x

Profil dan Agama Kalidou Koulibaly, Muslim Taat yang Tinggalkan Chelsea Demi Al-Hilal

Kamis, 22 Juni 2023 11:23 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Kalidou Koulibaly, pemain Chelsea memeluk kiper Kepa Arrizabalaga. Bek beragama Islam itu dikabarkan segera pindah ke Al-Hilal. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Kalidou Koulibaly, pesepak bola beragama Islam yang taat, dan akhirnya meninggalkan Chelsea demi bergabung ke Al-Hilal.

Bek Chelsea Kalidou Koulibaly dikabarkan telah sepakat merapat ke klub Arab Saudi Al Hilal. Ia dikontrak selama tiga tahun hingga 2026 di klub yang baru saja menjuara Liga Arab Saudi itu.

"Pahami bahwa Al-Hilal sekarang mendekati kesepakatan dengan Kalidou Koulibaly, here we go!" tulis Fabrizio Romano melalui akun Twitter-nya.

"Kesepakatan lisan telah dicapai dengan Chelsea. Persyaratan pribadi juga di mana ja menyetujui kontrak tiga tahun," lanjutnya.

Meski namanya tidak setenar Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, ataupun N'Golo Kante yang berbondong-bondong ke Liga Arab Saudi, Koulibaly juga memiliki nilai plus.

Baca Juga

Pemain bernama lengkap Kalidou Koulibaly itu lahir di Saint-Dié-des-Vosges, Prancis, pada 20 Juni 1991. Maka, tahun ini Kalidou Koulibaly sudah memasuki usia 31 tahun.

Pesepak bola beragama Islam itu terakhir kali bermain untuk Chelsea di Liga Inggris, sebelum akhirnya dikabarkan minggat ke Al-Hilal. Koulibaly berposisi sebagai bek. 

Baca Juga

Kalidou Koulibaly mengawali kariernya di SR Saint-Die pada tahun 1999. Kala itu ia masih berumur delapan tahun. Lalu, pada 2004, ia pindah akademi sepak bola ke FC Metz. 

Kalidou Koulibaly tampil di tim senior FC Metz pada tahun 2010. Lalu ia hijrah ke Liga Belgia dan membela KRC Genk tahun 2012.

Kemudian, Kalidou Koulibaly mulai berkarier di Liga Italia dan membela Napoli. Ia ditebus oleh klub berjuluk Il Partinopei itu dengan harga 7,75 juta Euro.

Baca Juga

1. Kalidou Koulibaly Muslim yang Taat

Kalidou Koulibaly dari Senegal di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Ada cerita yang menyentuh saat Kalidou Koulibaly membela Napoli. Ia menjalani ibadah puasa Ramadan dengan penuh dukungan dari klub Liga Italia tersebut.

"Ketika saya tiba di Napoli, saya bukan hanya pemain kulit hitam, tapi juga seorang muslim, dan mereka menerimanya," curhat Koulibaly, dilansir dari twitter Football Tweet.

"Mereka juga memberi kami makanan halal. Para koki bangun pagi hari dan menyiapkan makanan untuk kami saat bulan Ramadan. Mereka memahami keberagaman di sana."

Kalidou Koulibaly berhasil menjuarai Piala Super Italia (2014-2015) dan Coppa Italia (2019-2020). Ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Senegal 2017 dan 2018. 

Beberapa waktu lalu, Koulibaly juga mengunggah potretnya saat merayakan Idul Fitri. Ia bangga dengan identitasnya sebagai pesepak bola Muslim di Eropa.

Baca Juga

Akhirnya, Kalidou Koulibaly dipinang klub raksasa asal Liga Inggris, Chelsea, di bursa transfer musim panas 2022 lalu. The Blues memboyongnya dengan harga 38 juta Euro.

Di level Timnas, sebelum menjadi kapten Senegal, Koulibaly juga pernah membela Prancis pada tahun 2010 silam. Ia memperkuat skuad muda Les Blues sebanyak 11 kali. 

Baca Juga

Kini, tiba saatnya Kalidou Koulibaly untuk meninggalkan Chelsea dan menyeberang ke Al-Hilal, klub yang berkompetisi di Liga Arab Saudi, dengan mayoritas penduduk Muslim.

Berikut ini profil dan agama Kalidou Koulibaly.

Nama Lengkap: Kalidou Koulibaly

Tempat Lahir: Saint-Di-des-Vosges, Prancis

Tanggal Lahir: 20 Juni 1991

Agama: Islam

Kebangsaan: Senegal/Prancis

Posisi: Bek

Baca Juga
ChelseaKalidou KoulibalyProfil Atlet dan FotoAl-Hilalprofil

Berita Terkini