x

Kompetisi Belum Mulai, Arema FC Pulangkan Rekrutan Asal PSMS Medan

Kamis, 22 Juni 2023 06:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Komposisi pemain di skuat Arema FC dipastikan kembali berkurang, menyusul perginya dua pemain. Uniknya, mereka justru berstatus rekrutan terbaru.

INDOSPORT.COM - Komposisi pemain di skuat Arema FC dipastikan kembali berkurang, menyusul perginya dua pemain. Uniknya, mereka justru berstatus rekrutan terbaru.

Keduanya adalah Joko Susilo dan Fardan Harahap. Mereka juga sejatinya masuk ke dalam proyeksi Arema FC untuk memperkuat lini pertahanan musim ini.

Namun kompetisi belum bergulir, keduanya mesti meninggalkan tim berjulukan Singo Edan. Daftar pemain Arema FC sudah pasti kembali mengalami revisi.

"Joko Susilo dan Fardan (Harahap) kembali ke PSMS Medan," ucap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas pada Rabu (21/6/23).

Konfirmasi itu dilakukan setelah keduanya sudah tak lagi berada bersama tim besutan I Putu Gede, dalam program training center di Yogyakarta satu pekan ke depan.

Baca Juga

Tentu ini menjadi fenomena yang unik, mengingat mereka baru saja resmi sebagai bagian Arema FC. Khususnya Fardan Harahap yang baru diperkenalkan awal Juni.

Sedangkan Joko Susilo sudah lebih dulu bergabung ke Arema FC, pada putaran kedua Liga 1 musim 2022/2023, setelah membela PSMS Medan di paruh pertama.

Baca Juga

"Ada perjanjian (yang disepakati) Arema FC dan PSMS Medan. Semacam klausul khusus soal kontrak pemain," beber owner klub Liga 3, NZR Sumbersari FC itu.

Sayangnya, Wiebie enggan merinci perihal klausul khusus yang disepakati kedua klub. Yang jelas, keduanya sudah kembali ke klub lamanya, PSMS Medan.

Bisa jadi, PSMS berhak memanggil kembali jika dirasa dibutuhkan. Hal yang relevan, mengingat Tim Ayam Kinantan baru mulai pembentukan tim untuk Liga 2.

Baca Juga

1. Cari Pengganti

Arema FC gelar tradisi rutin latihan di pantai.

Situasi ini lantas disikapi Arema FC dengan langkah sat set. Klub langsung segera mencari para pemain baru sebagai pengganti mereka.

Kepergian Joko Susilo jelas mengurangi stok pemain untuk posisi bek tengah. Sedangkan Fardan Harahap disiapkan sebagai pelapis di bek kiri.

Lantaran ada klausul khusus dengan PSMS Medan, Arema FC pun sudah memperhitungkan situasi ini jauh-jauh hari. Sehingga, situasi ini tak terlalu mengejutkan.

"Para pemain baru nantinya akan segera bergabung dalam program tc tim di Yogyakarta," bilang Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

Tak cuma menunggu kedatangan pengganti Joko Susilo dan Fardan Harahap, klub berlogo kepala singa juga masih menantikan para pemain asing baru.

Baca Juga

Sejauh ini, Arema FC baru mengisi 3 dari 6 slot pemain asing sebagaimana aturan regulasi kompetisi. Ketiganya mengisi slot pemain asing bebas federasi.

Mereka antara lain Gustavo Almeida (Brasil) yang berposisi striker. Kemudian Ichaka Diarra (Mali) untuk bek dan Charles Lokoli Ngoy (Australia) sebagai winger.

Baca Juga

Sementara satu slot lain hampir pasti diisi playmaker Argentina, Ariel Lucero. Sehingga, masih ada 2 slot lagi dengan satu diantaranya pemain asing ASEAN.

"Termasuk pemain asing, mereka semua akan segera menyusul bergabung ke Yogyakarta," tandas eks Manajer Borneo FC (2018) dan PSMS Medan (2022) itu.

Hingga saat ini, Arema FC sudah berkekuatan dengan 28 pemain. Hampir separuhnya merupakan rekrutan baru dan sebagian lagi pemain yang dipertahankan.

Baca Juga
PSMS MedanLiga InggrisLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini