x

Argentina Kalahkan Timnas Indonesia di GBK, Mihail dan Teco Punya Pandangan Positif

Rabu, 21 Juni 2023 15:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Argentina dalam laga FIFA matchday di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23).

INDOSPORT.COM - Marian Mihail dan Stefano Cugurra Teco kompak mengapresiasi permainan Timnas Indonesia meski dikalahkan Argentina 0-2 di Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23). Pengalaman ini bakal berguna untuk masa depan Asnawi Bahar dkk.

Kehadiran Argentina merupakan sebuah kejutan besar. Indonesia menjadi salah satu negara yang dipilih untuk FIFA Match Day usai menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar.

Meski bermain tanpa Lionel Messi, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi, Argentina tetap menunjukkan kelasnya. Argentina memberi pesan tentang level mereka di sepak bola dunia.

Argentina tetap bisa menaklukkan sistem bertahan Indonesia yang super ketat. Dua gol Argentina dicetak lewat sepakan berkelas Leandro Paredes dan sundulan Cristian Romero.

Meski kalah, performa Timnas Indonesia mendapat apresiasi. Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail, memberikan kredit tersendiri tentang cara yang digunakan pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Sebuah pertandingan yang bagus untuk tim nasional Indonesia yang diperkuat banyak pemain muda. Sistem pertahanan Indonesia sangat bagus. Hal ini terjadi berkat cara berpikir yang bagus oleh pelatih Shin Tae-yong," kata Marian Mihail.

Mihail menilai permainan Indonesia cukup memikat karena memiliki peluang untuk membobol gawang Indonesia. Sayangnya, peluang Rafael Struick dan Elkan Baggott bisa digagalkan Emiliano Martinez.

Baca Juga

"Mereka juga bisa mendapatkan peluang mencetak gol ke gawang Argentina. Ini kesempatan yang bagus untuk masa depan tim nasional Indonesia," tutur Mihail.

Dalam karirnya, Mihail juga pernah bertemu tim nasional Argentina, tepatnya tahun 2014 lalu. Ia selaku direktur teknik Timnas Rumania sukses mendatangkan Argentina ke Bucharest pada 2014 lalu.

"Kami menjalani uji coba melawan Argentina di tahun 2014. Pertandingan itu dimainkan di stadion baru di Bucharest. Saya ingat pertandingan itu berakhir imbang 0-0," kenang Mihail.

Baca Juga

1. Berharap Brasil Merapat

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Argentina dalam laga FIFA matchday di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23).

Apresiasi turut diberikan pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Pelatih berlisensi CBF Pro ini menikmati laga Indonesia melawan Argentina dari layar kaca.

"Saya nonton dari televisi. Pertandingan yang bagus dan suasana stadion yang bagus. Dua tim kerja keras," tutur Teco.

Sebagai sosok yang telah lama berada di Indonesia, Teco senang ketika Indonesia bisa mendatangkan tim berstatus juara Piala Dunia 2022. Laga ini bukan sekadar skor akhir, namun bisa menambah pengalaman para pemain.

"Pastinya para suporter, pemain, pelatih dan ofisial bisa menikmati pertandingan ini," jelas Teco.

Ketua umum PSSI, Erick Thohir, menjanjikan negara besar akan datang setiap tahun. Hal itu dilakukan sebagai tes mental bagi para pemain Indonesia.

Baca Juga

Belum diketahui negara mana yang akan didatangkan tahun depan. Terkait negara ini, Teco memiliki harapan tersendiri.

"Tahun depan, mudah-mudahan bisa bawa tim nasional Brasil ke Indonesia," harap Teco.

Baca Juga

Saat Indonesia melawan Argentina di GBK, ada banyak sosok-sosok dari Liga 1 yang datang. Salah satunya adalah gelandang Persis Solo, Alexis Messidoro.

Messidoro datang bersama putranya yang mengenakan seragam Emi Martinez. Usai pertandingan, Martinez memberikan celana match worn kepada putra Messidoro.

Tentu kesempatan ini juga dinantikan Teco andai Brasil datang ke Indonesia. Bahkan, nama putra pertamanya, Romario, diambil dari salah satu legenda sepak bola Brasil, Romario de souza Faria.

Baca Juga
ArgentinaTimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLionel ScaloniShin Tae-yongAlejandro Garnacho FerreyraLeandro Paredes

Berita Terkini