x

Inter Milan Kebanjiran Dana Segar Usai Chelsea Lepas Kovacic ke City, Kok Bisa?

Kamis, 29 Juni 2023 15:55 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Prio Hari Kristanto
Penjualan Mateo Kovacic dari Chelsea ke Manchester City berikan berkah bagi Inter Milan.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Italia (Serie A), Inter Milan, bakal mendapatkan suntikan dana dari hasil penjualan Mateo Kovacic dari Chelsea ke Manchester City pada bursa transfer 2023.

Chelsea baru saja merampungkan transfer gelandang mereka, Mateo Kovacic, ke rival domestik Manchester City dengan harga total 34 juta euro.

Angka tersebut sudah termasuk dengan hal-hal lain. Untuk banderol pemain sendiri hanya sekitar 29 juta euro. Manchester City memberinya kontrak empat tahun.

Melansir dari Sempre Inter, Inter Milan ternyata mendapatkan efek dari penjualan Kovacic ke Manchester City di bursa transfer musim panas 2023.

Nilai jual sang pemain sendiri hanya 29 juta euro, tapi The Citizens membelinya dengan total 34 juta euro lantaran beberapa persennya akan dibagikan ke klub-klub yang pernah dibela Kovacic.

Baca Juga

Klub pertama yang akan mendapat cipratan dana adalah LASK karena Kovacic memulai karier sepak bola juniornya dari klub Austria tersebut.

Setelah itu, Dinamo Zagreb dari Kroasia yang akan mendapatkannya. Kovacic pernah membela Zagreb pada 2010-2013 yang lalu.

Baca Juga

Gelandang asal Austria itu kemudian merumput di Giuseppe Meazza pada 2013-2015, di mana ia menjadi andalan dengan total 97 penampilan di semua kompetisi.

Masih dari SempreInter, Nerazzurri dikabarkan bakal mendapat dana sebesar 435 ribu euro dari Manchester City. Namun, angka ini lebih kecil dari yang diterima Zagreb sebesar 580 ribu euro.

Setelah Inter, giliran Real Madrid yang akan mendapat 'bantuan' dari Manchester City. Sebab, Kovacic memang membela Madrid usai dilepas Nerazzurri.

Baca Juga

1. Mateo Kovacic Gantikan Ilkay Gundogan di Manchester City

Mateo Kovacic menggantikan posisi Ilkay Gundogan yang resmi membela Barcelona dari Manchester City.

Manchester City sudah melepas salah satu bintang mereka, yakni Ilkay Gundogan, ke Barcelona pada 26 Juni 2023 sebagai pemain bebas transfer.

Raksasa LaLiga Spanyol itu sendiri kabarnya memberinya kontrak sampai 2025. Periode yang singkat ini dikarenakan sang pemain sudah berumur 32 tahun sekarang.

Untuk mengisi kekosongan posisi usai ditinggal Gundogan ke Barcelona, The Citizen lantas mencari calon pengganti sampai mereka menemukan Mateo Kovacic.

Melansir dari Daily Mail, perekrutan Kovacic sendiri bukan merupakan tipikal perekrutan yang biasanya dilakukan oleh Manchester City, khususnya Pep Guardiola.

Pep Guardiola lebih memilih untuk mendatangkan para pemain berusia relatif muda, sedangkan Kovacic sendiri sekarang sudah berumur 29 tahun.

Baca Juga

Kovacic dinilai memiliki kemiripan dengan Gundogan dalam hal kemampuan, meskipun untuk sektor serangan, Gundogan lebih baik.

Selama merumput di Etihad, Gundogan sukses mencetak 60 gol dari 304 pertandingan yang ia ikuti di semua kompetisi.

Baca Juga

Sementara Kovacic hanya mencetak 6 gol dari 221 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi selama memperkuat Chelsea.

Namun, hal ini kabarnya tidak akan menjadi masalah bagi Pep Guardiola. Sebab, ia bisa meminta Phil Foden untuk melakukan serangan dan Mateo Kovacic fokus jadi gelandang bertahan.

Lebih lanjut, kemungkinan Pep Guardiola meminati Mateo Kovacic adalah karena sang pemain bisa ditempatkan di banyak posisi dan kemampuannya untuk melepaskan diri dari tekanan para pemain lawan.

Baca Juga
Bursa TransferMateo KovacicManchester CityInter MilanLiga Italia

Berita Terkini