x

Sandro Tonali di Newcastle: Calon Pemain Termahal, Bawa Berkah untuk Eddie Howe

Jumat, 23 Juni 2023 16:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sandro Tonali akan merapat dari AC Milan ke Newcastle United. Foto: Alessandro Sabattini/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Kehadiran Sandro Tonali di klub Liga Inggris (Premier League), Newcastle United, bakal terasa spesial, termasuk bagi sang pelatih, Eddie Howe.

Nama Sandro Tonali, belum lama ini memang menggegerkan publik usai muncul di daftar buruan The Magpies di bursa transfer.

Bak petir di siang bolong, kabarnya ia akan segera meninggalkan AC Milan, klub yang telah mengangkat derajatnya dari kontestan Serie B Liga Italia, Brescia.

Dari sejumlah pemberitaan yang beredar, pihak Sandro Tonali, AC Milan, dan Newcastle United sudah menemui kata sepakat untuk proses transfer sang pemain ke Liga Inggris.

Sandro Tonali bakal direlakan AC Milan di angka 70 juta euro (Rp1,1 triliun) ditambah bonus. Sebelum ini, yang terdekat, Kaka adalah pemain termahal yang pernah dilepas Rossoneri di angka 67 juta euro.

Baca Juga

Tidak hanya di AC Milan, Sandro Tonali akan menjadi fenomena tersendiri di Newcastle United, yang belakangan memang sedang getol-getolnya belanja pemain.

Nilai transfernya pun digadang-gadang bisa melampaui pembelian termahal Newcastle United yakni Alexander Isak, yang mendarat dari Real Sociedad musim panas lalu.

Baca Juga

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ia bakal menjadi pemain termahal kedua The Magpies, jika nilai transfernya ternyata di bawah Alexander Isak.

Terlepas dari itu, angka maupun nilai transfer bukan satu-satunya hal yang akan dibawa Sandro Tonali ke Newcastle United.

Sebagai pemain, ia juga menjadi berkah tersendiri secara teknis bagi pelatih Newcastle United saat ini, Eddie Howe.

Baca Juga

1. Bawa Berkah untuk Newcastle United dan Eddie Howe

Sandro Tonali bisa jadi pemain tambahan yang berharga bagi Newcastle United. Foto: Reuters/Daniele Mascolo.

Sandro Tonali adalah gelandang bertahan yang Eddie Howe butuhkan untuk meringankan peran serta beban Bruno Guimaraes di skuad The Magpies.

Selain itu, Sandro Tonali merupakan pemain yang tahu betul cara menempatkan diri dan selalu tampil agresif saat berusaha memenangkan bola.

Gelandang berusia 23 tahun tersebut pun sosok pekerja keras dan seorang pelari andal, yang mencatatkan jarak tempuh rata-rata 10,5 km untuk AC Milan musim lalu.

Bahkan, tingkat ketahanan fisik (endurance) yang dimilikinya pun juga layak mendapat acungan jempol.

Ia jarang mengalami kelelahan maupun ‘menderita’ secara fisik saat sedang berada di lapangan, yang tentu saja menjadi nilai plus tersendiri.

Baca Juga

Akan tetapi, kelebihan maupun berkah yang akan dibawa Sandro Tonali untuk Newcastle United dan Eddie Howe nampaknya tidak setop di situ saja.

Seperti diwartakan Daily Mail, Sandro Tonali juga dideskripsikan sebagai pemain yang mampu membawa perkembangan positif untuk rekan-rekan setimnya.

Baca Juga

Ibarat belajar dan tumbuh bersama dalam tim, ia bukan satu-satunya yang tampil mencolok dan membayang-bayangi kawan-kawannya.

Malahan, ia adalah pemain yang bisa membawa rekan-rekannya berkembang bersama. Dengan kata lain, seorang team player yang sesungguhnya.

Sejumlah pemain di AC Milan pun sudah merasakan efek Sandro Tonali ini. Mereka yang pernah main bersamanya ikut berkembang dan menampilkan performa yang lebih baik.

Baca Juga
 

2. Menanti Sepak Terjang Sandro Tonali di Newcastle United

Sandro Tonali bisa jadi pemain tambahan yang berharga bagi Newcastle United. Foto: Reuters/Daniele Mascolo.

Ada Rade Krunic, Ismael Bennacer, Alexis Saelemaekers, lalu tidak ketinggalan Tommaso Pobega, yang mengalami peningkatan performa setelah bermain bersama Sandro Tonali.

Tidak ayal, melepas Sandro Tonali bakal jadi kerugian besar bagi AC Milan. Mereka akan kehilangan kuantitas dan juga kualitas secara bersamaan.

Sandro Tonali merupakan salah satu pembelian terbaik Paolo Maldini untuk AC Milan. Bahkan secara pribadi ia juga membela sang pemain saat mengalami masa-masa sulit.

Hingga akhirnya, Sandro Tonali bisa berkembang sebagai salah satu gelandang terbaik di Serie A Liga Italia saat ini.

Pada musim 2022/2023, ia membukukan 34 penampilan di Serie A Liga Italia dengan koleksi 2.717 menit bermain.

Sementara itu, Newcastle United pada 2022/2023 tampil mengganas di Premier League Liga Inggris, dan berhasil menembus zona Liga Champions 2023/2024.

Eddie Howe pun tampil sebagai penyelemat tim ini dengan membawa mereka ke peringkat empat besar klasemen.

Padahal, Newcastle United sedang berada di zona degradasi saat pertama menunjuk dirinya sebagai pelatih pada 2021 lalu.

Tidak dapat dipungkiri, kedatangannya memang langsung membawa dampak signifikan. The Magpies memanjat naik ke papan tengah, hingga akhirnya berakhir di 4 besar Premier League Liga Inggris 2022/2023.

Kini, Sandro Tonali pun dipilih sebagai salah satu amunisi baru Eddie Howe untuk mengarungi musim 2023/2024. Selain dirinya, Newcastle United kabarnya juga memburu Theo Hernandez.

Bursa TransferAC MilanNewcastle UnitedEddie HoweSandro TonaliIndepth

Berita Terkini