x

Sofyan Amrabat, Solusi Paten untuk AC Milan Pasca Hengkangnya Sandro Tonali!

Selasa, 27 Juni 2023 15:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Cepat atau lambat, AC Milan akan segera meresmikan kepergian Sandro Tonali menuju Newcastle United pada bursa transfer musim panas kali ini. (Foto: REUTERS/Eva Korinkova)

INDOSPORT.COM - Cepat atau lambat, AC Milan akan segera meresmikan kepergian Sandro Tonali menuju Newcastle United pada bursa transfer musim panas kali ini.

Hingga kini Rossoneri masih belum juga bisa menemukan siapa pengganti sang gelandang Italia namun Sofyan Amrabat harusnya masuk dalam perhitungan mereka.

Menurut kabar dari Tuttosport pada Senin (27/06/23) lalu, Amrabat memang terjaring dalam radar AC Milan dan telah melakukan pendekatan formal pada yang bersangkutan.

Hanya saja bukan sesuatu yang mudah untuk mendapatkan bintang tim nasional Maroko tersebut mengingat banyak klub yang tertarik padanya.

Performa apik di Piala Dunia 2022 plus penampilan oke bersama Fiorentina membuat valuasi Amrabat juga semakin meninggi sejak sebelum bursa transfer musim panas 2023 dibuka.

Baca Juga

Bayern Munchen, Barcelona, West Ham United, Manchester United, dan masih banyak lagi kabarnya siap mengangkut pemain 26 tahun.

Misi AC Milan untuk mendapatkannya terasa semakin berat karena menurut agen sekaligus abang dari Sofyan Amrabat, Nordin Amrabat, pindah dari Liga Italia menuju Liga Spanyol adalah impian mereka.

Baca Juga

"Sofyan punya opsi klub baru yang lebih besar ketimbang West Ham. Tujuannya adalah bermain di level tertinggi, Spanyol," beber Nordin pada ESPN, 8 Juni 2023 lalu.

"Barcelona menginginkannya namun kita semua tahu bagaimana kondisi keuangan mereka. (Tapi) tidak mengapa karena masih banyak klub lain," tambahnya lagi.

Namun apabila AC Milan benar-benar tahu kualitas Amrabat berikut ini, mereka akan rela berdarah-darah untuk menjadikannya penerus dari Tonali.

Baca Juga

1. Berpengalaman di Liga Italia

Sofyan Amrabat, pemain Fiorentina. (Foto: REUTERS/Radovan Stoklasa)

Salah satu dilema sebuah klub kala belanja pemain baru di bursa transfer adalah soal adaptasi mereka dengan lingkungan yang juga baru.

Entah itu dengan taktik tim, rekan sesama pemain, atau bahkan kompetisi jika mereka datang dari liga asing.

AC Milan sudah merasakan masalah pahit itu di 2022/2023 kala mendatangkan Charles De Ketelaere dari klub Belgia, Club Brugge, seharga 35 juta Euro pada bursa transfer musim panas tahun lalu.

Meski sudah berinvestasi mahal, sang gelandang serang justru kesulitan untuk bisa menembus tim utama dan pada akhirnya hanya punya satu assist dari 40 penampilan lintas ajang yang sebagian besar dimulai dari bangku cadangan.

Padahal De Ketelaere di musim terakhirnya bersama Brugge mampu menyarangkan 18 gol dan 10 assist dari 49 laga yang mana sempat memberi harapan tinggi pada tifosi Il Diavolo Rosso.

Baca Juga

Maka itulah salah satu cara untuk menurukan resiko pembelian gagal adalah mencari talenta dari liga lokal meski itu belum bisa menjadi jaminan.

Sofyan Amrabat sudah punya pengalaman menjajal Liga Italia sejak 2019 silam. Meski pada awalnya, ia bukan nama terkenal namun jebolan akademi FC Utrecht tersebut perlahan menjadi salah satu yang terbaik di dunia?.

Baca Juga

Tidak percaya? Tengok saja grafik dari DataMB berikut ini yang membandingkan Amrabat dengan statistik rata-rata gelandang di liga top Eropa.

Sofyan Amrabat vs rata-rata gelandang liga top Eropa

Amrabat unggul dalam aspek yang mendukung dirinya menjadi gelandang bertahan modern seperti persentil umpan ke depan, umpan progresif, duel, dribel, maupun aksi bertahan.

Untuk kategori umpan kunci memang kesannya eks Hellas Verona itu tidak begitu handal namun bukan sebuah masalah besar karena ia tetap akan jadi upgrade dari Sandro Tonali untuk AC Milan.

Baca Juga

2. Tawarkan Ketenangan di Lini Tengah

Sofyan Amrabat. REUTERS-Carl Recine.jpg

Sofyan Amrabat bukanlan tipe gelandang yang akan meberikan klubnya dua digit gol dan assist setiap musim.

Sebagai gantinya ia bisa menjadi mercusuar di tengah lapangan, pemandu jalannya taktik berkat keunggulan tekhnik serta ketenangannya yang luar biasa.

Baik di Maroko maupun Fiorentina, Amrabat ditempatkan di pusat formasi entah itu sebagai nomor 6 atau 8.

Dari sana ia bisa terlibat dalam build-up serangan maupun transisi dari menyerang menuju bertahan.

Peran yang serupa juga dilakoni oleh Sandro Tonali di AC Milan namun statistik membuktikan nyaris di semua aspek pemain 23 tahun ini kalah dari calon penggantinya.

Bisa dilihat dari data milik Squawka di bawah ini, Tonali hanya bisa mengungguli Amrabat dalam hal rataan assist, pembuatan peluang, dan persentase duel darat sukses.

Sofyan Amrabat vs Sandro Tonali musim lalu di Liga Italia

Di aspek vital lain sebagai gelandang bertahan seperti perebutan bola, akurasi umpan, dan jumpah operan ke depan jadi milik Amrabat.

Maka dari itu AC Milan seharusnya tidak menunggu lama untuk bernegosiasi secara serius dengan Fiorentina untuk membahas kemungkinan transfer.

Sofyan Amrabat hanya punya sisa kontrak satu tahun saja namun harga pasarannya bisa meningkat sampai 50 juta Euro.

Bukan masalah besar bagi AC Milan yang kabarnya sukses melakukan negosiasi penjualan senilai 80 juta Euro dengan Newcastle United untuk Sandro Tonali.

Bursa TransferAC MilanSandro TonaliSofyan AmrabatIndepth

Berita Terkini