x

Liverpool Bakal Datangkan Bek Tengah, Pilih Micky van de Ven atau Goncalo Inacio?

Jumat, 23 Juni 2023 13:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bek Sporting Lisbon yang dikaitkan dengan Liverpool, Goncalo Inacio (baju hijau kiri). Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, bisa memilih Micky van de Ven atau Goncalo Inacio sebagai opsi rekrutan mereka di sektor bek tengah.

Meski belakangan sering disebut-sebut ingin mendatangkan gelandang di bursa transfer, Liverpool belakangan juga dikaitkan dengan sejumlah pemain berposisi bek.

Bahkan, seorang sumber kabarnya telah memberi bocoran kepada Football Insider bahwa Jurgen Klopp akan memboyong bek tengah baru.

Liverpool sendiri, saat ini masih memiliki Joel Matip, yang nampaknya tidak akan angkat kaki di bursa transfer musim panas 2023.

Namun ia hanya menyisakan satu tahun lagi dalam kontraknya, yang otomatis jadi alarm tersendiri bagi kubu The Reds. Mereka harus segera mencari pengganti atau tambahan stok.

Baca Juga

Di antara sekian nama bek yang beredar, Micky van de Ven dan Goncalo Inacio pun menjadi dua calon rekrutan yang paling potensial.

Yang pertama Micky van de Ven, yang memiliki kontrak aktif di VfL Wolfsburg hingga tahun 2027. Ia bahkan baru memperpanjang masa baktinya beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Bek berusia 21 tahun ini, tampil di 33 pertandingan Bundesliga Jerman 2022/2023 dan selalu bermain penuh di seluruh laga tersebut.

Tidak ayal, hal ini menjadikan Micky van de Ven sosok vital bagi lini pertahanan VfL Wolfsburg musim lalu.

Dengan posisi bermainnya sekarang, Micky van de Ven pun bisa menjadi penerus yang menjanjikan baik bagi Joel Matip maupun Virgil van Dijk pada masa mendatang.

Baca Juga

1. Micky van de Ven atau Goncalo Inacio?

Micky van de Ven (kiri), bisa merapat sebagai bek anyar Liverpool. Foto: REUTERS/Leon Kuegeler.

Sejatinya, rumor yang mengaitkan Micky van de Ven dengan Liverpool di bursa transfer sudah bukan yang pertama kali terjadi.

Nama pemain asal Belanda ini sudah pernah mencuat ke permukaan sekitar bulan Maret. Saat itu, ia malah santer dikabarkan sebagai calon penerus Virgil van Dijk.

Di luar identitasnya sebagai rekan senegara Virgil van Dijk, sepak terjang Micky van de Ven sendiri mulai dikenal orang setelah ia bermain untuk VfL Wolfsburg.

Saat ini, ia adalah bek muda dengan potensi menjanjikan di Eropa. Meski tampil di banyak pertandingan pada 2022/2023, jalannya menuju kesuksesan ternyata tidak mudah.

Pasalnya, ia hanya dimainkan beberapa kali pada musim perdananya di VfL Wolfsburg pada 2021/2022. Benar-benar berbanding jauh dengan 2022/2023, kala itu ia hanya bermain di 5 laga Bundesliga Jerman.

Baca Juga

Micky van de Ven adalah defender dengan ball-playing ability sebagai salah satu keunggulan utama. Ia juga bisa bermain sebagai bek kiri.

Micky van de Ven merupakan pemain kelahiran Wormer, Belanda, pada 19 April 2001. Usianya saat ini masih 22 tahun.

Baca Juga

Sebelum mendarat di VfL Wolfsburg, sebelumnya ia pernah menimba ilmu di sebuah klub bernama WSV '30 lalu merapat ke Volendam.

Selain Micky van de Ven, calon bek tengah lainnya yang bisa mendarat di Liverpool adalah Goncalo Inacio asal Portugal dan kini bermain di Sporting Lisbon.

Goncalo Inacio adalah bek tengah yang lihai dalam membawa bola baik dengan kaki kanan maupun kirinya. Selain itu, ia juga luar biasa dalam membaca ruang di sekitar lawan.

Baca Juga
 

2. Siapa Goncalo Inacio?

Bek Sporting Lisbon yang dikaitkan dengan Liverpool, Goncalo Inacio (baju hijau kiri). Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

Goncalo Bernardo Inacio merupakan pemain kelahiran Almada, Portugal, pada 25 Agustus 2001 dan memulai kariernya dari klub sepak bola lokal setempat.

Ia kemudian bergabung dengan Sporting Lisbon saat berusia 11 tahun dan dipanggil ke tim utama pada Juli 2020.

Kontraknya bersama klub Portugal itu pun akan berakhir pada tahun 2026. Berdasarkan laporan Football Insider, Sporting Lisbon nampaknya enggan melepas sang pemain musim panas ini.

Pada musim 2022/23 ia mencatatkan 33 penampilan di Liga Portugal dan kerap turun sebagai starter - jaminan yang belum tentu didapatnya jika merapat ke Liverpool.

Apalagi, dengan Virgil van Dijk dan Joel Matip, bahkan Ibrahima Konate sampai saat ini masih menjadi andalan Jurgen Klopp untuk line up-nya.

Terlepas dari itu, Goncalo Inacio adalah pemain dengan pengalaman yang cukup mumpuni bersama Timnas Portugal.

Ia telah bermain untuk berbagai tim usia mereka mulai level U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-21, hingga dipanggil ke level senior pada 2023.

Momen debutnya diberikan oleh Roberto Martinez pada Maret 2023 lalu di laga kualifikasi Euro 2024 kontra Liechtenstein.

Baik Micky van de ven maupun Goncalo Inacio sama-sama bek muda yang bisa menjadi investasi The Reds di lini pertahanan mereka.

Nama yang pertama adalah pemain dengan multiposisi, sedangkan nama yang kedua sering disebut-sebut memiliki fisik sempurna untuk menjadi bek yang gesit. 

Bursa TransferLiverpoolOne FootballIndepth

Berita Terkini