x

Kualitas Setara Erling Haaland, Liverpool Siapkan Dana 60 Juta Pounds untuk Dominik Szoboszlai

Kamis, 29 Juni 2023 13:06 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain asal Hungaria, Dominik Szoboszlai, jadi incaran Liverpool pada bursa transfer musim panas ini.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, menyiapkan dana sebesar 60 juta poundsterling untuk memboyong Dominik Szoboszlai ke Anfield.

Kapten timnas Hungaria, Dominic Szoboszlai, menjadi komoditi panas pada bursa transfer musim panas ini. Dua klub Liga Inggris, Newcastle United dan Liverpool, telah menyatakan minat untuk mendatangkan sang pemain.

Dua musim bersama RB Leipzig di Liga Jerman, talenta pemain 22 tahun tersebut kian terasah. Ia juga turut menyumbang satu gol untuk menenggelamkan Eintracht Frankfurt 2-0 dan merebut titel kampiun DFB-Pokal musim lalu.

Total, Dominik Szoboszlai mengemas 10 gol dan 13 assist dalam 46 pertandingan lintas ajang bersama RB Leipzig musim lalu.

Tak heran jika kemudian klub-klub besar Benua Biru kemudian berbondong-bondong mendekati Dominik Szoboszlai pada bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga

Juru transfer kenamaan, Fabrizio Romano, menyebut RB Lepzig memasang klausul rilis sebesar 70 juta euro yang bisa diaktifkan sebelum 30 Juni 2023.

Harga tersebut tergolong murah jika melihat kualitas sang pemain yang bisa menjadi solusi 2 in 1 untuk Liverpool.

Baca Juga

Seperti diketahui, Liverpool di ambang krisis lini tengah dan lini depan. Kemampuan Dominik Szoboszlai untuk bermain di dua posisi tersebut tentunya sulit diabaikan The Reds.

Dominik Szoboszlai sejak lama bisa mengisi posisi sayap kanan maupun kiri, gelandang serang, dan juga gelandang sentral. Hal ini menjadikan jebolan akademi Fonix FC tersebut cukup piawai menjadi pemain multiposisi.

Namun, kualitas Dominik Szoboszlai tak berakhir sampai di situ. Eks pelatih RB Salzburg, Jesse Marsch, bahkan menyebut sang pemain memiliki kualitas setara "monster" Manchester City, Erling Haaland.

Baca Juga

1. Setara Erling Haaland

Dominik Szoboszlai (kanan) saat masih satu tim dengan Erling Haaland di RB Salzburg.

"Berbicara soal talenta, tidak banyak pemain yang lebih baik jika bermain di posisi Szoboszlai. Beberapa memang kuat, sementara yang lainnya unggul di teknis, taktis, bertahan, atau berlari," ujar Jesse Marsch, dikutip dari Liverpool Echo.

"Bagaimanapun, Dominik spesial karena dia punya semua skill tersebut. Talentanya setara Erling Haaland," ujarnya.

Dominik Szoboszlai sendiri mengakui jika dirinya sangat dekat dengan Erling Haaland. Keduanya bahkan sering menghabiskan waktu bersama saat masih sama-sama di RB Salzburg.

"Kami masih berteman. Kami masih berhubungan dekat. Saat Erling datang ke tim (RB Salzburg), saya sangat terbuka dengannya dan membantu apapun yang diperlukannya," kata Dominik Szoboszlai.

"Kami keluar (jalan) bersama, meski tidak terlalu sering. Akhirnya, kami bersahabat dan saling membantu. Saya membantu dia untuk lebih dekat dengan anggota tim lainnya, sedangkan dia membantu mengajari saya Bahasa Inggris," katanya.

Baca Juga

Manajemen The Reds sendiri disebut menyiapkan dana 60 juta poundsterling, atau sedikit lebih kecil dari klausul yang dipatok RB Leipzig.

Sejauh ini, Liverpool baru berhasil merekrut satu pemain pada bursa transfer musim panas, yakni Alexis Mac Allister. 

Baca Juga

Selain itu, The Reds juga tengah mengincar Khephren Thuram dan Ryan Gravenberch untuk memperkuat sektor gelandang.

Kedatangan Dominik Szoboszlai disebut-sebut akan mengakhiri pencarian Liverpool akan sosok pengganti Philippe Coutinho yang meninggalkan Anfield pada bursa transfer musim dingin 2018 silam.

Usianya Dominik Szoboszlai pun masih muda dan diprediksi masih belum mencapai puncak performa sehingga Liverpool bisa merasakan tahun-tahun terbaik Szoboszlai.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolDominik Szoboszlai

Berita Terkini