x

Timnas Malaysia Gasak Papua Nugini 10-0, Alarm Bahaya Jelang Piala Asia 2023

Rabu, 21 Juni 2023 11:11 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Malaysia menang 10-0 atas Papua Nugini. Foto: instagram/famalaysia.

INDOSPORT.COM - Timnas Malaysia gasak Papua Nugini dengan skor telak 10-0 dalam agenda FIFA Matchday 2023yang menjadi alarm bahwa Harimau Malaya siap menatap Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, agenda FIFA Matchday telah dimulai. Sejumlah negara menggelar pertandingan uji coba untuk menaikkan posisi mereka di ranking.

Demikian pula dengan negara-negara Asia Tenggara, termasuk Timnas Indonesia dan Malaysia, menyiapkan pertandingan untuk bisa mendongkrak ranking FIFA.

Timnas Indonesia menghadapi lawan yang patut diperhitungkan, yakni Palestina dan Argentina. Diketahui, La Albiceleste kokoh di posisi puncak ranking FIFA tahun 2023.

Timnas Indonesia hanya bermain imbang 0-0 lawan Palestina, dan kalah 0-2 saat menjamu Argentina di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada 19 Juni 2023 kemarin.

Baca Juga

Di sisi lain, Timnas Malaysia memanfaatkan ajang FIFA Matchday untuk mendongkrak posisi mereka di ranking 138 dunia. Mereka justru meladeni Kepulauan Solomon dan Papua Nugini.

Timnas Malaysia menang 4-1 atas Timnas Kepulauan Solomon, kemudian Harimau Malaya secara mengejutkan menang telak dengan skor 10-0 saat menjamu Papua Nugini.

Baca Juga

Dengan demikian, Malaysia telah mencetak 14 gol dari dua FIFA Matchday. Arif Aiman Hanapi membukukan empat gol ke gawang Papua Nugini, dan satu gol ke Kepulauan Solomon.

Kemudian, pemain naturalisasi Timnas Malaysia, Paulo Josue, mencetak hattrick atau tiga gol ke gawang Papua Nugini, serta satu gol saat meladeni Kepulauan Solomon.

Pemain Malaysia lainnya yang turut berkontribusi mencetak gol di dua FIFA Matchday ini adalah Safawi Rasid (2), Lee Tuck (1), Daniel Ting (1), dan Faisal Halim (1). 

Baca Juga

1. Psywar untuk Timnas Indonesia

Laga Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Kemenangan gemilang Timnas Malaysia atas Kepulauan Solomon dan Papua Nugini memastikan Harimau Malaya semakin siap menghadapi Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 akan dihelat di Qatar pada 13 Januari s.d. 10 Februari 2024. Indonesia dan Malaysia menjadi salah satu kontestan yang terpilih mewakili Asia Tenggara.

Timnas Indonesia berada di Grup D Piala Asia 2023, bersama tim kuat Jepang, Irak, dan musuh bebuyutan yang sudah cukup sering dijumpai, yaitu Vietnam.

Sementara Malaysia tergabung di Grup E Piala Asia 2023 bersama Korea Selatan, Yordania, dan Bahrain.

Jika melihat Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan atas Palestina dan Argentina, maka Shin Tae-yong saat ini mungkin belum menemukan kerangka yang cocok untuk ke Piala Asia 2023.

Baca Juga

Di sisi lain, dengan kemenangan mutlak Timnas Malaysia atas Kepulauan Solomon dan Papua Nugini, skuad Kim Pan-gon kini selangkah lebih siap menatap Piala Asia.

Argentina dan Papua Nugini di atas kertas tentu saja tidak bisa dibandingkan. Namun, netizen Malaysia sudah menebar psywar untuk menjatuhkan Timnas Indonesia.

Baca Juga

"Mana geng Indonesia? Haha kalah kah tuh semalam? 10-0 nih Bos, Malaysia menang," komentar dari pemilik akun @irf4nf4** di unggahan akun Instagram @famalaysia.

"Tetangga terkejut melihat ini," timpal akun @pablo** menyindir Timnas Indonesia.

"Menang, poin FIFA ranking pun naik. Untung tidak melawan Brasil, sudah lah kalah, biaya berjuta-juta untuk membawa ke sini, poin FIFA turun, rugi lah, mubazir duit rakyat," komentar sarkas dari akun @sir_aki**.

Baca Juga
MalaysiaPiala Asia 2023Bola InternasionalTimnas MalaysiaPapua Nugini

Berita Terkini