x

Redup Bersama Juventus, Federico Chiesa Menatap Karier Baru di Liverpool, Auto Jago Lagi?

Sabtu, 24 Juni 2023 19:25 WIB
Editor: Juni Adi
Dusan Vlahovic merayakan gol pertama Juventus dengan Federico Chiesa REUTERS-Massimo Pinca

INDOSPORT.COM - Liverpool selangkah lagi bakal mendapatkan Federico Chiesa dari klub Liga Italia (Serie A), Juventus pada bursa transfer musim panas ini.

Nasib Federico Chiesa di Juventus nampaknya bakal segera menemui titik terang berselimut kelam, lantaran sang pemain akan segera dijual pada bursa transfer musim panas ini.

Winger berusia 25 tahun ini, tahun lalu menghabiskan sebagian besar hari-harinya berkutat dengan cedera, termasuk lutut, tendon, dan yang paling parah ACL.

Menyusul kondisinya yang tidak fit tersebut, ia baru bisa merumput kembali dengan tenang bersama Bianconeri sejak April 2023 lalu.

Jika dihitung secara keseluruhan, Federico Chiesa telah memainkan 33 laga untuk Juventus di semua kompetisi sepanjang musim 2022/2023.

Baca Juga

Namun di tengah upayanya untuk bangkit dan konsisten fit lagi, pemain kelahiran Genoa itu justru dikaitkan dengan pintu keluar Allianz Stadium.

Situasi itu coba dipantau oleh klub asal Inggris, Liverpool. Diketahui memang pelatih Jurgen Klopp memang sedang mencari penyrang baru untuk musim depan.

Baca Juga

Lini tersebut menjadi titik lemah Liverpool musim lalu, meski mereka masih punya Mohamed Salah yang performanya cukup konsisten.

Dua musim lalu, Liverpool pernah coba merekrutnya ke Anfield. Namun usaha mereka gagal. Kini, mereka berupaya memboyong untuk kedua kalinya.

Bergabung dengan The Reds, bisa menjadi keputusan tepat Federico Chiesa untuk mengembalikan performa terbaiknya ketimbang di Juventus.

Baca Juga

1. Bisa Bangkit Lagi

Dusan Vlahovic merayakan gol pertama Juventus dengan Federico Chiesa REUTERS-Massimo Pinca

Federico Chiesa diboyong oleh Juventus usai tampil moncer bersama Fiorentina pada musim panas 2020 lalu. Awalnya Si Nyonya Tua meminjam selama dua musim.

Karena performanya memuaskan, ia pun dipermanenkan statusnya dengan biaya mencapai 42 juta euro oleh Juventus. 

Di musim pertamanya, Chiesa jadi andalan di lini serangan dengan membuat 46 penampilan dan mencetak 15 gol serta 11 assist di semua ajang.

Sayang di musim keduanya performa dia menurun karena berkutat cedera, dan hanya mencatatkan 18 penampilan mencetak 4 gol dan 4 assist.

Chiesa coba memperbaiki penampilannya di musim 2022-2023 lalu. Ia sukses tampil dalam 33 pertandingan dan menyumbang 4 gol serta 6 assist di lintas kompetisi.

Baca Juga

Namun statistik itu rupanya tidak cukup membuat manajemen puas. Ia pun akhirnya masuk dalam daftar jual Juventus musim panas ini.

Menurunnya kualitas Chiesa tidak lepas dari pergantian pelatih di Juventus dari Andrea Pirlo ke Massimiliano Allegri.

Baca Juga

Di bawah asuhan Pirlo, Chiesa tampil trengginas. Pirlo tahu betul memberikan peran bermain untuk dia.  

Selain itu, cara Pirlo memainkan Chiesa juga membantu si pemain untuk menunjukkan kemampuan terbaik.

Di atas kertas, formasi yang paling kerap digunakan Pirlo adalah 4-4-2. Akan tetapi, pada praktiknya, dalam fase menyerang, susunan pemain berubah menjadi 3-3-4 atau 3-4-3. 

Baca Juga

Chiesa yang acap dimainkan sebagai gelandang kanan pun mendapat keuntungan karena, saat menyerang, dia bisa berada lebih dekat dengan gawang lawan.

Di bawah Allegri, formasi yang paling kerap digunakan juga 4-4-2. Chiesa pun masih dipercaya untuk bermain di sayap. 
Akan tetapi, formasi 4-4-2 Allegri tidak pernah berubah wujud seperti milik Pirlo saat menyerang. 

Alhasil, Chiesa pun lebih banyak terisolasi di sayap dan semakin jauh saja dari gawang lawan. Padahal naluri mencetak golnya sangat hebat.

Terisolirnya Chiesa di sayap itu terlihat dari adanya penurunan output Chiesa saat menyerang. Musim lalu ia hanya bisa mencetak 4 gol, dan lebih banyak memberikan assist dengan 6 assist.

Bergabungnya Chiesa ke Liverpool pun bisa menjadi keputusan tepat. Tangan dingin Jurgen Klopp sangat andal untuk diharapkan memoles kemampuan pemain menjadi bintang, seperti yang dilakukan kepada Sadio Mane, Mohamed Salah hingga Roberto Firmino.

JuventusLiga ItaliaFederico Chiesa

Berita Terkini