x

Profil Nicolas Jackson, 'Mutiara Senegal' Calon Mesin Gol Chelsea

Sabtu, 24 Juni 2023 14:17 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Nicolas Jackson, pemain Villarreal calon mesin gol Chelsea. (Foto: Instagram@jackson.nj11)

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea akan segera mengumumkan Nicolas Jackson sebagai rekrutan baru di bursa transfer musim panas 2023.

Menurut laporan dari Fabrizio Romano, Chelsea akan membayar klausul pelepasan Nicolas Jackson dari Villarreal sebesar 35 juta Euro atau sekitar Rp575 miliar.

Chelsea dikabarkan menyelesaikan pembayaran dengan mencicil. The Blues telah menyetujui persyaratan pribadi dengan Nicolas Jackson dan tes medis segera dijadwalkan.

Kedatangan striker asal Senegal tersebut membuat rumor kepergian Kai Havertz dipastikan segera terjadi. Ia sendiri sudah dikaitkan siap hengkang ke Arsenal di bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

Sementara itu, Nicolas Jackson sebelumnya sempat dikaitkan bakal hengkang ke klub raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan.

Paolo Maldini dan Ricky Massara kabarnya sudah menggelar pertemuan dengan agen sang pemain pada bulan Mei 2023 lalu.

Baca Juga

Akan tetapi, pemecatan yang dilakukan manajemen AC Milan kepada Paolo Maldini dan Ricky Massara di awal Juni 2023 lalu membuat rencana transfer striker muda tersebut terhambat.

Kini Nicolas Jackson akan segera merapat ke Stamford Bridge pada bursa transfer musim panas 2023, dan diprediksi bisa menjadi mesin gol Chelsea. Berikut kami telah merangkum profil "Mutiara Senegal" tersebut:

Baca Juga

1. Profil Nicolas Jackson

Nicolas Jackson, pemain Villarreal yang jadi incaran Chelsea (Foto: Instagram @jackson.nj11)

Nicolas Jackson lahir Banjul, Gambia pada 20 Juni 2001 silam. Meski masih berusia 21 tahun, dirinya sudah menjadi striker mematikan bagi Villarreal.

Lahir di Negara Gambia, Nicolas Jackson dibesarkan di Senegal. Di situs Transfermarkt, ia memulai karier di klub Senegal, Casa Sports pada 2018.

Kemudian pada 2019, ia berani hengkang ke Eropa dan bergabung ke Villarreal. Dirinya dimasukkan terlebih dahulu ke tim Juvenil A klub La Liga tersebut.

Sang striker juga sempat dipinjamkan ke Mirandes. Ia bermain di klub Segunda Division pada musim 2020-2021 lalu.

Bermain di kasta kedua Liga Spanyol, ia hanya mencatatkan 1 gol dari 17 laga pada musim 2020/2021.

Baca Juga

Setelah masa peminjamannya selesai, Nicolas Jackson sempat dimasukan ke tim B Villarreal dan membantu klub tersebut meraih tiket promosi ke divisi dua. Ia tercatat menorehkan tujuh gol dalam 27 laga.

Baca Juga

Karena menunjukan performa meningkat, ia kemudian dipromosikan ke tim utama Villarreal pada Oktober 2021. Pada musim pertamanya, ia gagal bersinar dan gagal mencetak gol maupun assist dalam sembilan laga di Liga Spanyol.

Barulah pada musim 2022-2023, Nicolas Jackson sukses membuat kejutan. Terbukti, Jackson mampu mengoleksi torehan 12 gol dan 4 assist dari 26 pertandingan di Liga Spanyol.

Baca Juga

2. Statistik Nicolas Jackson

Nicolas Jackson, pemain Villarreal. (Foto: Instagram@jackson.nj11)

Kehebatannya mencetak gol pun cukup teruji. Di musim ini, ia mencatatkan 0,66 Non-Penalty Goals (NPG) atau gol tanpa penalti per 90 menit.

Rataan 0,66 gol per 90 menit yang ia buat, lahir dari 2,33 tembakan yang dilepaskan Jackson per 90 menit, alias dirinya punya konversi tembakan berbuah gol sebesar 28 persen.

Kemampuan mencetak gol ini dibarengi dengan kemampuan Jackson dalam menciptakan peluang untuk rekan, dengan rataan 0,24 assist per 90 menit.

Rataan 0,24 assist per 90 menit itu lahir dari 0,84 Goal-Creating Actions (GCA) atau tindakan seperti operan dan dribel yang berbuah gol per 90 menit.

Dengan kata lain, Jackson adalah penyerang komplet yang bisa bekerja sama dengan rekannya, baik untuk menuntaskan peluang dan menciptakan peluang.

Soal kerjasama tim, Jackson punya rataan operan yang baik, dengan membuat 2,33 operan progresif per 90 menit dan memiliki 76,3 persen akurasi operan dari 18,38 operan per 90 menit.

Jackson juga punya skill individu mumpuni, dengan rataan 1,31 Take-Ons atau melewati lawan dan tercatat rata-rata membuat 20,11 dribel bola ke area lawan per 90 menit.

Bursa TransferChelseaVillarrealBerita Bursa TransferNicolas Jackson

Berita Terkini