x

Bima Sakti Dihujat Netizen Usai Ditunjuk jadi Pelatih Timnas di Piala Dunia U-17, PSSI Pasang Badan

Rabu, 28 Juni 2023 05:41 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mempercayai Bima Sakti menukangi Timnas Indonesia U-17 menuju Piala Dunia U-17 2023 pada November mendatang.

Perhelatan Piala Dunia U-17 2023 bakal dihelat pada 10 November hingga 2 Desember mendatang. Timnas Indonesia U-17 mendapat mandat sebagai tuan rumah menggantikan peru yang belum siap secara infrastruktur.

Mengingat waktu yang cukup mepet, Erick Thohir langsung bergegas menunjuk pelatih untuk Timnas Indonesia U-17, dan ia memberi kepercayaan kepada Bima Sakti.

“Kami rasa akan memberikan kesempatan kepada Coach Bima (Sakti). Kami ingin memberikan kesempatan kepada pelatih-pelatih muda dan nanti akan didiskusikan dengan anggota Exco,” kata Erick Thohir, Sabtu (24/6/23).

Baca Juga

Erick tak akan membebani terhadap pelatih-pelatih lainnya seperti Shin Tae-yong maupun Indra Sjafri. Sebab, memang dalam kontrak mereka tidak ada keharusan memegang timnas Indonesia U-17.

“Sesuai dengan kontrak Coach Shin Tae-yong, kesepakatannya itu adalah memegang timnas Indonesia senior dan U-23,” jelas Erick Thohir.

Baca Juga

“Lalu kami kemarin juga memberi kesempatan coach Indra untuk memegang yang junior dan kami sedang mencari dirtek untuk menjaga keseimbangan kepelatihan nasional secara menyeluruh,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Erick Thohir juga menerangkan bahwa nantinya bakal ada pelatih pendamping untuk Bima Sakti selama melatih Timnas Indonesia U-17 menuju Piala Dunia 2023 pada November mendatang.

“Pasti ada pendamping lah karena ini kejuaraan dunia. Lalu kita lihat juga, untuk persiapan, kami akan mengirimkan tim terbaik, siapa pun mereka,” kata Erick Thohir.

Baca Juga

1. Bima Sakti Dihujat Netizen

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

Keputusan Erick Thohir menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 menuai banyak kritikan pedas dari netizen.

Hal tersebut lantaran rekam jejak Bima Sakti yang beberapa waktu lalu gagal membawa Timnas Indonesia U-17 ke turnamen yang lebih rendah, yakni Piala Asia U-17 2023.

Baca Juga

Pedihnya lagi, di pertandingan terakhir grup B yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, pada 9 Oktober 2022, Timnas Indonesia dikalahkan oleh tim Malaysia dengan skor tragis 1-5.

Menanggapi hujatan pecinta sepakbola Indonesia terhadap Bima Sakti tersebut, PSSI semakin pasang badan untuk mantan pelatih Persiba Balikpapan itu.

Baca Juga

“Ya, kita lihat lah, kan belum. Semuanya dirapatkan di exco, tapi apa yang disampaikan oleh ketua umum memang ini timnya dia,” kata Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, Selasa (27/06/23).

Sekilas mengenai prestasi Bima Sakti selama menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia, ia pernah membawa timnas Indonesia U-16 hingga semifinal Piala AFF 2018.

Lalu, Bima Sakti juga pernah berhasil membawa tim merah putih pada ajang Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan skuad Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Agustus tahun lalu.

PSSIErick ThohirPiala Dunia U-17Bima SaktiTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini