x

Liga 1: Baru Diresmikan, Madura United Sepakat Berpisah dengan Lee Yu-jun

Kamis, 22 Juni 2023 16:37 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Gelandang Madura United, Lee Yu-jun, berduel di lini tengah.

INDOSPORT.COM - Fenomena klub yang melepas pemain sebagaimana proyeksi tim, kini juga dilakukan oleh Madura United jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Sebelumnya, Arema FC lebih dulu melakukan hal yang sama terhadap Joko Susilo dan Fardan Harahap. Keduanya dikembalikan ke PSMS Medan.

Padahal, dua nama itu diklaim sudah resmi menjadi bagian tim untuk kompetisi. Joko Susilo tiba lebih dulu paruh musim lalu, disusul Fardan Harahap awal musim ini.

Kini, opsi serupa juga ditempuh oleh Madura United terhadap Lee Yu-jun. Bedanya, kedua pihak sepakat berpisah melalui klausul pemutusan kontrak.

Pada satu sisi, Lee Yu-jun sejatinya kembali dipertahankan Madura United untuk berlaga di kompetisi musim ini. Kontraknya diperpanjang pertengahan Mei lalu.

Baca Juga

"Keputusan ini sudah menjadi kesepakatan kedua belah pihak untuk mengakhiri kontrak lebih awal," bilang Manajer Madura United, Umar Wachdin Kamis (22/6/23).

"Lee Yu-jun pamit untuk mengundurkan diri dari Skuat Tim Laskar Sape Kerrab dan manajemen menyetujuinya," sambung Umar.

Baca Juga

Situasi ini membuat Lee Yu-jun batal melanjutkan musim keduanya untuk Madura United, setelah menghiasi lini tengah pada Liga 1 2022/2023 lalu.

Lee Yu-jun didatangkan Madura United ketika era kepelatihan Fabio Araujo Lefundes, dengan status pemain lokal berkat jalur naturalisasi.

Gelandang kelahiran Korea Selatan berusia 33 tahun itu tampil nyaris tak tergantikan musim lalu. Dia bermain dalam 31 pertandingan Liga 1.

Baca Juga

1. Alasan Keluarga

Gelandang naturalisasi asal Korea Selatan, Lee Yu-jun. Foto: Instagram@leeyujun89

Tanda-tanda menghilangnya Lee Yu-jun sejatinya sudah tercermin ketika Madura United melakoni uji coba pramusim menghadapi Persik Kediri, Sabtu (17/6/23).

Dalam laga yang dimenangkan Tim Laskar Sape Kerrab 1-0 itu, nama eks gelandang Bhayangkara FC itu tak tercantum ke dalam daftar susunan pemain.

Ada indikasi, sang pemain sudah mencapai kesepakatan menyudahi kontraknya yang baru diperpanjang oleh Madura United saat itu.

Namun, klub kebanggaan masyarakat Pulau Garam baru merilisnya pada Kamis (22/6/23), setelah semua hak dan kewajiban diselesaikan.

Pengunduran diri Lee Yu-jun kemungkinan besar karena alasan keluarga. Pasalnya, situasi ini sempat membuatnya terlambat bergabung dalam latihan tim.

Baca Juga

Ketika itu, Lee Yu-jun beralasan telat gabung hingga awal Juni, karena mesti mengurusi urusan keluarga di Korea Selatan dan anaknya yang masuk rumah sakit.

Kendati demikian, Madura United memilih untuk merahasiakan alasan dibalik mundurnya Lee Yu-jun. Yang jelas, namanya sudah dicoret dari skuat tim.

Baca Juga

"Tidak ada alasan yang spesifik. Ini murni mutual agreement termination (pemutusan kontrak atas kesepakatan bersama)," bilang Umar Wachdin.

Lee Yu-jun sebelumnya berperan cukup sentral sebagai andalan di lini tengah. Dia tampil dalam 31 laga pada Liga 1 musim 2022/2023 lalu.

"Terima kasih kepada Lee Yu-jun atas waktunya bersama Madura United. Sukses dimanapun berada," tutup Manajer Madura United tersebut.

Baca Juga
Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Lee Yu-Jun

Berita Terkini