x

Mainkan Strategi Baru, Marian Mihail Terkejut PSS Tampil Bagus Lawan Persib

Senin, 26 Juni 2023 16:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pertandingan PSS Sleman vs Persib Bandung di Maguwoharjo. (Foto: MO PSS Sleman)

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail, terkejut dengan performa bagus timnya saat uji coba jelang Liga 1 melawan Persib Bandung, Minggu (25/06/23). Bukan soal skor, Kim Kurniawan dkk. cepat beradaptasi dengan strategi baru.

Marian Mihail melakukan evaluasi setelah permainan kurang meyakinkan dalam uji coba melawan Barito Putera dan Borneo FC. Performa tim Elang Jawa menghadirkan sorotan dari para pendukungnya.

Namun, performa PSS mengalami perubahan signifikan saat melawan Persib di Stadion Maguwoharjo Sleman. PSS bisa membangun serangan lebih rapih.

Sistem bertahan yang dibangun PSS juga berjalan bagus. Persib hanya mendapatkan satu peluang mutlak yang kemudian berbuah gol lewat David Silva, memanfaatkan umpan Edo Febriansyah.

Sementara PSS sukses mendapatkan deretan peluang emas untuk mencetak gol. Dua peluang sukses dikonversikan menjadi gol, tapi sayangnya hanya gol Wahyudi Hamisi yang disahkan wasit. Satu gol lagi lewat Ricky Cawor dinyatakan off-side.

Baca Juga

Marian Mihail mengapresiasi performa yang ditunjukkan timnya. Ia mengaku terkejut dengan progres tim yang begitu cepat.

"Sebenarnya saya tidak percaya tim begitu cepat beradaptasi dan bermain bagus. Saya senang dengan hal itu. Ini menjadi motivasi bagi kami agar progres tim dapat berlanjut saat liga dimulai," kata Marian Mihail usai pertandingan.

Baca Juga

Adaptasi yang dimaksud Mihail adalah perubahan pola permainan dari 4-3-3 menjadi 4-2-3-1. Pola ini cukup efektif untuk menahan gempuran Persib Bandung dan dapat menguasai bola lebih lama.

"Dari tiga pertandingan yang kita jalani, di pertandingan ini kita bermain lebih baik. Kita melakukan perubahan formasi setelah saya menyaksikan pertandingan tim musim lalu, berbicara dengan staf pelatih dan Kim Kurniawan sebagai kapten," jelas Mihail.

"Menurut saya perubahan ini merupakan ide yang bagus. Para pemain terlihat nyaman dan lebih mengerti dengan taktik 4-2-3-1, terutama Kim dan Hamisi. Mereka bertahan dan menyeimbangkan tim dengan bagus," lanjutnya.

Baca Juga

1. Performa Pemain Asing

Pertandingan PSS Sleman vs Persib Bandung di Maguwoharjo. (Foto: MO PSS Sleman)

Mihail ikut senang dengan kembalinya Esteban Vizcarra dan Jonathan Bustos. Kedua pemain ini baru saja pulih dari cedera yang membuat mereka absen lawan Borneo FC dan Barito Putera.

Vizcarra bermain hingga menit ke-55. Peran eks gelandang Madura United itu digantikan Jonathan Bustos. Masuknya Bustos membuat PSS banyak menghadirkan peluang emas.

Namun, PSS belum diperkuat gelandang asal Lebanon, Jihad Ayoub dan winger asal Jepang, Kei Sano. Mihail memastikan keduanya siap tampil menuju laga perdana Liga 1 2023-2024.

"Saya senang Vizcarra dan Bustos bisa bermain. Kita sedang menunggu Ayoub dan Sano untuk sesi latihan dan pada pertandingan berikutnya," ungkap Mihail.

"Ini menjadi referensi yang bagus untuk kita ke depannya. Ini menjadi standar bagaimana cara kita bermain, bagaimana cara kita berjuang dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan," sambungnya.

Baca Juga

Uji coba ini menjadi yang terakhir bagi PSS Sleman. Setelah ini, PSS fokus penuh di sesi latihan sebelum kemudian berangkat ke Bali.

Baca Juga

PSS akan menjadi tim pembuka kompetisi Liga 1 2023-2024 dengan melawan tuan rumah Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (01/07/23) sore.

Sama seperti PSS Sleman, Bali United juga melakoni tiga partai uji coba dalam pramusim. Mereka menelan satu kekalahan atas Persebaya Surabaya 1-3, dan bermain imbang kontra Arema FC 0-0 dan Dewa United 2-2.

Baca Juga
Persib BandungPSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Marian MihailBerita Liga 1

Berita Terkini