x

Menuju Liverpool 2026: Alexander-Arnold Kapten, Mohamed Salah Sudah Out?

Minggu, 25 Juni 2023 16:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp masih akan bersama Liverpool sampai 2026. Foto: REUTERS/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Akan seperti apa skuad tim Liga Inggris (Premier League), Liverpool, ketika Jurgen Klopp nantinya angkat kaki pada tahun 2026?

Meski masih lama, pertanyaan itu mungkin sudah terlintas di benak sejumlah suporter The Reds yang dalam beberapa waktu belakangan disuguhi performa naik-turun dari tim kesayangannya.

Ya, Liverpool pernah tampil luar biasa dengan memenangkan Liga Champions dan menumpas kutukan tidak juara Liga Inggris setelah 30 tahun lebih.

Selain memenangkan dua trofi bergengsi itu, mereka juga meraih gelar-gelar lainnya berkat tangan dingin Jurgen Klopp yang tidak pernah menyerah selama bertahun-tahun.

Akan tetapi, penampilan Liverpool sepanjang musim 2022/2023 terbilang cukup mengkhawatirkan. Bahkan pada 2023/2024, mereka akan bermain di Liga Europa.

Baca Juga

Nasib dan kelanjutan masa depan Jurgen Klopp di Liverpool pun sudah pernah mencuat. Banyak yang menilai, magis pelatih asal Jerman itu sudah mulai sirna.

Liverpool sendiri termasuk klub yang sangat sabar dalam penantian mereka memburu gelar dan trofi bersama Jurgen Klopp.

Baca Juga

Alih-alih langsung mengganti juru taktik saat tidak mendapat hasil yang diinginkan, pemilik Liverpool memilih percaya kepada Jurgen Klopp.

Kini, setelah berhasil meraih banyak trofi, Jurgen Klopp nampaknya sudah tidak punya banyak waktu untuk tetap membesut Liverpool.

Namun suporter The Reds patut berbahagia karena sang manajer nampaknya bukan tipe juru taktik yang bakal dipecat oleh pemilik klub.

Baca Juga

1. Menerawang Bakal Skuad Warisan Jurgen Klopp

Jurgen Klopp masih akan bersama Liverpool sampai 2026. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Jurgen Klopp pun diprediksi akan angkat kaki dari Liverpool atas kemauannya sendiri tanpa embel-embel pemecatan atau semacamnya.

Jika tidak, ia dan Liverpool tidak akan menyegel perpanjangan kontrak beberapa waktu lalu yang akan mengikatnya di klub ini sampai 2026.

Dengan sisa waktu yang ia miliki sampai 2026, ia pun memiliki PR besar untuk meramu skuad yang layak diwariskan ke penerus selanjutnya.

Tentu saja, skuad yang patut tersebut akan menjadi idaman tidak hanya baginya maupun Liverpool, tetapi juga sang pengganti.

Penggantinya pasti akan dengan senang hati mewarisi skuad berisi para jagoan dengan mental baja dan kestabilan, alih-alih yang rusak parah atau berantakan.

Baca Juga

Jika bicara soal Liverpool pada 2026, publik mungkin sudah bisa menerawang siapa-siapa saja yang mungkin masih tinggal maupun berpeluang pergi.

Jordan Henderson, sang kapten tim, saat itu sudah akan berusia 36 tahun. Ditambah lagi, kontraknya bersama The Reds bakal berakhir pada 2025.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin, Trent Alexander-Arnold akan menjadi kapten tim selanjutnya. Ia memiliki jiwa ‘merah’ yang sangat kuat dan seorang putra asli Liverpool.

Ia sudah berada di Liverpool FC sejak bocah. Banyak yang sudah menyaksikan bagaimana ia tumbuh besar baik sebagai pribadi maupun pemain.

Sebut saja Pepijn Lijnders dan Steven Gerrard. Jebolan akademi Liverpool, seorang pemain lokal, yang sejauh ini mendedikasikan kariernya sebagai one man one club.

Baca Juga
 

2. Nasib Para Pemain Liverpool Saat Ini

Jurgen Klopp masih akan bersama Liverpool sampai 2026. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Oleh sebab itu, Trent Alexander-Arnold adalah calon kapten masa depan yang layak diperhitungkan sebagai penerus Jordan Henderson pada 2026.

Kemudian ada Mohamed Salah, satu lagi pemain yang sudah akan berusia makin senja pada 2026. Ia mungkin sudah tidak ada lagi di skuad.

Sama seperti Jordan Henderson, kontrak pemain asal Mesir tersebut juga akan kedaluwarsa pada 2025 mendatang.

Ada kemungkinan Mohamed Salah sudah tidak akan memperkuat Liverpool lagi pada 2026 nanti, tapi pasukan serang The Reds masih punya sejumlah pemain untuk diandalkan.

Mereka masih punya Darwin Nunez dkk yang dari segi usia masih sangat muda. Selain itu, pengganti Mohamed Salah mungkin akan didatangkan jelang tahun 2026.

Federico Chiesa bisa menjadi salah satu opsi, namun jika datang sekarang ia mungkin akan kesulitan bersaing dengan Mohamed Salah.

Selain itu, sektor lain yang harus diperhatikan adalah bek tengah, di mana Virgil van Dijk mungkin juga akan dianugerahi seorang pewaris.

Hanya saja, di usianya yang nanti 35 tahun, bintang Timnas Belanda tersebut agaknya belum terlalu ‘tua’ untuk terus bermain sebagai bek.

Kemungkinan, Liverpool akan merekrut tambahan bek tengah sebagai stok dan bagian transisi, untuk mengantisipasi kepergian Virgil van Dijk pada atau setelah 2026.

Selebihnya, Jurgen Klopp mungkin akan mewariskan skuad yang berisi pemain-pemain baru di sektor gelandang dan bek tengah. Thiago Alcantara dan Joel Matip mungkin sudah angkat kaki juga.

Namun yang jelas, Jurgen Klopp dan Liverpool sudah dikenal sebagai orang-orang yang jarang belanja di bursa transfer pemain. 

LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisOne FootballIndepth

Berita Terkini