x

Ranking FIFA Timnas Indonesia Resmi Melorot, Kalah dari Negara-negara Antah Berantah

Kamis, 29 Juni 2023 19:16 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Ranking FIFA timnas Indonesia melorot dan tertinggal dari negara-negara antah berantah usai kalah dari Argentina di FIFA Matchday.

INDOSPORT.COM – Ranking FIFA timnas Indonesia melorot dan tertinggal dari negara-negara antah berantah usai kalah dari Argentina di FIFA Matchday.

Seperti diketahui, timnas Indonesia baru saja menyelesaikan pertandingan melawan Argentina di FIFA Matchday pada 19 Juni 2023 lalu.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, skuat besutan Shin Tae-yong itu harus menelan kekalahan dari Argentina dengan skor 0-2 melalui gol yang dicetak Leandro Paredes dan Cristian Romero.

Namun, meski mencatatkan sejarah dengan menghadapi juara Piala Dunia 2022 itu, Elkan Baggott dkk harus menelan pil pahit di ranking FIFA.

Timnas Indonesia yang semula berada di ranking 149 FIFA itu harus melorot satu anak tangga ke peringkat 150 dengan mengoleksi 1046,14 poin di bawah Hong Kong.

Baca Juga

Padahal, Skuat Garuda sebelumnya tampil cukup lumayan di FIFA Matchday melawan Palestina dan berhasil menahan imbang dengan skor 0-0.

Namun, karena menelan kekalahan dari Argentina, Timnas Indonesia harus kehilangan 0,45 poin setelah sebelumnya mendapat tambahan poin 1,32 poin hasil menahan imbang Palestina.

Baca Juga

Sementara itu, Argentina masih mempertahankan posisinya di ranking FIFA pada perilisan per Kamis (29/06/23) yakni berada di posisi puncak dengan mengoleksi 1840,93.

Di ranking FIFA sendiri timnas Indonesia bahkan masih tertinggal dengan beberapa negara antah berantah seperti Antigua, Barbuda hingga Eswatini yang masuk ke peringkat top 150 FIFA.

Sementara itu, agenda terdekat Timnas Indonesia adalah melakoni laga uji coba di FIFA Matchday bulan September tetapi masih belum diketahui siapa calon lawannya.

Baca Juga

1. Kandidat Lawan di FIFA Matchday

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Argentina dalam laga FIFA matchday di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23).

Seperti diketahui, tTimnas Indonesia harus kembali bangkit dan memperbaiki ranking FIFA melalui pertandingan uji coba yang dihelat September mendatang.

Meski belum diketahui calon lawannya, tim besutan Shin Tae-yong itu berpotensi melawan beberapa tim di mana Timnas Indonesia berpotensi untuk meraih kemenangan.

Menurut Ketum PSSI, Erick Thohir, calon lawan timnas di September nanti bukan tim kuat seperti Argentina karena bakal kembali melorot di ranking FIFA.

“Jadi saya pastikan bulan September ada pertandingan. Kalau mau bicara tim seperti Korea itu tidak mungkin dadakan," kata Erick Thohir. 

“Mereka sudah punya kalender setahun, kalau lawan Korea Selatan, Jepang kapan dapat poinnya? Kami punya tugas naik ranking FIFA dari 149 ke 100 dalam beberapa tahun ke depan," sambungnya.

Baca Juga

Sementara itu, terkait dengan rumor melawan Malaysia di FIFA Matchday mendatang, Erick Thohir tak menampik dan mungkin saja dapat terealisasi.

Namun, Erick yang juga menjabat menjadi Menteri BUMN itu tak bisa janji mengingat Malaysia juga akan melakoni laga uji coba melawan China pada 9 September.

Baca Juga

Sekadar informasi, Malaysia sendiri menjadi lawan yang potensial untuk Timnas Indonesia guna memperbaiki ranking FIFA yang saat ini melorot ke peringkat 150 dunia.

Pasalnya, tim berjuluk Harimau Malaya itu berada di peringkat 137 dunia dengan mengoleksi 1091,57 poin usai menekuk Kepulauan Solomon di FIFA Matchday Juni lalu.

Apalagi Timnas Indonesia sendiri memiliki catatan yang cukup positif ketika melawan Malaysia. Terakhir, Skuat Garuda berhasil unggul atas Harimau Malaya di Piala AFF 2020 dengan skor telak 4-1.

Baca Juga
FIFATimnas IndonesiaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini