x

Dominik Szoboszlai, Solusi 2 in 1 Jitu untuk Lini Serang dan Tengah Liverpool

Rabu, 28 Juni 2023 12:57 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Dominik Szboszlai lebih sering dikaitkan dengan Newcastle United pada bursa transfer musim panas ini namun bukan berarti Liverpool tidak berminat.

INDOSPORT.COM - Dominik Szboszlai lebih sering dikaitkan dengan Newcastle United pada bursa transfer musim panas ini namun bukan berarti Liverpool tidak berminat.

Bintang muda Hungaria tersebut adalah salah satu properti terpanas di pasar pemain saat ini dan ia adalah sosok yang cocok untuk The Reds.

Dua musim bersama RB Leipzig di Liga Jerman membuat talenta Szoboszlai kian terasah.

Pada kampanye 2022/2023 lalu ia kembali mengantarkan Die Roten Bullen menjadi kampiun DFB-Pokal untuk kali kedua dimana satu golnya turut menenggelamkan Eintracht Frankfurt 2-0.

Total Szoboszlai mengemas 10 gol dan 13 ajang dalam 46 pertandingan lintas ajang musim lalu.

Baca Juga

Ini adalah kali pertama bagi wonderkid 22 tahun tersebut mencatatkan dua digit gol maupun assist sejak merumput di liga top Eropa setelah sebelumnya meniti karier di Austria untuk FC Liefering dan RB Salzburg.

Tidak heran jika kemudian klub-klub besar benua biru kemudian berbondong-bondong mendekati Dominik Szoboszlai pada bursa transfer musim panas kali ini.

Baca Juga

Newcastle United dan Liverpool jadi dua tim terdepat dalam pengejaran kapten timnas Hungaria tersebut dan saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk membelinya.

Dilaporkan oleh Fabrizio Romano jika RB Leipzig memasang klausul rilis sebesar 70 juta Euro yang bisa diaktifkan sebelum 30 Juni 2023.

Mengingat situasi mereka saat ini, Liverpool mungkin akan sulit bersaing dengan Newcastle namun dapat dipastikan Szoboszlai adalah talenta yang akan mereka ratapi apabila gagal didapatkan.

Baca Juga

1. Coutinho Baru untuk Anfield?

Dominik Szoboszlai.

Liverpool musim lalu punya dua problem utama yang harus mereka benahi di bursa transfer musim panas 2023.

Yang pertama adalah minimnya kedalaman pos gelandang akibat semakin menuanya para opsi pertama seperti Jordan Henderson dan Thiago Alcantara, dua pemain yang juga kebetulan rentan akan cedera.

Sudah dipastikannya kepergian Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain, James Milner, dan Athur Melo membuat kondisi ini semakin parah. Alexis Mac Allister sudah resmi digaet dari Brighton & Hove Albion namun ia seorang tidak akan cukup jadi solusi.

Yang kedua adalah lini depan yang masih belum bisa menggantikan sepenuhnya sosok Sadio Mane yang hengkang ke Bayern Munchen tahun lalu. Masih sulitnya adaptasi Darwin Nunez serta cedera yang mendera Diogo Jota dan Luis Diaz kian memperburuk keadaan.

Semua problem tersebut bisa teratasi apabila Liverpool mendatangkan Dominik Szoboszlai, seorang pemain yang begitu versatile sehingga dapat mengisi banyak posisi baik di lini depan maupun tengah.

Baca Juga

Szoboszlai sejak lama bisa mengisi posisi sayap kanan maupun kiri, gelandang serang, dan juga gelandang sentral. Namun ia bukan cuma jack of all trade but master of none, jebolan akademi Fonix FC itu memang benar-benar mahir menjadi pemain multiposisi.

Dikutip dari DataMB, saat dijadikan gelandang tengah Szoboszlai masih memiliki grafik mengagumkan dengan sorotan utama pada persentil umpan kunci, umpan progresif, serta dribel progresif yang mengungguli rata-rata gelandang liga top Eropa.

Dominik Szoboszlai sebagai gelandang.
Baca Juga

Apabila dipasang sebagai winger, outcome dari Szoboszlai lebih mengagumkan lagi karena ia masuk dalam jajaran sayap elite dengan persentil tinggi soal angka harapan gol dan harapan assist, sembari tetap mempertahankan jumlah dribel dan lain sebagainya.

Dominik Szoboszlai sebagai sayap.

Liverpool dulu punya pemain dengan tipe seperti Dominik Szoboszlai ini yang tidak cuma kreatif dan produktif namun juga siap dimainkan dimana saja.

Ia adalah Philippe Coutinho yang sempat menjadi bintang besar di awal era Jurgen Klopp namun meninggalkan Anfield dan dilego ke Barcelona pada bursa transfer musim dingin 2018 silam.

Baca Juga

2. Mahal tapi Pantas

Pemain RB Leipzig, Dominik Szoboszlai (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith.

Memang benar jika Liverpool harus merogoh kocek sampai menemukan 70 juta Euro untuk bisa membeli Dominik Szoboszlai namun itu adalah pengorbanan yang sesuai.

Dengan nominal itu Merseyside Merah bisa mendapatkan seorang pemain yang bisa mengcover banyak pos sekaligus terutama di sisi ofensif.

Usianya pun masih muda dan diprediksi masih belum mencapai puncak performa sehingga Liverpool bisa merasakan tahun-tahun terbaik Szoboszlai.

Apabila berencana untuk menguangkan kembali pemilik 32 caps timnas Hungaria itu, maka mereka pun masih bisa mengeruk keuntungan masif apabila menjual ke sesama raksasa Eropa. Real Madrid misalnya.

Tekhnik tinggi yang bisa membuatnya seperti menari-nari di lapangan, jadi nilai plus karena sepakbola Jurgen Klopp meski mengandalkan kecepatan namun juga butuh seseorang yang bisa menjadi pembeda dari sudut sempit nan sulit.

Dengan Szoboszlai, Liverpool juga bisa mendapatkan juru bola mati baru yang bisa menyaingi Trent Alexander-Arnold. Mulai dari penalti, sepak pojong, sampai tendangan bebas sanggup ia hadapi dan sejak menjadi pro di 2017 sudah ada delapan gol tendangan bebas langsung yang dimilikinya.

Ditambah lagi bila dibandingkan dengan gelandang berorientasi menyerang dan para winger Liverpool, Szoboszlai punya cukup banyak keunggulan.

Dominik Szoboszlai dibandingkan dengan gelandang serang serta winger Liverpool.

Per 90 menit ia bisa melepas hampir dua tembakan dengan akurasi mencpaai 61,7%!. 2,7 peluang yang diberikannya pada pemain lain juga tidak kalah impresif.

Akurasi umpan silang dan jumlar rata-rata umpan terobosannya juga oke dan akan cocok untuk melayani para penyerang Liverpool. Dengan dua dribel tiap laganya juga membuat Szoboszlai cukup bisa diandalkan untuk membuat ruang tembak bagi dirinya sendiri maupun pemain lain.

Maka dari itu 70 juta Euro sepertinya bukan investasi yang buruk untuk dilakukan Liverpool mengingat Dominik Szoboszlai harusnya pantas dihargai jauh lebih mahal di bursa transfer dewasa ini.

Bursa TransferLiverpoolLiga InggrisDominik Szoboszlai

Berita Terkini