x

Bedah Formasi Persis Solo di Liga 1 2023/24 usai Lengkapi Pemain Asing

Jumat, 23 Juni 2023 18:16 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Persis Solo resmi memperkenalkan striker asal Spanyol, David Gonzalez. (Foto: MO Persis Solo)

INDOSPORT.COM – Bedah formasi yang mungkin diterapkan Persis Solo di Liga 1 musim 23/24 nanti usai melengkapi kuota asingnya pada bursa transfer kali ini.

Jelang bergulirnya Liga 1 musim 23/24, Persis Solo jadi salah satu tim yang cukup agresif dalam mendatangkan pemain anyar.

Terbaru, Persis baru saja mendatangkan striker asing asal Spanyol, David Gonzalez yang akan jadi mesin gol musim depan.

Secara statistik, penampilan David Gonzalez sepanjang musim lalu terbilang cukup apik.

Tercatat, pemain yang akrab disapa Roni tersebut tampil dalam 35 pertandingan dengan mencetak 6 gol di Primera Division RFEF atau kasta ketiga Liga Spanyol.

Baca Juga

Meski hanya tampil di Liga 3 Spanyol, namun Persis yakin jika David Gonzalez bisa memberikan kontribusi maksimal buat Laskar Sambernyawa.

"Roni adalah striker cerdas yang juga bisa membantu melakukan pressing. Ia mungkin tidak begitu tinggi, tapi ia memiliki fisik yang kuat," kata direktur olahraga Persis Solo, Edwin Klok, Rabu (21/6/23) malam.

Baca Juga

Roni bukan saja dibebani untuk mengganggu build up lawan, seperti yang selama ini ditugaskan Leo Medina untuk seorang penyerang. Gol-gol dari Roni juga diharapkan membantu Persis Solo meraih prestasi.

"Pergerakan Roni juga sangat bagus ketika berada di kotak penalti, ia pun juga dilengkapi dengan kemampuan finishing yang tajam," tutur Edwin Klok.

Dengan kedatangan David Gonzalez, maka lengkap sudah slot asing Persis. Berbekal para rekrutan asing tersebut, Persis diprediksi bakal memberikan kejutan di Liga 1 musim depan.

Lantas bakal seperti apakah formasi Persis bersama pemain-pemain anyar mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Formasi Persis di Liga 1

Pertandingan Persis Solo vs Jeonbuk Hyundai Motors di Stadion Manahan Solo, Sabtu (17/6/23) malam.

Melihat dari penampilan Leonardo Medina saat melatih Persis sepanjang musim lalu, tampaknya formasi 4-3-3 bakal diperagakan sang entrenador.

Di posisi paling belakang alias penjaga gawang, Gianluca Pandeynuwu kemungkinan besar jadi opsi utama lantaran di musim lalu eks kiper Borneo FC ini selalu mendapatkan menit bermain.

Untuk membantu Gianluca Pandeynuwu, ada kuartet pertahahan yang berisikan Eky Taufik, Jaime, Diego Bardanca dan Gavin Kwan.

Duet Jaimerson da Silva serta pemain yang baru didatangkan, Diego Bardanca bakal jadi tembok kokoh Persis di kotak penalti.

Sementara Eky Taufik dan Gavin Kwan akan melengkapi barisan pertahanan serta bisa membantu penyerangan lewat pergerakan overlap.

Baca Juga

Di lini tengah, kekuatan Persis bakal benar-benar menakutkan lantaran mereka punya gelandang-gelandang gesit yang haus gol.

Tiga pemain yang cocok mengisis pos gelandang Persis musim depan adalah Moussa Sidibe, Sutanto Tan dan Alexis Messidoro.

Baca Juga

Sutanto Tan bakal jadi penyeimbang permainan. Selain bertugas sebagai defensive midfielder, pemain berusia 29 tahun itu juga jadi penyambung antar lini serta pengalir bola ke lini depan.

Sedangkan dua pilar asing yakni Moussa Sidibe dan Alexis Messidoro, mungkin akan lebih banyak membantu penyerangan meski posisi mereka berada di setengah permainan sendiri.

Walau berperan sebagai deep lying playmaker atau mirip mezzala, Moussa Sidibe dan Alexis Messidoro akan banyak bergerak ke kotak penalti lawan dan melakukan penetrasi.

Baca Juga

2. Lini Depan Persis Mengerikan

Selebrasi para pemain Persis Solo saat mencetak gol ke gawang Borneo FC di Liga 1. Foto: Persis Solo

Terakhir di posisi lini depan, ada trio David Gonzalez, Fernando Rodriguez dan Ramadhan Sananta yang tampaknya bakal cocok mengisis sektor penyerangan.

David Gonzalez seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak hanya bertugas sebagai pencetak gol namun juga pemecah konsentrasi bek lawan.

Oleh sebab itu, peran shadow striker atau Deep Lying Forward bakal jadi posisi paling ideal buat pemain 29 tahun tersebut.

Peran atau posisi ini juga berlaku buat Ramadhan Sananta. Meski punya kemampuan finishing mumpuni, namun eks PSM Makassar tersebut memiliki body balance serta dribbling yang kuat.

Akurasi umpan silangnya juga sering membuat pemain depan PSM Makassar mencetak gol sepanjang musim lalu.

Dengan duet Ramadhan Sananta - David Gonzalez sebagai striker sayap di sebelah kiri dan kanan, alur serangan Persis dipastikan bakal sangat mematikan.

Sebagai pelengkap, Fernando Rodriguez yang musim lalu sukses mencetak 10 gol buat Persis Solo akan jadi goal getter serta finisher dari semua umpan-umpan yang diciptakan second line.

Berikut potensi formasi yang bisa digunakan Persis Solo musim depan:
Persis Solo XI (4-3-3):

Muhammad Riyandi; Eky Taufik, Jaime, Diego Bardanca, Gavin Kwan; Moussa Sidibe, Sutanto Tan, Alexis Messidoro; David Gonzalez, Fernando Rodriguez, Ramadhan Sananta.

Persis SoloLiga 1

Berita Terkini