x

Profil Folarin Balogun, Monster Gol Amerika Calon Striker Baru AC Milan

Selasa, 20 Juni 2023 23:06 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Folarin Balogun (jersey merah) dikawal Sergio Ramos (kanan) dan Fabian Ruiz di laga PSG vs Stade de Reims (30/01/23). (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

INDOSPORT.COM – Profil serta statistik Folarin Balogun, sang monster gol asal Amerika Serikat yang bakal jadi striker baru AC Milan di Liga Italia musim depan.

AC Milan yang memang sedang krisis penyerang, tampaknya sudah menemukan sosok sempurna untuk mengawal lini serang mereka.

Melansir Sempre Milan, dikabarkan bahwa AC Milan tertarik dengan Folarin Balogun usai penampilan impresifnya bersama Timnas Amerika.

Bersama skuat The Yanks, pemain berusia 21 tahun tersebut sukses membantu negaranya menjuarai CONCACAF Nations League musim 2022/23.

Bahkan pada partai final, Folarin Balogun mampu mencetak satu gol dan membuat Amerika Serikat menang 2-0 atas Kanada.

Baca Juga

Untuk mendapatkan tanda tangan Folarin Balogun, kabarnya AC Milan siap menjual dua pemain mereka demi dapatkan tambahan dana.

Arsenal sebagai klub pemilik Folarin Balogun, tetap bersikeras dengan keputusan mereka untuk membanderol sang pemain dengan harga 40 juta euro.

Baca Juga

Dengan tingginya klausul rilis tersebut, AC Milan disebut siap menjual Divock Origi dan Ante Rebic. Hasil penjualan dari dua pemain itu bakal digunakan untuk melanjutkan proses transfer Folarin Balogun.

Rencana AC Milan untuk menjual Divock Origi dan Ante Rebic diprediksi bakal mulus, lantaran kedua pemain tersebut sempat jadi incaran klub Inggris, yakni Aston Villa dan West Ham.

Meski belum resmi diperkenalkan sebagai rekrutan anyar AC Milan, namun kehadiran Folarin Balogun nanti diprediksi bakal membuat lini serang Rossoneri kian menakutkan.

Pasalnya, Folarin Balogun punya rekam jejak mentereng sepanjang kariernya. Untuk lebih lengkap, berikut INDOSPORT rangkum profil serta statistik Folarin Balogun yang bakal direkrut AC Milan:

Baca Juga

1. Profil Folarin Balogun

Folarin Balogun saat melakukan selebrasi untuk Arsenal.

Folarin Jerry Balogun adalah pesepak bola yang lahir pada tanggal 3 Juli 2001 silam di Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Saat ini, Folarin Balogun adalah pemain Arsenal yang telah dikontrak sejak tahun 2020 lalu. Akan tetapi, sepanjang musim 22/23, dirinya menjalani masa peminjaman bersama klub Liga Prancis, Reims.

Sebelum mentas di level senior, Folarin Balogun lebih main buat tim akademi Arsenal selama tahun 2008 hingga 2020.

Setelah penampilan yang impresif di tim junior, akhirnya pada Februari 2019 silam Folarin Balogun berhasil mendapat kontrak profesional dari skuat Meriam London.

Sempat kesulitan menembus skuat utama, Folarin Balogun mampu torehkan debut di tim senior pada 29 Oktober 2020 saat Arsenal tampil di ajang Europa League.

Baca Juga

Meski mampu tampil memukau, namun Folarin Balogun sangat jarang mendapat kesempatan tampil di tim senior Arsenal dan hanya menorehkan 10 pertandingan serta dua gol selama dua musim setengah.

Karena kesulitan mendapat menit bermain, pada 12 Januari 2022 akhirnya Arsenal melepas Folarin Balogun dengan status pinjaman ke klub EFL Championship, Middlesbrough hingga musim 2021/22 berakhir.

Baca Juga

Selama tampil di ajang Championship, Folarin Balogun berhasil mendapat banyak menit bermain, akan tetapi produktivitas golnya tidak terlalu apik yakni hanya dua gol dari total 20 laga.

Meski begitu, Folarin Balogun tetap mampu menarik perhatian sejumlah klub dan Reims jadi tim kasta teratas Eropa pertama yang jadi pelabuhan kariernya selain Arsenal.

Menjalani masa peminjaman, secara ajaib performa Folarin Balogun langsung menukik tajam bersama Reims dan mampu mencetak 22 gol dari total 39 pertandingan sepanjang musim 2022/23.

Baca Juga

2. Potensi Folarin Balogun

Folarin Balogun (jersey merah) dikawal Sergio Ramos (kanan) dan Fabian Ruiz di laga PSG vs Stade de Reims (30/01/23). (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

Folarin Balogun merupakan pemain muda potensial yang bersinar di Liga Prancis. Di musim lalu, dirinya sempat bersaing ketat dengan Kylian Mbappe untuk memperebutkan sepatu emas di Ligue 1.

Setelah menjalani masa sulitnya bersama Arsenal beberapa tahun terakhir, eks pemain Inggris U-21 tersebut seperti mendapatkan magisnya di Liga Prancis.

Pergerakannya yang dinamis dan kecepatan berlarinya yang di atas rata-rata membuat penyerang muda ini menjadi mimpi buruk bagi lawannya di sepertiga akhir lapangan.

Selain itu, kemampuan menekannya yang bagus juga kerap mengacaukan fase pembangunan serangan lawan.

Kemampuan sentuhan bola Folarin Balogun juga berada di atas rata-rata. Namun di tengah performanya yang fantastis, Balogun tentu saja mempunyai beberapa kekurangan.

Gerakannya dapat dikatakan masih kurang dinamis jika harus dimainkan bersama pemain lain di sekitarnya.

Balogun mengambil 3,5 tembakan per 90 menit di liga, sekaligus menempatkannya di peringkat tinggi di antara rekan-rekannya.

Tetapi angka-angka tersebut masih belum efektif karena seringkali penyerang muda ini melepaskan tendangan yang buruk.

AC MilanLiga ItaliaFolarin Balogun

Berita Terkini