x

Proses Kedatangan Francisco Rivera ke Madura United, Sempat 'Buta' Indonesia

Selasa, 20 Juni 2023 10:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Playmaker Madura United asal Meksiko, Francisco Rivera.

INDOSPORT.COM - Francisco Rivera cukup antusias menyambut perjalanan barunya di sepak bola Indonesia, setelah menjadi bagian dari Madura United pada kompetisi musim ini.

Pemain berkebangsaan Meksiko ini merupakan salah satu dari enam pemain asing yang diproyeksikan membela Madura United di musim 2023-2024.

Rivera lantas menceritakan bagaimana proses yang dijalani hingga sampai diperkenalkan sebagai bagian dari skuat Madura United, 8 Juni lalu.

"Jujur, sebenarnya saya tak tahu banyak tentang kompetisi di Indonesia," ucap Francisco Rivera kepada awak INDOSPORT di Stadion Brawijaya, Sabtu (17/6/23).

Kendati demikian, dia sebenarnya punya sedikit referensi perihal sepak bola Indonesia sebelum datangnya pinangan dari Madura United. Rivera berhubungan cukup intens dengan pelatih Persis Solo, Leonardo Medina.

Baca Juga

Hal lumrah karena Medina diketahui lahir di Meksiko. Terlebih, pelatih yang juga berpaspor Uruguay itu pernah berada di akademi Club America, tempat Rivera mengasah skill bermain sepak bola.

Leonardo Medina menjabat sebagai direktur akademi di C.F America periode 2013-2016, ketika Rivera baru promosi ke tim senior dan memenangi Liga Champions Concacaf.

Baca Juga

"Ketika tahu Coach Leonardo Medina ke Indonesia, saya follow dia. Saya dapat gambaran bagaimana sepak bola Indonesia," beber Francisco Rivera.

"Saya pikir, hal yang cukup bagus untuk menjajal pengalaman baru. Saya juga sudah pernah menempuh perjalanan jauh (dari Meksiko) ke Kosovo," tambah dia.

Baca Juga

1. Jadi Perbincangan

Pemain baru Madura United, Francisco Rivera.

Aktivitas Francisco Rivera dan Leonardo Medina yang kedapatan saling follow di Instagram lantas menyeret namanya di bursa transfer Liga 1 Indonesia.

Ya, Francisco Rivera sebelumnya menjadi perbincangan hangat di publik sepak bola Kota Solo, setelah namanya dikaitkan dengan Persis Solo.

Jejak karier sama-sama berasal dari Meksiko, menjadi landasan kaitan mereka. Apalagi, keduanya juga pernah menjadi bagian klub Liga Meksiko, Club America.

Namun, Rivera memastikan hubungannya dengan tim berjulukan Laskar Sambernyawa hanya sebatas rumor. Tidak pernah ada komunikasi yang serius.

Baca Juga

"Saya sempat kaget dengan berita transfer itu. Karena memang tidak pernah ada komunikasi saya dengan klub itu," ungkap Francisco Rivera.

"Mungkin, hanya karena saya saling follow dengan Coach Leonardo Medina di Instagram saja. Tapi saya pastikan, itu hanya rumor," sambungnya.

Kendati demikian, publik sepak bola Indonesia jadi mengenal sosok Francisco Rivera. Mungkin situasi inilah yang dimaksimalkan oleh Madura United.

Baca Juga

Komunikasi mulai terbangun dan menuju ke tahap serius. Surat penawaran yang lebih kongkret, lantas membuat Rivera memantapkan pilihan berlabuh ke Madura United.

Debutnya terjadi dalam uji coba pramusim melawan Persik Kediri, Sabtu (17/6/23). Tampil di babak kedua, Rivera menyumbang satu assist dalam kemenangan 1-0.

"Sekarang, saya tinggal menatap fokus untuk memberikan kemampuan terbaik kepada Madura United. Itu target saya," tandas kampiun Piala Kosovo 2022 tersebut.

Bursa TransferMeksikoMadura United FCLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Liga 1One FootballLeonardo Medina ArellanoFrancisco Rivera

Berita Terkini