusia 45 tahun itu.

Absennya Messi di partai timnas Indonesia vs Argentina nanti rupanya memperpanjang daftar harapan palsu yang ia berikan tiap kali tim yang ia bela berkunjung ke Asia Tenggara atau ASEAN.

Dalam satu dekade terakhir, La Pulga dan kesebelasannya punya kesempatan untuk terbang ke Asia Tenggara namun tidak semuanya bisa ia hadiri dan berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 1. Thailand (Agustus 2013)

Lionel Messi dan Neymar

Saat masih membela Barcelona, Lionel Messi sempat mengikuti tur pramusim ke Asia Tenggara dengan Thailand jadi salah satu destinasi raksasa Spanyol tersebut.

Dijadwalkan melakukan partai ekshibisi melawan timnas Thailand, Barcelona yang kala itu baru dipegang Gerardo 'Tata' Martino menurunkan skuad penuh bintangnya.

Dani Alves, Gerard Pique, Cesc Fabregas, Pedro Rodriguez, hingga Neymar yang baru didatangkan dari Santos membersamai Messi menjadi starter dalam laga yang dihelat di Rajamangala Stadium.

Meski hanya bermain selama satu babak, Messi tetap bersinar dengan sumbangan dua gol plus satu assist. Barcelona pun menang telak dengan skor 1-7 atas Thailand.

Sejumlah pemain The War Elephants saat itu masih ada yang aktif bermain hingga detik ini dan tetap menjadi pilar skuad kebangsaan mereka yakni Teerasil Dangda dan Theerathon Bunmathan.

Baca Juga

2. Malaysia (Agustus 2013)

Masih dalam rangakaian tur pramusim yang sama, Barcelona dan Messi setelah dari Thailand langsung bertolak ke Malaysia.

Fans yang sudah menantikannya di Kuala Lumpur jelas merasa antusias karena akan menyaksikan idola mereka beraksi secara langsung namun mereka justru harus kecewa.

Baca Juga

Meski ikut dalam rombongan dan bahkan dudu di bangku cadangan, Messi tidak dimainkan oleh Martino dalam persahabatan melawan Malaysia XI.

Sebagai gantinya Barcelona memainkan Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Alexis Sanchez, dan Sergio Busquets sejak menit pertama.

Mengingat Malaysia adalah tujuan pamungkas Barcelona di pramusim 2013, cukup diwajarkan kenapa Messi tidak bermain. Sebelumnya ia sudah melakoni perjalanan jauh sembari tampil di lima laga.

Baca Juga

2. 3. Singapura (Juni 2017)

Lionel Messi bersama Argentina di 2017

Dalam rangka persiapan jelang kualifikasi Piala Dunia 2018 bersama manajer baru, Jorge Sampaoli, Argentina menyusun sejumlah laga uji coba dengan Singapura ikut terpilih sebagai lawan.

Partai tersebut berlangsung di Singapore National Stadium dan Lionel Messi ikut dalam skuad Tim Tango sampai ke hotel tempat mereka menginap.

Sayagnya Singapura justru hanya dijadikan tempat transit sejenak bagi Messi yang setelahnya justru terbang ke Barcelona demi mengurus perpanjangan kontrak.

Di hari-H pertandingan Singapura vs Argentina, batang hidung pria yang kini mengoleksi tujuh Ballon d'Or tersebut sudah tidak tampak dan bahkan tidak masuk dalam daftar pemain.

Meski demikian Argentina masih bisa dominan. Kemenangan besar 0-6 diraih tim tamu berkat gol yang masing-masing disumbang oleh Federico Fazio, Joaquin Correa, Papu Gomez, Leandro Paredes, Lucas Alario, dan Angel Di Maria.

4. Indonesia (Juli 2023)

Usaha PSSI untuk mewujudkan uji coba timnas Indonesia vs Argentina pada malam ini tidaklah kecil.

Selain lobi sulit, federasi juga diperkirakan menghabiskan 74 miliar Rupiah agar bisa membawa negara juara Piala Dunia 2022 itu menjejakkan kaki ke tanah air.

Dengan persiapan sedemikian besar pastinya diharapkan Argentina bisa bermain dengan full team terutama setelah antusiasme peminat sepakbola di Indonesia juga telah membludak dengan bukti habisnya tiket stadion dalam waktu singkat.

Sayangnya seperti yang sudah sama-sama diketahui, Lionel Messi yang harusnya jadi atraksi utama justru berhalangan untuk tampil.

Bahkan untuk ikut terbang ke Indonesia saja tidak seperti saat singgah di Singapura pada enam tahun lalu.

ArgentinaBarcelonaLionel MessiTimnas IndonesiaIndepth

Berita Terkini