x

Dibekuk RANS Nusantara, Arema FC Temukan Banyak Kelemahan Jelang Liga 1

Senin, 26 Juni 2023 15:43 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Arema FC memetik pelajaran penting setelah menggelar uji coba pramusim di tengah menjalani program training center (TC) di Yogyakarta pekan ini.(Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC memetik pelajaran penting setelah menggelar uji coba pramusim Liga 1 di tengah menjalani program training center (TC) di Yogyakarta pekan ini.

Tim berjulukan Singo Edan mendapatkan kekalahan pertamanya saat bertemu Rans Nusantara FC di kompleks lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dalam uji coba pramusim ketiganya, Arema FC takluk dengan skor 1-2 dari Rans Nusantara FC di lapangan UNY pada Minggu (25/06/23). 

Dua gol kemenangan Rans Nusantara FC dibukukan Evandro Brandao dan Abdul Rahman. Sedangkan Arema FC hanya membalas dari gol Arsyaq Gufron Ramadhan.

Kekalahan ini menjadi yang pertama kalinya bagi Arema FC, setelah menang dalam dua uji coba pramusim yang dilakoni sebelumnya.

Baca Juga

Yaitu ketika menumbangkan Persikabo 1973 dengan skor 3-1 di Bogor (09/06/23) dan menang adu penalti 5-4 di markas Bali United (18/06/23) lalu.

"Secara hasil mungkin tidak bagus. Karena tim kami kalah," ucap Asisten Pelatih Arema FC, I Putu Gede, melalui rilis klub kepada awak media di Malang.

Baca Juga

"Tapi di sisi lain, kami jadi mengetahui kelemahan apa saja yang harus dibenahi," sambung eks Pelatih PSS Sleman dan PSMS Medan tersebut.

Uji coba menghadapi Rans Nusantara FC kemungkinan besar menjadi pramusim terakhir yang dilakoni Arema FC dalam program TC di Yogyakarta.

Setelahnya, Tim Singo Edan sudah harus menata fokusnya untuk menghadapi Dewa United pada pekan ke-1 Liga 1 Indonesia, Minggu (02/07/23).

Baca Juga

1. Evaluasi Cepat

Arema FC menjalani latihan di Yogyakarta. (Foto: MO Arema FC)

Yang jelas, Arema FC harus segera menggelar evaluasi secara cepat untuk berbenah jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024 pada Juli mendatang.

Setidaknya, ada sisa waktu satu pekan bagi tim besutan Joko Susilo, sebelum melawan Dewa United di Indomilk Arena Tangerang, Minggu (02/07/23).

I Putu Gede lantas menerangkan, cukup banyak pekerjaan rumah dari permainan Arema FC yang mesti diselesaikan dalam sisa waktu yang ada.

"Dalam evaluasi kami, tim masih mengikuti irama permainan lawan. Lalu juga masih ada kesalahan dalam antisipasi serangan," I Putu Gede mengulas.

Tak hanya itu, tugas terbesar Tim Singo Edan juga tampak di lini serang. Lantaran dari 3 kali uji coba pramusim, baru 3 gol yang disarangkan striker.

Baca Juga

Tiga gol itu diborong Dedik Setiawan saat Arema FC mengalahkan Persikabo di Bogor (09/06/23) lalu, lalu imbang 0-0 (menang penalti 5-4) melawan Bali United (18/06/23).

Sedangkan saat dikalahkan Rans Nusantara FC 1-2 di Yogyakarta (25/06/23), satu gol balasan diciptakan pemain bertahan.

Baca Juga

Kendati demikian, kapten Arema Malang saat menjuarai Copa Indonesia 2005 dan 2006 itu tetap memberi penilaian positif terhadap performa Gustavo Almeida dkk.

"Secara keseluruhan, para pemain sudah berusaha untuk tampil dengan kemampuan maksimal di pertandingan," ujar asisten Pelatih Arema FC tersebut.

Baca Juga
Rans Nusantara FCLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini