x

Bedah Formasi Juventus Jika Sukses di Bursa Transfer: 4 Pemain Masuk, 5 Dilepas

Jumat, 23 Juni 2023 15:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain Juventus, Dusan Vlahovic melakukan selebrasi usai pertandingan. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM – Melihat potensi starting XI yang diterapkan Juventus di Liga Italia 23/24 andai rencana transfer mereka musim panas ini berjalan lancar. La Vecchia Signora kian berbahaya!

Usai gagal menjuarai Liga Italia dalam tiga musim terakhir, manajemen Juventus langsung bergerak agresif di bursa transfer dan coba mendatangkan sejumlah pemain anyar.

Beberapa pemain dari berbagai sektor mulai dari lini tengah hingga striker, sedang jadi target serius Juventus pada musim panas ini.

Di lini tengah, Juventus sedang berupaya untuk menggaet tiga gelandang baru setelah sejumlah nama lama berpotensi besar mereka lepas.

Si Nyonya Tua dikabarkan tak lagi mau memperpanjang kontrak Angel Di Maria, Leandro Paredes, Adrien Rabiot hingga Paul Pogba untuk musim depan.

Baca Juga

Setali tiga uang, banyak klub-klub Eropa yang kabarnya sedang memantau para gelandang terbuang Juventus itu.

Sebagai gantinya, Juventus bakal memboyong Thomas Partey, Christian Pulisic, Timothy Weah dan Charles De Ketelaere untuk memperkokoh barisan lini tengah mereka.

Baca Juga

Sementara di sisi penyerangan, peluang Juventus untuk mempertahankan Federico Chiesa bakal sangat kecil lantaran sudah banyak tawaran besar yang masuk demi bintang asal Italia itu.

Meski awalnya menolak, namun tawaran tinggi dari tim-tim Liga Inggris seperti Liverpool, akhirnya membuat Juventus lulus dan siap melepas Federico Chiesa.

Jika melihat rencana transfer Juventus di musim panas ini, La Vecchia Signora berpotensi mendepak lima pemain dan bakal mendatangkan empat bintang anyar.

Andai rencana tersebut sukses, maka Juventus bakal memiliki kekuatan skuat yang berbeda dari tiga musim terakhir.

Lantas seperti apakah formasi Juventus jika para incaran mereka sukses didatangkan? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Formasi Juventus Musim 23/24

Pemain Juventus, Danilo melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Inter Milan REUTERS-Massimo Pinca

Jika Juventus masih mempercayakan Massimiliano Allegri sebagai pelatih musim depan, maka taktik 3-5-2 yang sering ia terapkan musim lalu diprediksi bakal jadi pakem Si Nyonya Tua.

Akan tetapi melihat daftar pemain yang diincar Juventus musim panas ini, strategi 3-5-2 harus alami perubahan menjadi 4-3-3 agar semua rekrutan bisa berada di posisi idealnya.

Di lini pertahanan, sejauh ini Juventus belum terlihat akan melakukan perombakan sehingga posisi starting XI pada sektor tersebut masih tetap sama seperti musim lalu.

Mulai dari posisi penjaga gawang, ada Wojciech Szczesny yang dipastikan mengawal barisan paling belakang Juventus.

Membantu pertahanan Wojciech Szczesny, posisi tiga bek sejajar yang sebelumnya jadi andalan akan berubah jadi dua bek dengan memaksimalkan duet Federico Gatti serta Gleison Bremer.

Baca Juga

Kehadiran Filip Kostic dan juga Danilo yang berperan di sektor wingback juga bakal memperkuat lini pertahanan Juventus.

Selain bertahan, Filip Kostic dan juga Danilo juga bisa membantu serangan Juventus melalui pergerakan overlap mereka.

Baca Juga

Untuk posisi tiga gelandang, perubahan bakal cukup terasa jika Juventus berhasil menjual Leandro Paredes, Adrien Rabiot dan Paul Pogba yang merupakan pilar penting musim lalu.

Sebagai gantinya, Juventus bakal bertumpu pada Thomas Partey dan Manuel Locatelli yang memainkan peran Defensive Midfield atau pemutus aliran serangan lawan.

Melengkapi barisan lini tengah Juventus, ada Charles De Ketelaere yang bakal ditugaskan sebagai attacking midfielder serta penyerang bayangan di belakang dua striker utama.

Baca Juga

2. Era Baru Juventus

Dusan Vlahovic merayakan golnya di laga Juventus vs Lecce (03/05/23). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Berbekal kecepatan serta visi bermain tinggi dan disempurnakan dengan insting gol tajam, membuat Charles De Ketelaere bisa menjelma sebagai salah satu gelandang serang terbaik di Liga Italia.

Selain itu, dengan postur tubuh mencapai 192 cm membuat Charles De Ketelaere bisa jadi second option buat Juventus dalam membangun serangan.

Charles De Ketelaere bisa hadir dari second line untuk menyambar bola lambung, atau memaksimalkan crossing dari situasi sepak pojok.

Terakhir adalah lini serang, di mana trio Timothy Weah, Dusan Vlahovic dan Christian Pulisic bakal jadi pilihan sempurna Massimiliano Allegri untuk mengawal barisan depannya.

Berbekal finishing tajam Dusan Vlahovic, ditambah kecepatan penetrasi serta akurasi umpan Timothy Weah dan Christian Pulisic di bagian sisi sayap, Juventus berpeluang jadi tim dengan tingkat produktivitas gol tinggi musim depan.

Berikut Prediksi Starting Juventus Musim 23/24:
Wojciech Szczesny; Filip Kostic, Federico Gatti, Gleison Bremer, Danilo; Thomas Partey, Charles De Ketelaere, Manuel Locatelli; Timothy Weah, Dusan Vlahovic, Christian Pulisic.

JuventusLiga Italia

Berita Terkini