x

Profil dan Agama Kei Sano: Pemain Asing Baru PSS Sleman yang Kariernya Penuh Perjuangan

Rabu, 21 Juni 2023 14:51 WIB
Editor: Juni Adi
Logo PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - PSS Sleman meresmikan salah satu pemain asing barunya untuk Liga 1 musim baru berasal dari Jepang, Kei Sano. Berikut profil singkatnya.

Klub-klub Liga 1 semakin gencar melakukan persiapan guna menyambut musim baru. Salah satunya dengan bergerak aktif mencari pemain baru untuk menambah kekuatan tim.

PSS Sleman misalnya. Sejauh ini, mereka sudah mendatangkan beberapa amunisi anyar seperti Abduh Lestaluhu, Leoanard Tumpamahu hinggga Wahyu Hamisi, Esteban Vizcarra. 

Tak hanya pemain lokal, PSS Sleman juga sudah memboyong beberapa pemain impor, Jonatahan Bustos, Anthony Pinthus, Thales Lira hingga Kei Sano.

Nama terakhir jadi pemain asing ketiga yang diperkenalkan oleh PSS Sleman. Ia diboyong dari usai menjalani karier selama dua musim di Liga Malta.

Baca Juga

Pemain berusia 31 tahun tersebut diperkenalkan pada Jumat (28/4/23) lewat media sosial Instagram resmi PSS Sleman.

"Kami memilih gelandang serang enerjik asal Jepang, Kei Sano untuk mempertajam lini depan dan memberikan opsi serang yang berbeda.

"Kei adalah pemain tipikal pekerja keras," ujar Komisaris Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Rachmat Makkasau.

Baca Juga

Tercatat Kei Sano pernah bermain di Liga 2 Malta memperkuat St Andrews FC dan Liga 1 Malta bersama Sirens FC. Meski datang dari liga yang kurang familiar, PSS punya alasan mengapa mereka tetap merekrutnya.

Saat bersama St.Andrews FC, Kei Sano mencatatkan delapan gol dan dua assist. Sementara ketika membela Sirens FC, Kei Sano mencatatkan tujuh gol dan empat assist.

Catatan itu yang bikin PSS Sleman terpikat. Kei Sano diharapkan bisa tampil apik di Skuad Super Elang Jawa seperti kompatriot sebelumnya, Taisei Marukawa. Berikut profil lengkap Kei Sano.

Baca Juga

1. Profil Kei Sano

Logo PSS Sleman.

Kei Sano merupakan pemain sepak bola asal Jepang yang lahir pada 03 April 1992 atau 31 tahun lalu. Ia bermain di posisi gelandang serang.

Tetapi hingga saat ini belum diketahui apa agama Kei Sano karena ia tidak terbuka mengenai hal tersebut di sosial media. Bicara soal riwayat kariernya, Kei Sano mempunyai pengalaman yang tidak begitu mentereng.

Menurut data dari laman Transfermarkt, Kei Sano memulai karier sepak bola profesionalnya dari liga kampus di Jepang, memperkuat Aichi Gakuin University pada 2015.

Namun setelah tak lagi memperkuat Aichi Gakuin, nasib Kei Sano sempat tak menentu lantaran tak ada klub yang meminangnya. 

Alhasil, Kei Sano memilih untu menekuni pekerjaan yang jauh dari embel-embel sepak bola. Selama empat tahun bekerja di sektor lain, ia kemudian memutuskan untuk kembali melanjutkan bakatnya di sepak bola.

Baca Juga

Pada 2020 menjadi titik balik Kei Sano untuk merumput lagi. Perjalanan kembali ke sepak bola sungguh berliku. Dia mengikuti beberapa pelatihan di klub Jepang, tetapi tak membuahkan hasil. 

Kei Sano pada akhirnya membuat pilihan untuk terbang ke Malta. St Andrews FC jadi pelabuhan pertama sebagai klub profesional untuk Kei Sano pada 01 Januari 2021.

Baca Juga

Namun mimpi Kei Sano menjadi pesepakbola lagi-lagi nyaris kembali tergerus, karena kontrak yang sudah diidam-idamkannya, hampir batal setelah proses transfr kepindahan sang pemain antar negara yang rumit.

Ternyata, ada lagi momen yang membuatnya frustasi. Ketika sudah berada di Malta, kompetisi sepak bola sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Untung saja perjuangan kerasnya membuahkan hasil ketika situasi sudah mereda.

Kei Sano menjadi sosok yang membuat St.Andrews FC menjadi tim yang tangguh di Liga 2 Malta. Ia pun tercatat berhasil mencetak delapan gol dan dua assist.

Baca Juga

2. Putuskan ke Indonesia

Logo PSS Sleman.

Keberhasilan bermain di Liga 2 Malta, membuatnya dipinang tim kasta teratas Liga Malta, Sirens FC, pada 01 Juli 2022. 

Bersama Sirens FC, dia berhasil menorehkan 5 gol dan 4 assist dalam 23 pertandingan dengan partisipasi 73% sebagai starter.

Hanya bertahan satu musim, Kei Sano memutuskan untuk kembali ke Asia. Liga Indonesia menjadi tujuannya setelah mendapat tawaran dari PSS Sleman.

Ia bergabung dengan Super Elang Jawa pada 01 Juli 2023 saat nilai pasarnya menyentuh angka Rp3,91 miliar. Peran mantan pemain Persela, Shunsuke Nakamura, cukup besar yang bikin ia berkarier di Indonesia.

Kini, Nakamura dikenal sebagai agen pemain yang membawa pesepak bola Samurai Biru terbang ke berbagai belahan dunia. Kei Sano sudah dibawanya ke Indonesia.

Nakamura sendiri sudah membagikan youtube tentang aksi Kei Sano melalui story instagramnya. Story itu kemudian ditanggapi Kei Sano yang menjadi pemain baru PSS Sleman. 

Kei Sano memiliki saudara kembar bernama Gaku Sano yang menjadi artis di Jepang. Gaku Sano sendiri melejit berkat serial Kamen Rider Wizard tahun 2013, meski ia sudah masuk televisi pada tahun sebelumnya. 

Selain Kamen Rider Wizard, Gaku Sano juga ada dalam Kamen Rider Gaim (2013), Kamen Rider Zi-O (2018).

Kamen Rider yang sangat populer di Jepang dan beberapa negara turut hadir dalam karya film. Gaku Sano terlibat dari tahun 2013, 2014, 2015 dan 2017.

Kei Sano sempat "terseret" kepopuleran Gaku Sano dengan munculnya rumor sebagai peran pengganti. Namun, rumor itu tak terbukti kebenarannya karena di saat bersamaan Kei Sano sedang tinggal di Kanada.

PSS SlemanLiga 1Berita Liga 1Kei Sano

Berita Terkini