x

Gelaran Liga 1 Akan Gunakan Standar Pengamanan Internasional

Senin, 26 Juni 2023 16:38 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Laga Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Sabtu (15/04/23).

INDOSPORT.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa Polri siap mengamankan jalannya roda kompetisi Liga 1 2023-2024.

Bahkan Kapolri mengatakan pengamanan Liga 1 2023-2024 akan menerapkan standar pengaman internasional.

Roda kompetisi Liga 1 memang bakal segera bergulir. Roda kompetisi strata teratas di Indonesia ini dijadwalkan memulai kick off pada 1 Juli mendatang

Jelang bergulirnya Liga 1 2023-2024, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun melakukan pertemuan Kapolri Jendera Listyo Sigit Prabowo. Dalam pertemuan ini, Kapolri menegaskan siap memberikan pengamanan dalam jalannya Liga.

Baca Juga

Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya bakal menerapkan standar pengamanan internasional pada kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1, 2 dan 3.

Standar pengamanan internasional ini sebelumnya didapatkan melalui kursus pengamanan pertandingan sepakbola dari instruktur yang didatangkan langsung dari Coventry University, Inggris pada akhir Januari lalu.

Baca Juga

"Sesuai dengan komitmen Polri untuk bisa betul-betul melaksanakan pengamanan dengan standar internasional," buka Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Beberapa waktu lalu kami sudah mengundang para instruktur dari Inggris dari Conventry University saat itu untuk memberikan pelatihan," tambah Listyo Sigit.

Baca Juga

1. Model Pengamanan Sesuai Standar FIFA

Kericuhan antara suporter dan polisi terjadi di laga lanjutan Liga 1 antara PSMS Medan dan PSM Makassar.

Kapolri mengatakan bahwa apa yang diundang merupakan para ahli yang terbiasa mengurus pertandingan internasional.

"Beliau beliau adalah ahli ahli yang sangat memahami bola, pengurus pengurus yang selalu ikut dalam pertandingan pertandingan internasional ada di FIFA."

"Jadi kita laksanakan pelatihan waktu itu yang diikuti oleh personel Polri kemudian juga pengurus liga, kemudian juga ada perwakilan supporter sehingga kemudian kita ingin bahwa penyelenggaraan liga Indonesia ke depan kita menggunakan standar pengamanan internasional," tegas Kapolri.

Baca Juga

Kapolri menerangkan untuk model pengamanan sesuai standar FIFA, yakni petugas Kepolisian hanya berada di luar Stadion.

Sementara di dalam lapangan hanya ada petugas steward. Petugas Kepolisian baru boleh memasuki lapangan apabila sudah mendapatkan rahan dari panitia pelaksana pertandingan.

Baca Juga

"Saya kira rekan rekan beberapa sudah melihat bahwa pertandingan yang kita laksanakan beberapa waktu season kemarin, pola pengamanannya sudah berubah di mana Polri tidak ada yang di dalam, kalau rekan rekan lihat di sekeliling lapangan hanya terlihat Steward dengan seragam khusus menghadap ke penonton, sesuai dengan tugas yang dilaksanakan oleh mereka."

"Polri, akan masuk pada saat nanti panitia pelaksana pertandingan, kemudian meminta polri untuk masuk. Selama tidak ada itu maka kami tetap berada di luar," tukss Kapolri.

Baca Juga
PSSILiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini