x

Liga 1: Luis Milla Hanya Butuh 23 Pemain, Manajemen Persib Berikan Tanggapan

Rabu, 21 Juni 2023 15:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Manajemen Persib Bandung, memberikan tanggapan terkait rencana Luis Milla yang menginginkan timnya dihuni 22 sampai 23 pemain untuk mengarungi kompetisi Liga 1.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persib Bandung, memberikan tanggapan terkait rencana Luis Milla yang menginginkan timnya dihuni 22 sampai 23 pemain untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Sebagai informasi, pelatih Persib, Luis Milla, sebelumnya mengatakan rencananya saat kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, dirinya hanya membutuhkan sebanyak 22 sampai 23 pemain, serta ditambah tiga orang dari Akademi Persib.

Menurut Luis Milla, jumlah pemain tersebut dirasa ideal untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024. Pasalnya, dengan komposisi itu dia bisa lebih maksimal mempersiapkan pasukannya.

Komposisi pemain untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024 tersebut akan ditentukan oleh Luis Milla, setelah berakhirnya pemusatan latihan atau Training Center (TC) di Yogyakarta.

Melihat komposisi pemain yang dibutuhkan untuk mengarungi Liga 1 musim 2023-2024, maka ada beberapa pemain yang kemungkinan dilepas menjelang bergulirnya kompetisi.

Baca Juga

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan mayoritas pemain Persib saat ini dikontrak dengan durasi panjang. Namun, jika pelatih hanya membutuhkan 22 sampai 23 pemain, makan manajemen akan berusaha mengikutinya.

"Itu kan kalau kebanyakan kan kontrak jangka panjang, jadi kalau memang ada dari tim pelatih permintaan seperti itu ya kita akan mencoba mengikuti," kata Teddy Tjahjono.

Baca Juga

Teddy manambahkan, ada beberapa mekanisme yang bisa diambil manajemen untuk mengurangi jumlah pemain di dalam tim, meskipun mayoritas pilar Maung Bandung terikat kontrak dengan durasi yang cukup panjang.

Salah satu opsi untuk mengurangi jumlah pemain seperti yang dibutuhkan oleh Luis Milla, yakni peminjaman seperti yang sudah dilakukan belum lama ini kepada Henhen Herdiana.

"Mekanismenya bisa macam macam, bisa dipinjamkan mungkin. Belum ada (yang dipinjam lagi)," jelasnya.

Baca Juga

1. Hanya Bawa 22-23 Pemain

Starting eleven Persib saat uji coba dengan Dewa United.

Sementara itu, Luis Milla mengakui tidak mudah baginya untuk menentukan daftar pemain yang bakal disiapkan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Sehingga, sisa waktu persiapan yang tersisa sebelum kick off kompetisi Liga 1 2023-2024 terutama saat pemusatan latihan di Yogyakarta, menjadi kesempatan baginya untuk memantau anak asuhnya.

Sedangkan bagi pemain, sisa waktu yang ada harus dimaksimalkan untuk menunjukkan kualitasnya, karena pemain yang akan disiapkan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 hanya 22 sampai 23.

"Situasinya pemain harus bekerja dengan sangat bagus untuk tetap tinggal bersama kami," jelas mantan pemain Barcelona dan Real Madrid ini.

Rencana Luis Milla yang akan menyiapkan 22 sampai 23 pemain, akan membuat beberapa orang tersingkir dari skuat Maung Bandung, seperti dilepas maupun dipinjamkan.

Baca Juga

Menurut Luis Milla, dalam sepak bola keputusan untuk mendatangkan maupun melepas pemain merupakan hal biasa, apalagi setiap pelatih pasti ingin timnya tampil maksimal dalam kompetisi.

"Ini adalah hidup, ketika ada pemain baru tiba maka kami juga melepas pemain lainnya, ini adalah hidup," ucap Luis Milla.

Kehadiran pemain muda di tim menurut Luis Milla, cukup dibutuhkan, karena mereka menjadi tambahan energi bagi tim. seperti musim lalu, Persib memiliki Kakang dan Robi Darwis.

Baca Juga

Kedua pemain tersebut menurut Luis Milla, membawa suasana baru bagi tim. Pasalnya, dalam sesi latihan maupun pertandingan mereka bisa menunjukkan kerja keras dan motivasi yang tinggi.

"Saat ini tim ingin berbenah dan target kami memiliki energi baru dari pemain muda. Sebagai contohnya saya sangat senang terhadap Kakang dan Robi atas kerja dan perjuangannya. Ini adalah energi baru bagi tim," ujarnya.

Pada Liga 1 2022-2023, perpaduan pemain senior dan muda, membuat Persib menjadi salah satu tim kuat dan bisa bersaing di papan atas, tetapi menjelang berakhirnya kompetisi performa tim mulai menurun.

Hal itu menurut Luis Milla, menjadi pekerjaan rumah baginya, agar saat kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, penampilan tim kebanggaan Bobotoh bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Di laga terakhir musim lalu, tim seperti terlalu merasa nyaman dan saya tidak suka dengan cara itu. Saya ingin pemain menganggap setiap pertandingan adalah final dan menjalankan tugas dengan sebaik mungkin," ujar pelatih Persib Bandung, Luis Milla. 

Baca Juga
Persib BandungLuis MillaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini