x

Tandang ke Bali United, Arema FC Menangi Uji Coba Pramusim Lewat Penalti

Senin, 19 Juni 2023 13:13 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Gufroni Al Maruf latihan bersama Arema FC. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC akhirnya melanjutkan agenda uji coba pramusim kompetisi, dalam persiapan tahap akhir menuju kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

Tim berjulukan Singo Edan sempat pusing dengan batalnya sejumlah agenda uji coba pramusim sebelumnya, yakni menghadapi Persija Jakarta dan PSM Makassar.

Namun, Arema FC mendapatkan agenda penggantinya meski harus bertandang ke markas Bali United, di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (18/6/23).

Dedik Setiawan dkk lantas memenangi uji coba pramusim kontra Bali United melalui skema adu penalti, setelah kedua tim bermain sama kuat 0-0 sepanjang 90 menit.

Kendati melalui adu penalti, namun kemenangan atas Bali United dinilai cukup bermanfaat. Setidaknya, mental bertanding pemain semakin kuat.

Baca Juga

Dan bagi Arema FC, hasil ini melanjutkan tren positif selama agenda uji coba pramusim. Sebelumnya, mereka juga mengalahkan Persikabo 3-1 di Bogor Jumat (9/6/23) lalu.

Dua hasil pramusim memang terbilang positif bagi Arema FC. Namun bagi I Putu Gede, tetap ada evaluasi besar terhadap kesiapan anak asuhnya jelang kompetisi.

Baca Juga

"Tentu masih banyak (evaluasi). Terutama untuk pemain-pemain yang tampil dan sudah membuktikan kualitasnya, itu hal positif," ucap Pelatih Arema FC tersebut.

Dia lantas memberikan gambaran secara umum perihal bagaimana evaluasi, perihal permainan tim selama 90 menit menghadapi Bali United.

"Permainan masih jauh (dari bentuk terbaik), masih ada kesalahan intersep. Tapi justru itu yang kami cari, perbaiki ritme permainan," ulas Putu.

Baca Juga

1. Format Unik

Para pemain Arema FC saat latiha. (Foto: MO Arema FC)

Di sisi lain, uji coba pramusim antara Bali United kontra Arema FC juga berlangsung dengan format yang unik. Ada babak khusus untuk adu penalti.

I Putu Gede menjelaskan, bahwa format ini memang sudah disepakati sejak awal. Bahwa jika laga berujung imbang, harus dilanjutkan adu penalti.

"Sejak awal keberangkatan kami ke sana, mereka (Bali United) yang memang minta ada adu penalti," tutur Pelatih Arema FC tersebut.

Kedua tim yang tengah sama-sama mencari bentuk permainan terbaik, memang belum tampil maksimal selama 90 menit.

Banyaknya pergantian pemain juga berpengaruh terhadap nihilnya peluang yang jadi gol, sehingga skor uji coba pramusim di Stadion Dipta berakhir imbang 0-0.

Baca Juga

Beruntungnya, Tim Singo Edan menjadi pemenang dalam laga itu. Arema FC dinyatakan menang dengan skor 5-4 melalui babak adu penalti.

"Jadi pertandingan uji cobanya disepakati harus ada yang menang dan kalah. Kalau imbang, lanjut adu penalti," sambung dia.

Baca Juga

Terlepas dari itu, Putu tampaknya menangkap dengan baik perihal apa maksud Bali United yang meminta adanya babak adu penalti jika skor laga berujung imbang.

"Mereka kan sedang persiapan untuk (kualifikasi Liga) Champions Asia. Pertandingan mereka juga akan ditentukan adu penalti," beber Putu.

Pada fase itu, Bali United akan memainkan sistem laga satu leg melawan wakil Hong Kong, Lee Man. Jika menang, mereka akan bertemu tim raksasa J-League, Urawa Reds Diamonds.

Baca Juga
Bali UnitedLiga IndonesiaArema FCLiga 1

Berita Terkini