x

Kalah Saing dari Bagus Kahfi, Striker Lokal Barito Putera Mundur Jelang Liga 1

Kamis, 22 Juni 2023 13:08 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Bagus Kahfi saat berseragam Timnas Indonesia. Kini striker 21 tahun itu menjadi andalan Barito Putera jelang Liga 1 2023.

INDOSPORT.COM - Kalah saing dari Bagus Kahfi, striker lokal binaan Barito Putera, M. Rafly Ariyanto mundur dari klub jelang kick off Liga 1 2023-2024.

Kompetisi Liga 1 2023-2024 rencananya akan digelar mulai 1 Juli 2023. Sejumlah klub menggelar laga uji coba dan memantapkan strategi jelang kompetisi kasta tertinggi ini.

Demikian pula dengan skuad Barito Putera besutan Rahmad Darmawan, beberapa kali terlibat dalam laga uji coba untuk sekadar mematangkan formasi jelang Liga 1 2023.

Salah satu sektor yang disorot RD adalah posisi depan. Meski ada dua striker asing, Gustavo Tocantina dan Murilo Mendes, tetapi pemain lokal tetap diperlukan.

Barito Putera mendatangkan Bagus Kahfi di bursa transfer. Sebelumnya, eks striker Timnas Indonesia itu bermain di FC Utrecht (Belanda) dan Asteras Tripolis FC (Yunani).

Baca Juga

Saat datang ke Barito Putera, Bagus Kahfi langsung nyetel dalam laga uji coba, karena sebelumnya ia juga merupakan pemain binaan Laskar Antasari di Elite Pro Academy.

Bagus Kahfi mencetak dua gol saat Barito Putera menghadapi Persiba Bantul. Lalu ia juga mencetak gol tunggal saat Laskar Antasari menahan imbang Persis Solo 1-1.

Baca Juga

Terkini, Bagus Kahfi juga membukukan assist saat Barito Putera menggasak PSS Sleman, meski akhirnya skor imbang 1-1 mewarnai pertarungan uji coba ini.

Hal ini membuat Bagus Kahfi sah menjadi striker lokal pilihan RD, hingga menyisihkan beberapa kandidat lainnya, seperti Rahmad Beri Santoso atau Chris Robert Rumbiak.

Salah satu penyerang asli Kalimantan, Rafly Ariyanto akhirnya dikabarkan hengkang dari Barito, padahal kick off Liga 1 2023-2024 kini tinggal menghitung hari.

Baca Juga

1. Rafly Ariyanto ke Liga 2?

Cuplikan pertandingan Persib Bandung vs Barito Putera di Stadion GBLA, Kota Bandung, Jumat (16/09/22).

Akun Instagram suporter Barito Putera, @sopbuntut1988official menuliskan bahwa M. Rafly Ariyanto sudah tidak lagi menjadi bagian dari skuad Laskar Antasari di Liga 1 2023.

"Musim ini Rafly Ariyanto tidak bersama kita lagi. Semoga Ari mendapatkan klub yang cocok dan bisa kembali membela tanah kelahiran di musim-musim berikutnya."

Ada beberapa yang mengaitkan M. Rafly Ariyanto dengan mantan klubnya, Sulut United yang saat ini bermain di Liga 2.

"Rafly pulang ke tim asalnya kah, Sulut United," komentar dari pemilik akun IG @mohammad_nor**.

"Sebelumnya dipinjamkan ke Sulut United, tapi gara-gara Kanjuruhan, Liga 2 distop," timpal akun @ahmd**.

Baca Juga

"Keputusan yang tepat keluar dari Barito, mencari jam terbang lebih banyak tidak apa-apa di Liga 3 atau Liga 2, asal main terus," komentar dari akun @joelwild**.

"Cari ilmu di tim Liga 2 dulu Dek, sayang kalau cuma bertahan di Barito," komentar serupa dari suporter Laskar Antasari, sang pemilik akun Instagram @ndy**.

Baca Juga

"Main di Liga 2 dulu aja, Liga 1 masih terlalu berat untuk bersaing, biar mendapat jam terbang cukup dulu," balas akun @ediarisan**.

Hanya saja, sampai kini belum diketahui masa depan Rafly Ariyanto. Akun media sosial resmi Barito Putera juga belum mengumumkan apakah Rafly akan bertahan atau didepak dari klub.

Hal yang pasti, Bagus Kahfi saat ini sudah mendapat tempat di skuad utama Barito Putera. Cukup sulit bagi striker lokal lainnya untuk menggeser posisi eks pemain Timnas Indonesia tersebut.

Baca Juga
Barito PuteraLiga IndonesiaLiga 1Bagus KahfiBerita Liga 1

Berita Terkini