x

Erick Thohir Bidik 4 Negara Kandidat FIFA Matchday September 2023, Ada Malaysia?

Jumat, 23 Juni 2023 19:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ketum PSSI Erick Thohir, Mengadakan Kunjungan ke Garuda Store di Kawasan GBK, Jakarta, Sabtu (17/06/23).

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa timnas Indonesia akan menjalani agenda FIFA matchday periode 4-12 September mendatang. Ada beberapa negara yang sudah dikomunikasikan.

Akan tetapi, Erick Thohir mengatakan lawan timnas Indonesia tidak setangguh atau selevel Argentina. PSSI mencari negara yang sekiranya bisa dihadapi untuk mencuri poin demi menaikan ranking FIFA. 

Target PSSI adalah mengantarkan Skuat Garuda ke peringkat 100 besar FIFA. Tapi, mustahil menghadapi Jepang atau Korea Selatan yang tentu sudah punya kalender sendiri.  

"Jadi saya pastikan bulan September ada pertandingan. Kalau mau bicara tim seperti Korea itu tidak mungkin dadakan," kata Erick Thohir

"Mereka sudah punya kalender setahun, kalau lawan Korea Selatan, Jepang kapan dapat poinnya? Kami punya tugas naik ranking FIFA dari 149 ke 100 dalam beberapa tahun ke depan," cetusnya.

Baca Juga

Mengenai rumor menghadapi Malaysia pada FIFA matchday September nanti, Erick Thohir menilai hal itu memungkinkan untuk terealisasi. 

Negara tetangga punya waktu karena tidak perlu melakoni babak play-off atau babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sebab mereka langsung bertanding di babak kedua. 

Baca Juga

Tapi, hal itu harus dikomunikasikan lebih lanjut dengan federasi sepak bola Malaysia karena tim Harimau Malaya juga dikabarkan akan bertanding dengan China.  

"Malaysia. Saya sangat terbuka lawan Malaysia, kapan lagi. Tapi mereka ada laga di China tanggal 9 (September)," ujar Erick Thohir di Jakarta, Jumat (23/6/23). 

Menurut Erick Thohir, FIFA matchday tidak bisa dadakan. Federasi harus menyiapkan jauh hari, supaya negara incaran bisa memberikan jawaban. 

Baca Juga

1. Ranking FIFA

Laga Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

Sejauh ini, diketahui sudah ada empat negara yang dihubungi untuk FIFA matchday September nanti. Tapi, PSSI masih merahasiakan detailnya. 

"Inilah FIFA matchday, saya nyusun bener-benar, bukan jaman dulu kirim surat dan langsung main besok, tidak bisa. Dunia ini sudah berubah, ini ada hitungan poin," tutur Ketum PSSI. 

"Jadi yang saya pastikan pada September ada. Tunggu saja, kami sudah kirim surat 4-8 negara, tapi yang sudah pasti, kami mau mencari poin," tambahnya. 

Baca Juga

Lebih lanjut, Erick Thohir menjelaskan belum bisa menjawab pertanyaan soal FIFA matchday tahun depan. Sebab, sangat bergantung kepada hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Indonesia akan bermain di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Zona Asia) pada 9-17 Oktober 2023. Jika lolos, maka akan ikut putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Zona Asia) 16-21 November 2023. 

Baca Juga

"Untuk tahun depan saya tidak bisa bicara hari ini, kalau Oktober-November menang baru bisa diketahui. Pengen main tidak di sana (Piala Dunia), pengen juga, makanya harus hati-hati," jelas Erick Thohir.  

"Jadi kalau nanti Oktober-September, amit-amit, berhenti, tapi jangan berpikir kita berhenti dong siapa tahu masuk. Jadi slot yang mungkin bisa dilihat tahun depan, kalo ada negara yang mau datang, slot di Juni sebelum Olimpiade 2024," tuntasnya.  

PSSIErick ThohirMalaysiaTimnas IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballJadwal Timnas Indonesia

Berita Terkini