x

Daisuke Sato, Pemain Asing Asia Rekrutan Robert Alberts Andalan Luis Milla

Rabu, 28 Juni 2023 06:56 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bek Persib, Daisuke Sato, yang kini jadi andalan Luis Milla di Liga 1. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Daisuke Sato merupakan pemain asing Asia Persib Bandung yang didatangkan oleh Robert Rene Alberts, namun dia juga menjadi andalan Luis Milla di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Pemain asal Filipina ini, direkrut oleh skuad Maung Bandung menjelang bergulirnya turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Pengumuman bergabungnya Daisuke Sato, diumumkan Persib melalui akun media sosial klub di antaranya di Instagram @persib, Sabtu (11/06/22).

Manajemen Persib Bandung, saat itu merekrut Daisuke Sato atas rekomendasi dari pelatih Robert Rene Alberts, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Saat itu, durasi kontrak yang disepakati manajemen Persib dan Daisuke Sato yakni satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Baca Juga

Posisi Daisuke Sato sendiri merupakan bek kiri, padahal sebelumnya untuk persiapan mengarungi Liga 1 2022-2023, Persib membutuhkan tambahan pemain di posisi gelandang setelah kehilangan Mohammed Rashid.

Sebelumnya, Persib sempat kedatangan pemain asal Jepang, Ryohei Miyazaki, dan sudah menjalani seleksi sejak sesi latihan perdana di Stadion Persib, Selasa (17/05/22).

Baca Juga

Pelatih Persib saat itu, Robert Rene Alberts, sudah memberikan penilaian mengenai penampilan Ryohei Miyazaki, dengan tidak merekrut alias memulangkan pemain berusia 26 tahun tersebut.

Saat kompetisi Liga 1 2022-2023 bergulir, Daisuke Sato langsung mendapatkan kepercayaan dari Robert Rene Alberts untuk masuk ke starting eleven.

Pada pertandingan kedua dan ketiga kompetisi Liga 1 2022-2023, posisi Daisuke Sato tidak tergantikan dan tetap menjadi andalan Robert Rene Alberts.

Baca Juga

1. Tetap Jadi Andalan Saat Era Luis Milla

Bek Persib, Daisuke Sato, yang kini jadi andalan Luis Milla di Liga 1. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

Menjelang pertandingan pekan keempat Liga 1 2022-2023, Rabu (10/08/22), Robert Rene Alberts yang memutuskan mundur dari jabatannya, digantikan oleh Luis Milla.

Masuknya Luis Milla sebagai pelatih Persib, ternyata tidak memengaruhi posisi Daisuke Sato di dalam tim, walaupun strategi dan cara bermain yang diterapkan berbeda.

Pemain Timnas Filipina ini tetap menjadi pilihan utama di skuad Maung Bandung, meskipun kursi pelatih sudah berganti dari Robert Rene Alberts ke Luis Milla.

Selain itu, Luis Milla beberapa kali memasang Daisuke Sato di posisi yang berbeda dari biasanya. Pemain berusia 28 tahun ini, bisa menjawab kepercayaan tersebut dengan tampil maksimal.

Sepanjang kompetisi Liga 1 2022-2023 yang merupakan musim pertamanya di sepak bola Indonesia, Daisuke Sato tampil dalam 31 pertandingan dengan mengumpulkan 2.649 menit bermain, sertakan menyumbangkan dua gol.

Baca Juga

Selain itu, Daisuke Sato juga menjadi pemain kedua yang sering mendapatkan kesempatan bermain di kompetisi Liga 1 2022-2023, setelah David da Silva yang tampil dalam 33 laga.

Setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023, Daisuke Sato kembali masuk dalam skema yang disiapkan Luis Milla untuk persiapan mengarungi musim 2023-2024.

Hal itu terbukti dengan diperpanjangnya kontrak Daisuke Sato oleh manajemen Persib usai berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Rabu (11/01/23).

Pemain yang menggunakan nomor punggung 66 ini, mendapatkan perpanjangan kontrak dari manajemen skuad Maung Bandung hingga dua musim ke depan.

Baca Juga

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) saat itu mengatakan, keputusan untuk memperpanjang kontrak Daisuke Sato di skuad Maung Bandung merupakan rekomendasi dari Luis Milla.

Pasalnya, Luis Milla yang berada di lapangan mengetahui kondisi dan kebutuhan tim untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Selain itu, penampilan apik pemain asal Filipina tersebut pada putaran pertama kompetisi Liga 1 2022-2023 menjadi salah satu alasan tim Persib memperpanjang kontrak pemain yang berposisi sebagai bek tersebut.

"Kami sepakat melanjutkan kerja sama untuk dua tahun ke depan. Sesuai rekomendasi tim pelatih, Persib masih membutuhkan peran Sato," kata Teddy Tjahjono, Jumat (13/01/23).

Baca Juga

2. Senang Dapat Perpanjangan Kontrak dari Persib

Bek Persib, Daisuke Sato. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

Daisuke Sato sendiri, senang mendapatkan perpajangan kontrak dari manajemen Persib.

Dengan begitu, dia bisa berkontribusi kembali bagi tim kebanggaan Bobotoh hingga dua tahun ke depan.

Selain itu, Daisuke Sato menilai Persib merupakan tim bagus dan banyak pemain yang ingin bergabung dengan skuad Maung Bandung.

Dia pun merasa senang bisa menjadi bagian tim kebanggaan Bobotoh.

"Iya, saya sangat senang bisa bertahan lebih lama di tim Persib dan ini adalah klub yang bagus, banyak yang ingin menjadi bagian dari tim ini," kata Daisuke Sato.

Selain itu Daisuke Sato mengatakan, Persib merupakan salah satu tim besar bahkan di Asia dengan sejarah panjang di sepak bola Indonesia.

Untuk itu, saat mendapat kesempatan bergabung dengan skuad Maung Bandung, Daisuke Sato akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya dan bertekad membawa tim kebanggaan Bobotoh meraih prestasi.

"Saya beruntung bisa berada dalam posisi ini karena mendapatkan kesempatan berada di tim yang besar di Indonesia bahkan di Asia,

"Jadi tentu saya ingin menunjukkan apa yang bisa saya berikan untuk tim ini," ungkapnya.

Persib BandungLuis MillaLiga 1Daisuke SatoIndepth

Berita Terkini