x

Bedah Kualitas Fabiano Parisi, Wonderkid Italia Rekrutan Perdana Juventus Era Giuntoli

Senin, 26 Juni 2023 16:32 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bek Empoli, Fabiano Parisi, yang dikaitkan ke Juventus. (Foto: instagram@fabianoparisi)

INDOSPORT.COM – Bedah kualitas dari Fabiano Parisi, salah satu bek monster benua Eropa yang bakal jadi rekrutan pertama Juventus era Cristiano Giuntoli di Liga Italia musim depan.

Usai gagal bersaing di tangga juara Liga Italia dalam tiga musim terakhir, Juventus tampaknya bakal melakukan perombakan besar terutama di tubuh manajerial tim.

Terbukti, Juventus tengah berupaya mendapatkan tanda tangan Cristiano Giuntoli yang bakal menjabat sebagai Direktur Olahraga baru Si Nyonya Tua musim depan.

Sebelum dikaitkan dengan Juventus, nama Cristiano Giuntoli memang sempat bersinar di Liga Italia terutama saat masih bekerja buat Napoli.

Bersama Gli Azzurri, pria berusia 51 tahun ini berhasil membuat Napoli jadi tim menakutkan di Serie A hingga akhirnya merengkuh scudetto musim 22/23 lalu.

Baca Juga

Kontrak Cristiano Giuntoli bersama Napoli sendiri masih akan tersisa sampai 30 Juni 2024, namun Giuntoli dan Aurelio De Laurentiis sudah sama-sama sepakat untuk berpisah.

Andai sukses mendatangkan Cristiano Giuntoli, kabarnya Juventus sudah menyiapkan sejumlah nama untuk direkrut pada bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga

Salah satunya adalah Fabiano Parisi, bek muda Italia yang tampil gemilang sepanjang musim lalu saat memperkuat Empoli.

Berbekal nama besar Juventus dan ditambah tangan dingin Cristiano Giuntoli dalam negosiasi pemain, tampaknya bukan masalah besar bagi Si Nyonya Tua untuk dapatkan Fabiano Parisi.

Sebelum resmi diperkenalkan sebagai penggawa baru Juventus, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas profil dan kualitas Fabiano Parisi yang bakal jadi rekrutan perdana Cristiano Giuntoli di Turin:

Baca Juga

1. Profil Fabiano Parisi

Aksi Fabiano Parisi menghadang Manuel Locatelli di laga Empoli vs Juventus. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Fabiano Parisi merupakan pesepak bola asal Italia yang lahir pada 9 November tahun 2000 silam di kota Solofra, Italia.

Sebelum tampil di level profesional, Fabiano Parisi bermain di sejumlah tim lokal Italia seperti Pro Irpinia, Vigor Perconti hingga Benevento.

Bersama tim akademi Benevento inilah karier Fabiano Parisi melejit, tepatnya saat mentas di ajang Campionato Primavera dengan mencetak dua gol dari total 18 penampilan.

Berkat penampilan tersebut, Fabiano Parisi akhirnya mendapat kontrak profesional dari tim senior Benevento.

Akan tetapi, perjuangan Fabiano Parisi menembus tim inti Benevento terlihat sangat berat, dirinya pun harus dilepas ke Avellino yang mentas ke Serie D.

Baca Juga

Awalnya Fabiano Parisi hanya dipinjamkan ke Avellino. Pemain berusia 22 tahun ini pun tampil apik dengan membantu klub promosi ke Serie C.

Terkesan dengan penampilannya, Avellino resmi merekrut Fabiano Parisi yang saat itu dilepas Benevento secara bebas transfer.

Baca Juga

Di musim 2019/20, Fabiano Parisi yang jadi tumpuan Avellino di sepanjang gelaran Serie C Liga Italia berhasil tampil sebanyak 32 pertandingan dengan torehkan 4 gol.

Bakatnya tersebut membuat Empoli yang berada di Serie B kepincut, hingga akhirnya memboyong Fabiano Parisi dengan mahar hanya 450 ribu euro.

Catatkan 22 pertandingan sepanjang musim dan mencetak satu gol di semua ajang, Fabiano Parisi berhasil membantu Empoli promosi ke kasta teratas Liga Italia di musim 2020/21.

Baca Juga

2. Kualitas Fabiano Parisi

Selebrasi pemain Empoli, Sebastiano Luperto rayakan gol kedua mereka bersama Filippo Bandinelli usai membobol gawang Juventus di laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Selam memperkuat Empoli sejak tiga tahun terakhir, Fabiano Parisi selalu jadi pilihan utama di lini pertahanan Gli Azzurri.

Total hingga saat ini, Fabiano Parisi sudah mencatatkan 81 pertandingan dengan rincian tiga gol serta memberikan lima assists di semua ajang buat Empoli.

Melansir dari Whoscored, diketahui bahwa Fabiano Parisi merupakan salah satu bek muda yang punya kemampuan bertahan yang cukup apik.

Sepanjang musim lalu, Fabiano Parisi telah melakukan 33 penampilan dengan rata-rata melakukan dua kali tekel per laga, 1.2 kali intersep serta 2.1 kali clearance tiap pertandingan.

Tak hanya tangguh dalam menahan serangan lawan, Fabiano Parisi juga punya visi bermain yang tinggi dan sering jadi otak permainan Empoli dalam menekan lawan.

Tercatat, dalam satu pertandingan di musim lalu Fabiano Parisi mampu melepaskan 0.6 kali keypasss, 38 kali umpan dengan tingkat akurasi mencapai 79 persen, serta 0.4 kali crossing.

Dengan usia yang masih sangat muda namun memiliki kemampuan bermain yang apik, membuat Fabiano Parisi bakal jadi salah satu rekrutan menjanjikan buat Juventus.

JuventusLiga ItaliaFabiano Parisi

Berita Terkini