x

Profil Kenan Yildiz, Remaja 18 Tahun Juventus yang Bakal Dapat Tiket Promosi Allegri

Senin, 19 Juni 2023 13:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain muda Juventus, Kenan Yildiz. Foto: Instagram@kenanyildiz_official.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Juventus, kemungkinan akan mengorbitkan pemain muda baru ke tim utama mereka, Kenan Yildiz.

Pemain yang satu ini masih berusia 18 tahun dan terus menunjukkan perkembangan signifikan di tim level usia Juventus.

Musim lalu, ia sudah dipromosikan dari U-19 ke skuad Next Gen yang bertindak sebagai reserve team Juventus di Serie C Liga Italia.

Kini berdasarkan laporan dari Il Bianconero, Kenan Yildiz bisa masuk rencana Massimiliano Allegri untuk tim utama yang ia besut musim depan.

Peluang itu pun bakal terbuka makin lebar apabila sang pemain menunjukkan rapor gemilang di laga pramusim 2023/2024.

Baca Juga

Masih dalam laporan yang sama, disebutkan pula bahwa Massimiliano Allegri dan segenap tim pelatih sudah memantau perkembangan Kenan Yildiz dari hari ke hari.

Kenan Yildiz sendiri merupakan pemain yang bergabung dengan Juventus Next Gen (U-23) pada Juli 2022.

Baca Juga

Bahkan saat didatangkan Juventus, ia sampai membuat dua klub raksasa Eropa, Bayern Munchen dan Barcelona, gigit jari.

Pasalnya, Bayern Munchen diketahui sebagai klub yang turut mengasah bakat muda Kenan Yildiz sejak usianya tujuh tahun.

Mereka mendatangkannya dari sebuah akademi sepak bola di Jerman, Jahn Regensburg, pada 2012. Kenan Yildiz menimba ilmu bersama Bayern Munchen selama satu dekade.

Baca Juga

1. Pernah Bikin Bayern Munchen dan Barcelona Gigit Jari

Pemain muda Juventus, Kenan Yildiz. Foto: Instagram@kenanyildiz_official.

Kenan Yildiz pun menunjukkan perkembangan yang menjanjikan selama berada di Bayern Munchen. Ia bahkan menjadi salah satu andalan di tim muda mereka.

Bahkan sebelum angkat kaki dari klub raksasa Bundesliga Jerman tersebut, ia sempat mencatatkan 6 gol dan 8 assist dari 20 penampilan untuk tim U-19.

Hanya saja, Bayern Munchen kemudian harus gigit jari karena harus kehilangan salah satu pemain yang sudah mereka didik sejak lama.

Kontraknya berakhir pada bulan Juli 2022 dan Bayern Munchen tidak berhasil mencapai kesepakatan untuk mempertahankannya lebih lama lagi.

Alhasil, mereka harus kehilangan Kenan Yildiz secara cuma-cuma setelah sang pemain berstatus free agent.

Baca Juga

Padahal, selama di Bayern Munchen, Kenan Yildiz sempat menjadi anggota trio gelandang potensial kelahiran 2005 yang siap mengguncang Eropa. Ia, Paul Wanner, dan Arijon Ibrahimovic.

Namun Kenan Yildiz dengan berani malah mengambil jalan lain untuk kariernya. Alih-alih bertahan di klub yang sudah membesarkannya, ia memilih pergi.

Baca Juga

Kepergiannya pun mengundang kesedihan dan kekecewaan di kubu Bayern Munchen, termasuk dari manajer akademi, Jochen Saier. Ia harus ikhlas melepas murid yang sudah belajar 10 tahun lamanya.

Akan tetapi, Bayern Munchen bukan satu-satunya klub papan atas Eropa yang harus gigit jari, karena Barcelona pun ternyata demikian.

Raksasa sepak bola Spanyol itu harus menelan pil pahit karena gagal mendaratkan Kenan Yildiz gara-gara ditikung Juventus. 

Baca Juga
 

2. Seperti Apa Sosok Kenan Yildiz?

Pemain muda Juventus, Kenan Yildiz. Foto: Instagram@kenanyildiz_official.

Kini, Kenan Yildiz sudah menjadi milik Juventus dan tengah menjalani kariernya di skuad Next Gen sebagai batu loncatan menuju tim utama.

Sejauh ini di Serie C Liga Italia, ia sudah tampil sebanyak tujuh kali untuk Juventus Next Gen setelah debut pada bulan Desember lalu.

Menurut deskripsi totalfootballanalysis.com, posisi terbaik Kenan Yildiz adalah false 9 atau nomor 10. Akan tetapi, ia juga bisa bermain di kedua sisi sayap.

Lalu, peran terbaiknya dalam menyerang adalah playmaker tingkat lanjut yang biasanya mencatatkan tingkat operan yang tinggi ke sepertiga lapangan akhir.

Pemain dengan peran ini cenderung tidak melakukan banyak tindakan defensif supaya mereka bisa tampil lebih kreatif dalam hal penguasaan bola.

Sepak Terjang di Timnas

Dalam perjalanan kariernya, Kenan Yildiz juga sempat dibanding-bandingkan dengan Mesut Ozil gara-gara posisi playmaker nomor 10 dan sama-sama keturunan Turki.

Kenan Yildiz merupakan pemain kelahiran Regensburg, Jerman, tapi memiliki darah keturunan Turki dari sang ayah.

Ia pun memilih membela Turki di level timnas dan bergabung dengan tim U-17 mereka pada 2021, dan berlanjut ke U-21 pada 2022.  

Sejauh ini, setelah dipromosikan ke Timnas Turki U-21, Kenan Yildiz baru mencatat satu penampilan usai debut di laga kontra Georgia U-21 pada September 2022.

Kini, dengan sepak terjang yang menjanjikan dan penuh potensi, publik pun tinggal memanti pemain yang satu ini menginjakkan kaki di tim utama Juventus dan tim senior Turki dalam waktu dekat.

BarcelonaBayern MunchenJuventusMassimiliano AllegriLiga ItaliaOne FootballIndepth

Berita Terkini