x

Performa Meningkat, Moussa Sidibe Bisa Bikin Persis Solo Lupakan Ryo Matsumura

Selasa, 27 Juni 2023 11:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Moussa Sidibe resmi diperkenalkan sebagai pengganti Ryo Matsumura di Persis Solo. (Foto: MO Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, menilai Moussa Sidibe belum menunjukkan performa 100 persen. Dia diyakini bisa lebih maksimal ketimbang saat membobol gawang Persebaya, Sabtu (24/6/23).

Moussa merupakan satu dari tiga pemain asing anyar yang didatangkan Persis Solo musim ini. Dia didatangkan setelah Ryo Matsumura memilih hengkang ke Persija Jakarta.

Mantan pemain Johor Darul Takzim ini sudah ditampilkan dalam uji coba melawan tim Liga 3 Jawa Tengah, PS UNSA serta tim K League 1, Jeonbuk Hyundai Motors dan kontestan Liga 1, Persebaya Surabaya.

Gaya bermain Moussa Sidibe hampir mirip dengan Ryo Matsumura. Dia bisa beroperasi di lini tengah bersama Alexis Messidoro atau pun menyisir sektor sayap.

Satu gol keren dibuat Moussa Sidibe ke gawang Persebaya Surabaya lewat aksi individu melewati satu bek lawan yang berada di kotak terlarang.

Baca Juga

Gol itu memberi bukti bahwa adaptasi Moussa Sidibe berjalan cepat. Performanya jauh lebih bagus ketimbang saat melawan Jeonbuk yang dianggap tak begitu efektif.

Meski begitu, Leonardo Medina menilai performa Moussa masih bisa ditingkatkan lagi. Dia mengetahui level bermain Moussa karena pernah sama-sama berada di Johor Darul Takzim.

"Moussa adalah pemain yang sangat baik. Dia sedang beradaptasi dengan tim barunya dan situasi yang ada di Indonesia, tapi dia belum melakukan permainan secara sempurna," kata Leo Medina.

Baca Juga

Leo Medina berani merekrut Moussa bukan sekadar pengalaman panjang di Spanyol. Persis Solo membutuhkan sosok sepertinya agar kinerja tim terdongkrak di Liga 1 2023-2024.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Moussa Sidibe. Selain memiliki kecepatan, kaki kirinya juga mematikan. Dia bisa melakukan eksekusi ataupun melepaskan umpan akurat.

"Dia adalah pemain yang bisa melakukan beberapa pendekatan berbeda. Dia bisa dribble, one two, finishing dan bisa melakukan crossing dari sisi luar lapangan," tutur Leo Medina.

Baca Juga

1. Evaluasi Persis Solo

Moussa Sidibe resmi diperkenalkan sebagai pengganti Ryo Matsumura di Persis Solo. (Foto: MO Persis Solo)

Persis Solo memiliki tiga sesi latihan lagi sebelum berjumpa Persebaya di laga pembukaan Liga 1 2023-2024 di Stadion Manahan, Sabtu (1/7/23) malam.

Leo Medina akan memaksimalkan waktu tersebut untuk memompa kualitas Moussa. Jika kinerjanya meningkat, performa Persis Solo juga akan terangkat.

"Saat ini Moussa bukan Moussa dalam versi terbaiknya, belum 100 persen performa terbaiknya. Saya akan menjadikan Moussa 100 persen. Kita lihat saat kompetisi nanti," ungkap Leo Medina.

Selain meningkatkan kualitas individu, Leo Medina juga fokus melakukan evaluasi tim setelah kekalahan 3-4 atas Persebaya dalam uji coba.

Baca Juga

Kekalahan itu menghadirkan kritik pedas lantaran Persis Solo sempat unggul 3-0 pada babak pertama. Persebaya dengan mudahnya mencetak empat gol balasan dalam 45 menit kedua.

Kekalahan itu menjadi bahan evaluasi penting. Leo Medina berjanji pada suporter untuk menampilkan permainan terbaik pada kompetisi yang sesungguhnya.

"Kami merasa malu kita menampilkan permainan buruk, tapi saya berjanji pada pertandingan pembuka Liga 1 nanti kami akan melakukan penampilan yang berbeda," tegas Leo Medina.

Baca Juga

Tentu saja bukan Persis Solo saja yang akan tampil berbeda. Persebaya Surabaya jelas akan tampil lebih ganas dengan kembalinya pemain-pemain inti.

Saat uji coba lalu, Persebaya tak menampilkan Ze Valente, Sho Yamamoto, Paulo Victor, Bruno Moreira, Alwi Slamat, dan Ernando Ari Sutaryadi. Enam pemain itu merupakan nyawa utama dari permainan Persebaya.

Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1One FootballLeonardo Medina ArellanoMoussa SidibeJadwal Persis Solo

Berita Terkini